5 Panduan Pemasangan Lampu untuk Jadikan Hunian Lebih Nyaman

Lampu yang ditempatkan dengan baik akan menghasilkan pencahayaan yang tepat

1 Januari 2019

5 Panduan Pemasangan Lampu Jadikan Hunian Lebih Nyaman
Topntp26 / Freepik

Untuk mewujudkan hunian yang nyaman, selain membuat desain interior kamu pun juga harus memilih lampu yang tepat lho.

Tidak sekadar menjadi alat penerangan, jika kamu pintar dalam menentukan pencahayaan maka akan menciptakan suasana yang penuh kehangatan.

Memaksimalkan fungsi sebuah lampu dalam ruang bergantung pada banyak hal, seperti pemilihan warna lampu, penerapannya dan menentukan titik-titik pemasangan lampunya.

Nah, berikut beberapa panduan umum yang harus kamu perhatikan saat pemilihan pencahayaan untuk suasana rumah yang lebih nyaman:

1. Pertimbangkan budget

1. Pertimbangkan budget
Pexels/Pixabay

Tahukah kamu? Fungsi lampu ialah sebagai alat penerang ruangan dan bisa juga menjadi ornamen pemanis pada suatu ruangan.

Sementara mendekor rumah bukanlah perkara mudah, tentunya dibutuhkan kreativitas dan biaya yang tidak sedikit bukan.

Terlebih lagi jika kamu akan menggunakan berbagai macam jenis lampu yang unik dan menarik, yang pasti harganya lebih mahal.

Maka dari itu kamu harus memperhitungkan budget di awal, yaitu sebelum membeli lampu dan sesudah pemasangan.

Pasalnya setelah semua lighting yang kamu inginkan terpasang dengan manis, kamu pun juga harus siap menyiapkan uang dalam membayar tagihan listrik agar lampu-lampu indahmu bisa terus menyala.

2. Sesuaikan dengan konsep ruang

2. Sesuaikan konsep ruang
Mrsiraphol / Freepik

Langkah kedua kamu bisa lakukan penyesuaian kebutuhan pencahayaan pada ruang, seperti penerangan plafon, hiasan dinding, atau elemen dekoratif lainnya.

Tak hanya itu, kamu pun juga harus mengenal fungsi pencahayaan pada ruang, yaitu untuk menciptakan kenyamanan, membentuk nuansa dan juga sebagai penambah nilai estetika pada hunianmu.

Misal saja: dengan rumah berkonsep minimalis kamu bisa sesuaikan model lampu yang cenderung simpel dan warna-warna lembut nan nyaman sebagai penerang sebuah ruangan.

Editors' Picks

3. Posisi lampu

3. Posisi lampu
Rawpixel/roungroat

Untuk mencapai pencahayaan rumah yang tepat, kamu dapat mewujudkannya dalam beragam cara.

Nah, pastikan posisi lampu yang akan kamu pasang tepat pada titik-titik pencahayaan ya.

Dengan begitu akan menunjang lampu sebagaimana fungsinya, seperti penggunaan ambient lighting yang diselaraskan dengan ruang keluarga atau kamar tidurmu.

Lalu kamu sesuaikan juga dengan gaya pencahayaan seperti lampu gantung, lampu yang menempel di langit-langit maupun lampu dinding.

4. Pilih ukuran lampu

4. Pilih ukuran lampu
Jannoon028 / Freepik

Jangan hanya sekedar tahu fungsi lampu sebagai alat penerangan saja, tapi kamu juga harus paham ukuran lampu yang akan dipasang nanti.

Apabila kamu ingin pasang lighting untuk ruangan berukuran kecil tentu akan lebih cocok menggunakan lampu berukuran yang sepadan ya. Tujuannya untuk menghindari kesan sempit.

Atau kamu bisa menggunakan Led 3 Watt untuk lampu gantung pada ruang tamu yang biasanya berisi 4 lampu dalam 1 rangkaian gantung. 

5. Memilih warna lampu sesuai fungsi ruang

5. Memilih warna lampu sesuai fungsi ruang
Unplash/Aaron Huber

Tak hanya sekedar memilih dan memasang lampu begitu saja. Tapi kamu juga harus tahu dalam penyesuaian lighting colour dengan fungsi ruang pada hunianmu.

• Ruang Tamu

Untuk ruang tamu pastikan kamu menempatkan lampu berdesain menarik ya. Pasalnya, di sanalah tempat para tamu akan dijamu dan diterima sebelum masuk ke dalam rumah.

Kamu pun dapat mengaplikasikan general lighting sebagai penerangan utama, kemudian variasikan juga dengan accent lighting pada titik tertentu seperti lampu spot halogen yang mengarah di sela plafonmu

• Ruang Keluarga

Sementara untuk ruang keluarga kamu dapat ciptakan suasana yang lebih hangat dengan pemilihan lampu secara tepat, karena di sanalah setiap aktivitas anggota keluarga rumah akan dilakukan.

Sebaiknya memilih lampu yang nyaman seperti general lighting sebagai penerangan utamanya. Lalu cobalah berkreasi menggunakan indirect lighting dengan posisi tersembunyi di antara dinding dan plafon. Kamu pun juga bisa mengaplikasikan lampu tanam yang simpel.

Dengan begitu cahaya yang akan merata dan menimbulkan efek dramatis.

• Ruang Makan

Sama halnya dengan ruang keluarga, di sinilah tempat seluruh anggota keluarga akan berkumpul dan menyantap makanan.

Nah, kehangatan semakin bertambah jika kamu menggunakan lampu gantung ber-cup. Kamu bisa meningkatkan fokus ke meja dan kursi makan. Selain itu kamu juga dapat menerapkan general lighting sebagai cahaya utama yang akan mengakomodasi seluruh aktivitas dalam ruang makanmu.

• Dapur

Sebagai salah satu tempat kerja para ibu rumah tangga, kamu bisa berkreasi dan membuat hidangan nan lezat dengan menggunakan lampu berwarna putih terang yang tidak menyilaukan.

Nah, sebaiknya memasang indirect light di bagian bawah kabinet. Selain sebagai penerang ruangan, jenis lampu ini juga akan mengurangi risiko cedera akibat aktivitas memasak. 

• Kamar mandi

Kendati tidak digunakan setiap saat, pemasangan lighting untuk kamar mandi juga harus tepat lho.

Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan, letakkan lampu di bagian yang akan menjangkau seluruh area kamar mandi.

Kamu dapat memakai elemen dekoratif sendiri seperti menempatkan lampu di sisi cermin atau lilin-lilin hias di beberapa sudut ruang kamar mandimu.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu terapkan dalam mewujudkan hunian nyaman melalui pemilihan lampu.