Cara Merawat Bunga Mawar ala Desiree Tarigan, Mudah Banget

Ternyata merawat bunga mawar sangat mudah lho, Ma

27 Juni 2022

Cara Merawat Bunga Mawar ala Desiree Tarigan, Mudah Banget
Instagram.com/mamitoko

Desiree Tarigan yang merupakan mama dari Bams eks Samson ini gemar merawat berbagai tanaman, salah satunya merawat bunga mawar. Di pekarangan rumahnya terdapat lahan taman yang luas ditumbuhi dengan warna-warni bunga mawar.

Sebenarnya dia menyukai bunga peony, tetapi karena bunga tersebut tidak bisa tumbuh di Indonesia, maka bunga mawar menjadi salah satu alternatifnya. Pada dasarnya, bentuk dari bunga peony dan bunga mawar bisa dibilang ada beberapa kemiripan.

Ketika mulai untuk merawat mawar, dia mencoba untuk merawat dengan jenis mawar lokal. Setelah mengetahui lebih dalam tentang perawatannya, Desiree Tarigan mulai memelihara mawar impor yang lebih mirip dengan bunga peony.

Untuk Mama yang memiliki bunga mawar, berikut ini Popmama.com bagikan cara merawat bunga mawar ala Desiree Tarigan.

Simak dengan baik yuk, Ma!

1. Kenali perbedaan mawar lokal dan mawar impor

1. Kenali perbedaan mawar lokal mawar impor
Youtube.com/Mamitoko

Jika Mama baru saja berencana untuk merawat bunga mawar, ketahui perbedaan jenis bunga mawar lokal dan impor dahulu, ya.

Dalam percobaan awal, Desiree Tarigan mencoba untuk merawat mawar lokal. Selain karena murah, mawar lokal juga sangat cepat tumbuh dan apabila gagal dalam menanamnya tidak memakan kerugian yang terlalu banyak.

Berhasil menanam bunga mawar lokal, dia mencoba untuk menanam bunga mawar impor, salah satunya Kinda Blue. Menurutnya bunga mawar impor ukurannya lebih besar dan kelopaknya lebih berlapis dibandingkan mawar lokal.

“Tapi kalau mau cepat tumbuh dan lebih kuat pastinya lokal, karena dia sudah terbiasa di Indonesia,” ungkap Desiree.

Dalam merawat bunga impor dibutuhkan perawatan yang ekstra dan pastinya harus telaten, seperti memberi pemupukan dan penyiraman sesuai jadwalnya. Jika hal tersebut konsisten dilakukan, maka mawar impor akan tumbuh dengan baik.

2. Penyiraman terbagi dalam dua musim

2. Penyiraman terbagi dalam dua musim
Freepik

Tata cara penyiraman bunga mawar dibagi dalam dua musim. Penyiraman saat musim kemarau dilakukan dua hingga tiga kali sehari. Perlu diketahui bahwa yang disiram, yakni bagian batang bawah dan membasahi tanahnya.

Ketika musim hujan, bunga mawar tentu basah terkena derasnya air hujan. Tetapi, kadar pH dari air hujan tidak cocok dengan bunga mawar, sehingga harus disiram sedikit untuk membilas air hujan.

Waktunya sendiri disesuaikan dengan waktu hujan turun. Jika hujan turun pada pagi hari, lakukan hal tersebut pada sore hari jika hujan sudah berhenti.

Editors' Picks

3. Jangan lupa untuk memberikannya pupuk

3. Jangan lupa memberikan pupuk
Youtube.com/Mamitoko

Layaknya manusia, tanaman juga membutuhkan pupuk sebagai makanannya. Untuk bunga mawar bisa menggunakan pupuk majemuk NPK yang diberikan tiga hingga empat hari sekali dengan menaburkan satu sendok pupuk di bagian tanahnya. 

Selain pupuk majemuk, berikan juga pupuk kandang atau pupuk organik yang berasal dari kotoran hewan seperti kotoran kambing yang dicampur sekam dan pakis. Biasanya pupuk tersebut sudah tersedia satu kesatuan di depot tanaman.

Pemberian pupuk kandang tersebut diberikan satu bulan sekali di tanah sekitar batang.

4. Perhatikan pengendalian hama 

4. Perhatikan pengendalian hama 
Youtube.com/Mamitoko

Tanaman bunga mawar sangat rentan terhadap hama, seperti kutu, ulat, wereng, dan lain-lain. Hal tersebut dapat menyebabkan daun mawar kuning, bolong-bolong, bahkan busuk. Untuk mencegahnya bisa menggunakan cairan insektisida.

Pemakaiannya cukup menuangkan cairan tersebut menggunakan satu tutup botolnya dan dicampurkan dengan enam liter air biasa. Cara paling ampuhnya, menambahkan satu siung bawang putih.

Jadi, satu siung bawang putih tersebut dihancurkan, dilarutkan, kemudian disaring. Air yang sudah disaring, campurkan dengan larutan enam liter cairan insektisida. Kombinasi larutan tersebut selanjutnya disemprotkan ke tanaman satu kali seminggu.

5. Pengendalian penyakit pada bunga mawar

5. Pengendalian penyakit bunga mawar
Youtube.com/Mamitoko

Selain rentan terhadap hama, bunga mawar juga rentan terhadap penyakit, terutama saat musim hujan. Pada musim tersebut sediakan antracol untuk pengendalian penyakit bunga mawar.

Satu bungkus racikan antracol dicampurkan dengan satu liter air dan semprotkan pada bunga mawar. Manfaat dari antracol ini untuk menguatkan batang dan daun pada bunga mawar saat musim hujan.

6. Berikan juga kasih sayang kepada bunga mawar

6. Berikan juga kasih sayang kepada bunga mawar
Instagram.com/mamitoko

Jika sudah dirawat sedemikian rupa, jangan lupa untuk memberikannya kasih sayang.

Salah satu tips dari Desiree Tarigan, yakni merayu mereka di setiap pagi. Merayunya dengan pujian yang indah, seperti “kamu cantik sekali,” kemudian potret keindahan mereka.

Kemudian lakukan juga trimming, yakni pemangkasan bagian tanaman yang sudah busuk dan bagian yang sudah terlalu tinggi. Tujuannya agar bunga mawar tersebut tetap terjaga estetikanya.

7. Bunga mawar juga bisa dibudidayakan

7. Bunga mawar juga bisa dibudidayakan
Instagram.com/mamitoko

Selain untuk memperindah pekarangan rumah, kehadiran para bunga mawar bisa dijadikan untuk budidaya yang menguntungkan, Ma. Caranya dengan stek bunga mawar, yakni dengan memotong bagian tubuhnya untuk menghasilkan tanaman yang baru.

Ada juga obat untuk mempercepat tumbuhnya akar tanaman yang distek. Jika bisa merawat dan menghasilkan banyak bunga mawar dengan kualitas yang baik, budidaya bunga mawar bisa menjadi salah satu alternatif bisnis yang menguntungkan.

Itulah beberapa cara merawat bunga mawar ala Desiree Tarigan. Cara tersebut merupakan cara sederhana yang dilakukan oleh Desiree Tarigan, ada banyak literatur tambahan jika Mama ingin mengetahui cara yang lebih dalam.

Semoga informasi merawat bunga mawar ini bisa bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk