10 Kegunaan Sabun Batangan Selain untuk Mandi

Ternyata banyak sekali gunanya!

7 Juni 2019

10 Kegunaan Sabun Batangan Selain Mandi
Pixabay/Free-Photos

Semenjak ada sabun cair, sabun batangan jadi tidak terlalu diminati. Padahal, banyak hal yang bisa jadi lebih mudah dengan menggunakan sabun batangan. 

Meski tak selamanya untuk mandi, ternyata sabun jenis yang satu ini punya banyak kegunaan. Setelah mengetahui 10 hal di bawah ini, mungkin kamu akan mulai menyetok sabun batangan di rumah.

Disusun Popmama.com, inilah 10 kegunaan sabun batangan selain untuk mandi.

1. Melancarkan pintu dan jendela yang macet

1. Melancarkan pintu jendela macet
Freepik/Topntp26

Saat jendela dan pintu mulai sulit dibuka, baik itu karena cuaca, atau karena umur, jangan langsung menggantinya. Jika hanya perubahan minor, bisa menggunakan sabun batangan. 

Gosokkan sabun di kusen jendela, atau di jalur pintu sehingga pintu dan jendela bisa lebih mudah dibuka tutup. 

2. Jadi alternatif pewangi

2. Jadi alternatif pewangi
letsfixit.co.uk

Saat kehabisan pewangi lemari, sabun batangan juga bisa jadi alternatif. Cukup pilih sabun dengan wangi favorit kamu dan taruh saja di tempat yang cukup aman. Sabun batangan bisa ditaruh di lemari, koper, dan mobil. 

3. Menutup lubang di dinding

3. Menutup lubang dinding
Pixabay/erikawittlieb

Saat sedang ingin mengubah dekorasi rumah, sabun batangan bisa jadi penolong. Tembok yang dipasang paku tentu akan meninggalkan lubang kecil. Akan jadi pemandangan jelek jika tidak ditutup. 

Cukup gosokkan sabun sampai lubang tertutup dan dalam sekejap lubang tak terlihat lagi. Pastikan untuk menggunakan sabun yang warnanya senada atau setidaknya mendekati dengan warna tembok kamu ya.

4. Melancarkan kunci yang macet

4. Melancarkan kunci macet
Pexels/Anete Lusina

Saat kunci pintu mulai macet, kamu juga bisa menggunakan sabun batangan. Jika dirasa minyak atau oli malah merepotkan, maka yang satu ini bisa jadi alternatif sempurna.

Gosokkan kunci ke sabun batangan sampai semua tertutup sabun. Kemudian, masukkan kunci ke dalam lubang, dan kunci pun bisa kembali berputar dengan lancar. 

5. Menghindari kabut di kaca

5. Menghindari kabut kaca
GoDownsize

Kaca di dalam kamar mandi biasanya akan tertutup uap jika kamu mandi dengan air hangat. Jika tidak suka dengan hal tersebut, bisa mengikuti cara yang satu ini. 

Oleskan sabun batangan ke permukaan kaca saat keadaan kering. Untuk membersihkannya, bisa mengelapnya dengan bahan kering, jangan gunakan air. Saat mandi air hangat, uap tidak akan menempel pada kaca. Cara ini juga bisa digunakan untuk kacamata juga, lho.

Editors' Picks

6. Mencari kebocoran

6. Mencari kebocoran
throttlebodystore.info

Jika sulit mencari kebocoran di kolam anak, gosokkan sabun batangan di area yang dicurigai bocor, saat mengisinya dengan udara, area yang tertutup sabun akan menciptakan gelembung saat udara terlepas. 

7. Melancarkan resleting

7. Melancarkan resleting
Freepik/pressahotkey

Jika ada resleting tas, celana, atau jaket yang sulit membuka dan menutup, saatnya menggunakan sabun batangan. Gosokkan sabun ke resleting dan dalam sekejap resleting akan kembali lancar.

8. Memudahkan menjahit

8. Memudahkan menjahit
Pixabay/Stevenpb

Saat ingin menjahit namun kehabisan penanda jahitan, maka bisa gunakan sabun batangan. Pilih sabun yang berwarna kontras dengan bahan yang akan dijahit. Buat garis penanda jahitan dan menjahit jadi jauh lebih mudah. 

9. Menghilangkan noda membandel

9. Menghilangkan noda membandel
Pixabay/stevepb

Tak perlu pusing mencari sabun dengan kemampuan menghilangkan noda. Jika menemukan noda membandel di pakaian, cukup oleskan sabun batangan dan diamkan selama beberapa saat. 

Sabun batang mampu menghilangkan noda minyak dan lumpur. Pilihlah sabun yang tanpa kondisioner ya.

10. Melindungi furnitur dari gigitan hewan peliharaan

10. Melindungi furnitur dari gigitan hewan peliharaan
Pixabay.com/free-photos

Jika kamu punya hewan peliharaan seperti anak anjing, kelinci, atau ferret yang suka menggigit apa saja di rumah, bisa gunakan sabun batangan untuk melindungi furnitur. Gosokkan sabun batangan di kaki furnitur dan mereka akan enggan mendekatinya. 

Cukup mencium baunya, mereka tidak akan mau membuka mulut. Sehingga furnitur kamu bisa aman dari gigitan. 

Setelah mengetahui aneka kegunaannya, segera masukkan sabun batang dalam daftar belanja bulanan ya!

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!