Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Memilih Vacuum Cleaner

Pastikan vacuum cleaner yang akan dibeli memiliki daya listrik rendah

26 September 2019

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Memilih Vacuum Cleaner
Freepik

Apakah kamu berencana membeli vacuum cleaner dalam waktu dekat ini?

Ya, alat penghisap debu elektronik ini telah menjadi peralatan pembersih yang umum digunakan oleh sebagian orang.

Berkat vacuum cleaner, debu maupun berbagai kotoran berukuran kecil lainnya di rumah bisa dibersihkan dengan lebih mudah dan cepat.

Terlebih lagi bagi yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing atau kucing, membersihkan rontokan bulu-bulu bisa menjadi tugas yang praktis ketika kamu menggunakan vacuum cleaner.

Tapi sebelum memutuskan untuk membeli vacuum cleaner, simak dahulu 5 hal yang perlu diketahui dalam pemilihan vacuum cleaner dari Popmama.com berikut ini:

1. Mengenali jenis vacuum cleaner terlebih dahulu

1. Mengenali jenis vacuum cleaner terlebih dahulu
Pexels/Jens Mahnke

Ternyata ada banyak jenis vacuum cleaner yang dijual di pasaran. Masing-masing tipe memiliki desain dan fitur andalan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Sebelum kamu membeli vacuum cleaner, sebaiknya mengetahui beberapa jenis dari vacuum cleaner :

  • Canister Vacuum Cleaner

Jenis vacuum cleaner ini cukup fleksibel, yakni memiliki sikat penyedot kotoran untuk di karpet. Daya hisapnya cukup kuat, selain itu jangkauan selangnya cukup panjan. Perawatan vacuum cleaner jenis canister terhitung mudah, karena bagian-bagiannya mudah dilepas dan dibersihkan.

  • Hendheld Vacuum

Handheld vacuum cleaner tertumpu pada bagian tangan, sehingga mempermudah penggunanya saat mengerakkan alat penghisap debu ini. Hendheld vacuum sangat cocok untuk membersihkan debu-debu di sofa, lemari, karpet mobil hingga ventilasi. Bentuknya cenderung kecil, ringan dan tanpa kabel.

  • Robotic Vacuum

Vacuum cleaner yang dilengkapi dengan teknologi otomatisasi ini bisa bekerja secara otomatis dan mengontrol penggunaannya dari jarak jauh. Cara kerjanya hampir 90% dikontrol dengan remote control atau ponsel pintar.

  • Upright Vacuum

Bentuk alat penghisap debu jenis upright ini cenderung lurus dan tegak dengan bagian mesin penghisap, kantong debunya menyatu di bagian bawah. Upright Vacuum memiliki ukuran yang cukup besar dan terdapat corong penghisap lebar di bagian bawah.

Editors' Picks

2. Ketahui cara kerja vacuum cleaner yang akan dibeli

2. Ketahui cara kerja vacuum cleaner akan dibeli
Freepik

Sebenarnya vacuum cleaner terbaik memiliki perbedaan kemampuan yang cukup terasa dibandingkan dengan alat pembersih lainnya

Hal selanjutnya ialah menilai seberapa kuat dan terfilternya debu yang mampu disedot dengan alat tersebut.

Kamu perlu mengetahui fitur atau kemampuan dari vacuum cleaner yang akan dipilih. Cari tahu, apakah alat penghisap debu yang akan dibeli memiliki kemampuan ganda seperti wet and dry atau tidak.

Di mana fitur itu dapat membersihkan karpet rumah yang kering dan basah akibat tumpahan air.

3. Perhatikan filter yang dimiliki vacuum cleaner

3. Perhatikan filter dimiliki vacuum cleaner
Freepik

Langkah selanjutnya yang perlu kamu perhatikan yaitu apakah vacuum cleaner tersebut memiliki tenaga hisap cyclone atau tidak.

Di mana teknologi penghisap debu terbaru pastinya terdapat kekuatan daya hisap yang stabil dan dilengkapi dengan filter.

Pilihlah vacuum cleaner dengan sistem filter saringan HEPA (High Efficiency Particulate Arrestance) yang berfungsi menahan debu secara efisiensi tinggi.

Jadi pastikan bahwa vacuum cleaner pilihan kamu sudah dilengkapi dengan teknologi ini.

4. Pilihlah vacuum cleaner yang memiliki fitur mikropartikel

4. Pilihlah vacuum cleaner memiliki fitur mikropartikel
Freepik

Dalam memilih vacuum cleaner, sebaiknya pilihlah alat penyedot debu yang memiliki fitur anti allergy dengan kemampuan menyedot mikropartikel.

Vacuum Cleaner anti allergy ini mampu menyedot tungau atau serangga serta debu-debu berukuran 0.01mm yang terdapat di karpet, sofa dan ranjang.

Dikutip mentalfloss.com, bulu-bulu hewan peliharaan akan menempel di seluruh rumah. Vacuum cleaner yang terbaik adalah yang mampu membersihkan rambut-rambut binatang peliharaan dengan baik.

5. Usahakan memilih vacuum cleaner yang memiliki daya listriknya kecil

5. Usahakan memilih vacuum cleaner memiliki daya listrik kecil
Freepik

Agar rumah dapat dibersihkan secara praktis tanpa perlu khawatir tagihan listrik membengkak, kamu perlu menggunakan alat penyedot debu dengan konsumsi daya minimum.

Biasanya vacuum cleaner yang hemat energi memiliki konsumsi daya sekitar 400 watt. Meski daya listriknya kecil, tapi produk tipe ini tetap bisa membersihkan debu dan kotoran dengan optimal.

Memilih unit dengan tepat dan sesuai dengan kebutuhan tentunya tidak hanya hemat tenaga, namun juga hemat biaya.

Dengan daya listrik yang irit itu, kamu tak perlu khawatir mengenai tagihan listrik di akhir bulan.

Itu dia 5 hal yang harus diperhatikan saat memilih vacuum cleaner yang baik.

Berbekal tips ini, tentunya bisa membeli vacuum cleaner yang sesuai dengan kebutuhan.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.