5 Kelebihan Menggunakan Batu Granit di Dapur Rumah

Kehadirannya membuat tampilan dapur rumahmu jadi lebih mewah, lho

21 Juli 2019

5 Kelebihan Menggunakan Batu Granit Dapur Rumah
Freepik/starush

Sebenarnya jenis-jenis material penggunaan interior hunian itu sendiri sangat beragam, mulai dari kayu, marmer, keramik dan granit.

Tapi di antara beberapa material tersebut, berbahan dasar batu granit bisa kamu gunakan untuk di ruang dapur rumahmu.

Di mana batu alam seperti granit sudah sejak lama digunakan untuk mempercantik tampilan hunian, salah satunya diaplikasikan pada area dapur.

Sementara granit itu sendiri adalah jenis batuan yang memiliki permukaan kasar, proses terbentuknya melalui pendinginan magma di dalam bumi. 

Pemilihan dekorasi dan storage di dapur dengan granit pun nyatanya dapat memberikan kesan modern dan elegan.

Berikut 5 kelebihan menggunakan batu granit di dapur rumah yang perlu kamu ketahui. Langsung cek ulasannya dari Popmama.com, yuk!

1. Lebih kuat dan kokoh

1. Lebih kuat kokoh
Unplash/Le Creuset

Jika dibandingkan dengan kayu atau keramik, penggunaan meja dapur berbahan dasar batu granit terbilang lebih kuat dan kokoh.

Di mana granit diproduksi melalui proses pembakaran dalam suhu yang lebih tinggi sekitar 1230 derajat Celcius.

Setelah melalui proses pembakaran, lalu granit dipres dengan kekuatan 7200 PH.

Sementara keramik hanya dibakar pada suhu sekitar 1000 derajat Celcius. Itulah sebabnya mengapa granit jauh lebih kuat dibandingkan dengan keramik.

Mendekorasi area dapur dengan batu granit merupakan cara yang tepat. Pori-pori pada permukaan granit lebih kecil, maka tak heran jika permukaannya lebih keras dan tampak kokoh.

Penerapan meja dapur dengan menggunakan material batu granit juga terbilang sangat kuat dari berbagai tumpuan peralatan dapur, sehingga bisa bertahan lama tanpa adanya perubahan warna maupun bentuknya.

2. Pemasangannya terjangkau

2. Pemasangan terjangkau
Unplash/Sharon McCutcheon

Penggunaan batu granit pada meja dapur tentunya akan tampak kokoh, selain itu harga jualnya terbilang cukup terjangkau jika dibandingkan dengan batu marmer. Meski demikian, pemakaian granit di dapur rumah sudah tidak perlu diragukan lagi kekuatannya.

Kini material granit pun bisa ditemukan di dalam negeri. Kalaupun kamu ingin menghadirkan batu granit yang berasal dari Afrika Selatan atau Cina, ongkos pengiriman juga lebih terjangkau karena bisa menggunakan ekspedisi via kapal laut.

Sedangkan marmer biasanya dikirim dari Amerika Selatan dan Eropa, sehingga ongkos kirimnya pun menjadi lebih mahal. 

Dengan kata lain, pemasangan batu granit terbilang lebih terjangkau jika dibandingkan menggunakan batu marmer.

Editors' Picks

3. Perawatannya mudah

3. Perawatan mudah
Freepik

Jika kamu memiliki dapur kecil, jangan ragu untuk menciptakan ruang memasak yang elegan dengan menggunakan batu granit di meja dapurmu.

Lalu padukanlah dengan warna dinding yang lebih lembut untuk meredam suasana ramai dari corak batu granit tersebut.

Sementara kelebihan dari pemakaian batu granit ialah apabila terkena goresan-goresan kecil maka tidak akan bermasalah.

Kamu pun dapat menutupi goresan dengan memoles permukaan granit menggunakan cairan khusus yang harganya terjangkau.

Selain itu, untuk menjaga keindahannya kamu juga bisa menggunakan cairan sabun pencuci piring.

Caranya cukup campurkan sabun cuci piring dengan air, kemudian bersihkan permukaan meja dapur dengan sikat gigi bekas atau spons lembut.

Jadi penggunaan batu granit di dapur rumah memiliki perawatan yang terbilang mudah dan tidak memakan biaya.

4. Tampak mewah dan elegan

4. Tampak mewah elegan
Unplash/Le Creuset

Tentunya selera dalam mendesain interior dapur setiap orang berbeda-beda. Tapi jika kamu memakai bahan dasar granit di area dapur rumah, maka akan tampak berbeda dari tampilan dapur pada umumnya.

Kini penggunaan granit sudah banyak diterapkan pada rumah minimalis dan berbagai desain rumah lainnya.

Jadi jangan ragu untuk menghadirkan granit pada meja dapurmu, karena motif dari granit itu sendiri mampu membuat ruangan mana pun tampak mewah dan elegan jika dibandingkan dengan penggunaan keramik biasa.

Di mana sentuhan granit di dapur rumah akan menciptakan kesan yang lebih mewah. Selain itu batu granit memiliki berbagai variasi corak dan terdapat aneka warna yang bisa disesuaikan dengan keinginanmu.

5. Tidak mudah kotor

5. Tidak mudah kotor
Freepik/dashtik

Tahukah kamu? Bahwa material granit merupakan batu alami terbuat dari magma yang sudah mendingin dan di bawah tekanan ekstrem selama bertahun-tahun.

Batu granit cocok dipasang di rumah maupun di gedung perkantoran dan ruangan apa pun. Pasalnya batu granit terbilang lebih kuat, anti gores, anti noda dan anti slip, sehingga cocok diaplikasikan di area dapur rumah yang tak mungkin luput dari risiko terkena noda masakan atau bahan makanan lainnya. 

Selain itu pori-pori permukaan pada batu granit yang lebih kecil membuat meja dapur rumahmu jadi tidak mudah menyerap air atau cairan lainnya.

Selain itu warna meja dapur dari material granit terbilang bertahan lebih lama dibandingkan material keramik biasa. Jadi saat memasak kamu pun tidak perlu buru-buru membersihkan nodanya.

Demikianlah 5 keuntungan penggunaan batu granit. Setelah mengetahui kelebihan granit di meja dapur, apakah kamu tertarik menghadirkannya sebagai dekorasi di area dapur rumahmu?

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!