Mengenal Sprei Kain Linen, si Sejuk yang Nyaman

Pemilihan kain sprei akan berpengaruh pada kenyamanan tidur Mama lho

6 Maret 2021

Mengenal Sprei Kain Linen, si Sejuk Nyaman
Pexels/Burst
joker with card

Tidur adalah salah satu kebutuhan dasar semua manusia yang tidak bisa ditawar. Kekurangan waktu tidur tidak hanya memengaruhi emosi, tapi juga fisik. Bahkan kurang tidur dalam jangka panjang bisa memicu penyakit serius lho, Ma!

Agar hal-hal tersebut tidak terjadi, tentunya kita harus mendapatkan tidur yang berkualitas. Salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan memilih kain sprei yang tepat.

Hal ini memang sering luput dari perhatian, padahal ia sangat penting untuk menunjang kenyamanan tidur Mama, lho.

Nah, dari sekian banyak jenis kain yang bisa digunakan, Popmama.com menyarankan untuk menggunakan kain linen. Kain ini punya banyak kelebihan lho, Ma. Yuk, simak kelebihan kain linen berikut ini:

1. Linen merupakan kain istimewa

1. Linen merupakan kain istimewa
Pexels/Engin Akyurt

Kain linen dikenal sebagai salah satu kain istimewa dalam industri kain. Pasalnya, ia adalah jenis kain tertua yang dikenal oleh peradaban manusia. Ia juga membutuhkan waktu pengolahan yang lebih lama dibanding jenis kain lainnya.

Tidak hanya itu, kain linen disebut istimewa karena terbuat dari serat tumbuhan rami yang sangat halus. Serat ini menciptakan kain berkualitas tinggi dengan permukaan yang halus dan berkilau.

Editors' Picks

2. Mampu menyesuaikan suhu

2. Mampu menyesuaikan suhu
Freepik/tirachardz

Salah satu hal yang seringkali mengganggu waktu tidur adalah suhu. Berapa kali Mama terbangun karena kamar terasa terlalu panas atau terlalu dingin? Nah, dengan menggunakan kain linen sebagai sprei, hal tersebut tidak akan terjadi.

Kain ini mampu menyesuaikan suhunya sesuai kondisi ruangan. Saat kamar sedang dingin, kain linen akan menghangatkan. Sebaliknya, saat kamar sedang panas, kain linen akan terasa sejuk

3. Merupakan jenis kain yang tahan lama

3. Merupakan jenis kain tahan lama
Pexels/Rawpixel.com

Serat yang digunakan untuk membuat kain linen adalah salah satu serat alami yang paling kuat. Serat ini tidak mudah terburai seperti serat kain lainnya. Makanya, tidak heran jika kain linen dinobatkan sebagai kain yang paling tahan lama.

Tidak hanya itu, semakin tua dan sering dicuci, kain linen akan semakin nyaman digunakan lho, Ma. Permukaannya menjadi lebih halus dan lembut.

Namun, perhatikan perawatan yang Mama berikan ya. Kain linen membutuhkan perawatan dan cara mencuci khusus. Jika salah, kain linen justru akan lebih cepat rusak dan kehilangan keindahannya.

4. Cocok untuk konsep kamar minimalis

4. Cocok konsep kamar minimalis
Freepik/wuttichai1983

Kelebihan kain linen tidak hanya terletak di karakteristik dan kenyamanannya lho, Ma. Kain ini banyak disukai karena memiliki warna yang bervariasi. Seringkali, ia hadir dengan warna-warna natural yang netral.

Dengan variasi warna tersebut, kain linen sangat mudah menyesuaikan diri dengan konsep kamar Mama.

Apalagi jika Mama memiliki konsep kamar minimalis. Ia akan memperindah kecantikan kamar, namun tidak tampil terlalu mencolok.

5. Memiliki banyak jenis

5. Memiliki banyak jenis
Pexels/Madison Inouye

Selain warna yang bervariasi, kain linen juga terdiri dari banyak jenis lho, Ma. Ada kain linen lineta, kain linen kenzo, kain linen 3G, dan jenis lainnya. Masing-masng memiliki karakteristik dan keunggulan tersendiri.

Dengan variasi ini, pilihan untuk sprei Mama semakin terbuka. Pilih jenis kain linen yang paling cocok untuk Mama ya.

Itu dia kelebihan kain linen jika digunakan untuk sprei. Mama pasti tidak akan menyesal, deh. Apalagi, kain ini juga memiliki daya serap tinggi dan tidak memicu alergi. Sehingga aman jika Mama atau keluarga memiliki kulit sensitif.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ganti sprei Mama dengan kain linen agar tidur semakin nyaman dan berkualitas!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.