5 Cara Membuat Bunga Kering untuk Pajangan di Rumah

Untuk pojok rumah yang lebih estetik, Ma

5 Oktober 2020

5 Cara Membuat Bunga Kering Pajangan Rumah
Freepik

Saat ini, pajangan bunga kering sedang hype. Selain membelinya, kamu juga bisa membuatnya sendiri rumah. Popmama.com akan memberikan langkah-langkahnya. 

Akhir-akhir ini, dekorasi dari bunga dan daun kering sedang sering digunakan. Banyak Mama yang terinspirasi dan turut menjadikannya hiasan di rumah. 

Selain membeli, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Tentu lebih seru, ya!

Untuk caranya, mari ikuti di bawah ini!

1. Pilih bunga yang ingin dikeringkan

1. Pilih bunga ingin dikeringkan
Freepik
dried flower

Pada dasarnya, semua bunga bisa dikeringkan, namun ada beberapa yang punya ketahanan lebih dibanding yang lainnya. 

Seperti contoh, jika ingin bunga matahari kering, maka harus menyimpannya dengan sangat baik karena kelopaknya mudah rontok. 

Sedangkan bunga lily yang kering tidak akan semegah saat masih segar. Pilihlah bunga yang kecil dan cukup kuat untuk dikeringkan. Juga, pilih yang warnanya pekat agar tone-nya tetap terlihat meski sudah kering. 

Beberapa bunga yang bisa dikeringkan adalah chrysant, mawar, baby breath, dan amaranth. 

Editors' Picks

2. Pilih yang masih kuncup

2. Pilih masih kuncup
Freepik
dried flower

Bunga yang sudah mekar sempurna memang indah dipandang, namun tidak akan bertahan lama jika dikeringkan. Oleh karena itu, pilihlah bunga yang masih kuncup.

Meski sudah dipotong dari pohonnya, bunga ini masih bisa mekar sedikit sehingga memberikan bentuk sempurna untuk dikeringkan. 

3. Biarkan tangkai agak panjang dan potong semua daunnya

3. Biarkan tangkai agak panjang potong semua daunnya
Freepik
dried flower

Jika berencana membuat bunga kering, cari yang tangkainya agak panjang. Ini akan memudahkan proses pengeringan karena tangkainya bisa diikat tanpa merusak bunga. 

Sementara itu, sebelum mengeringkan, usahakan untuk memotong semua daun yang ada di tangkai. Ini akan memudahkan proses pengeringan karena daun akan rontok saat sudah kering. 

4. Keringkan dalam posisi terbalik dan tempatkan di ruang kering dan hangat

4. Keringkan dalam posisi terbalik tempatkan ruang kering hangat
womansworld.com

Jika bunga sudah siap, sekarang saatnya mengeringkan. Metode ini akan cukup memakan waktu yaitu sekitar 2-4 minggu. Jadi, harap bersabar, ya!

Proses dimulai dengan menggantungkan bunga dengan terbalik. kamu bisa mengikat ujung tangkai dengan karet dan menggantungkannya di tali. 

Hindari mengeringkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung karena bisa membuat warnanya pudar. Pilih area yang udaranya cenderung kering dan panas namun tetap ada angin. Biasanya di dekat loteng akan jadi tempat yang pas. 

Kamu bisa menggabungkan beberapa bunga sekaligus dalam satu ikat, namun jangan terlalu padat karena bisa berpotensi jadi busuk dan bentuknya berubah.

5. Semprotkan dengan bahan pelapis bunga

5. Semprotkan bahan pelapis bunga
Freepik
Dried flower

Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa juga menyemprotkan floral sealer ke bunga yang akan dikeringkan. Ini bisa membuat kelopak lebih kuat dan tak mudah rontok meski sudah dalam kondisi kering. 

Jika tak ada floral sealer, kamu bisa juga kok menggunakan hair spray.

Setelah benar-benar kering, kamu bisa mulai mendekornya di vas dan tempatkan di tempat favoritmu. Rumah jadi lebih cantik dan kamu pun lebih kreatif!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.