7 Inspirasi Tanaman Artifisial untuk Menghiasi Rumah

Khawatir tidak bisa merawat tanaman? Tanaman artifisial bisa dijadikan pilihan, yuk dibaca, Ma!

15 Juni 2018

7 Inspirasi Tanaman Artifisial Menghiasi Rumah
Unsplash/Prudence Earl

Belakangan ini, banyak sekali orang yang tertarik untuk menempatkan tanaman di sudut-sudut ruangan rumah. Apakah Mama juga termasuk orangnya?

Ellison Chair in International Floriculture menyebutkan beberapa manfaat keberadaan tanaman, antara lain

  • Berada di sekitar tanaman membantu orang berkonsentrasi lebih, baik itu di rumah ataupun di tempat kerja
  • Memiliki bunga di rumah ataupun di tempat kerja dapat meningkatkan suasana hati seseorang dan mengurangi kemungkinan depresi
  • Bersifat menenangkan, kehadiran tanaman di ruang pemulihan rumah sakit atau pemandangan taman yang estetis membantu pasien untuk sembuh lebih cepat
  • Penelitian menunjukkan bahwa orang yang menghabiskan waktu di sekitar tanaman cenderung memiliki hubungan yang lebih baik dengan orang lain
  • Memberikan energi dan meningkatkan kinerja seseorang

Ternyata banyak sekali manfaat yang bisa Mama dapat ya. Selain yang telah disebutkan di atas, ada satu tujuan lagi mengapa Mama tertarik dengan tanaman. Ya, benar sekali. Pasti untuk mempercantik atau memperindah sebuah ruangan.

Akan tetapi, adakah dari Mama berpikir dua kali atau khawatir tidak bisa merawat tanaman? Tenang, Ma. Banyak kok tanaman yang tidak memerlukan perawatan khusus yang membuat Mama kerepotan. Lebih sederhana lagi, mungkin tanaman artifisial atau tanaman tiruan bisa dijadikan pilihan untuk Mama.

Nah, berikut ini Popmama.com berikan informasi mengenai 7 tanaman artifisial yang dapat Mama jadi pilihan

1. Sukulen

1. Sukulen
Unsplash/Alvin Engler

Tanaman yang satu ini bisa banget Mama jadikan sebagai pilihan. Selain karena ukurannya yang kecil dan imut, tanaman cantik ini sangat beragam.

Jadi, Mama punya banyak pilihan dari satu jenis tanaman ini. Bisa disesuaikan dengan keinginan Mama deh.

2. Kaktus

2. Kaktus
Unsplash/Laurent Peignault

Apakah ada di antara Mana yang bingung apa bedanya sukulen dan kaktus? Kaktus itu adalah tanaman sukulen. Namun tidak semua tanaman sukulen adalah kaktus.

Masih bingung? Berikut penjelasannya, sukulen bukanlah nama sebuah family tumbuhan layaknya kaktus, Ma.

Sukulen merupakan istilah untuk tumbuhan yang mempunyai karakter menyerap dan menyimpan air pada batang utamanya. Secara fisik, sukulen memiliki kelopak seperti daun.

Sementara, kaktus mengganti  jaringan daun dalam bentuk duri.  

Editors' Picks

3. Anggrek

3. Anggrek
target.com

Ingin memberikan aksen elegan pada sudut ruangan Mama? Anggrek adalah pilihan tanaman artifisial yang tepat untuk menghiasa rumah atau ruang kerja Mama nih.

4. Philodendron

4. Philodendron
target.com

Mama bisa menempatkan keranjang gantung berisi Philodendron di sudut dapur atau ruang kerja. Selain memberikan kesan lebih “hijau”, tanaman yang digantung tidak akan memakan banyak tempat lho, Ma.

5. Begonia

5. Begonia
target.com

Selain Philodendron, tanaman Begonia juga dapat ditempatkan secara digantung lho, Ma. Bunganya yang indah pasti buat Mama jatuh cinta.

6. Palem kuning

6. Palem kuning
artificialplantsandtrees.com

Tanaman hias popular ini merupakan anggota suku pinang-pinangan yang berasal dari Madagaskar, perlu Mama ketahui bahwa di tempat asalnya keberadaan tanaman ini sekarang terancam.  

7. Rumput

7. Rumput
forevergreendecor.com

Nah, jika Mama memiliki ruangan yang cukup luas, rerumputan artifisial ini bisa dipilih sebagai gantinya karpet. Membuat rumah Mama terlihat lebih cantik dan juga memberikan kesan berada di alam sesungguhnya.

Bagaimana, Ma? Sudah jatuhkan pilihan tanaman mana yang akan Mama tempatkan di sudut rumah atau di ruang kerja? Atau Mama punya inspirasi tanaman lain?

Yang jelas, carilah tanaman yang Mama sukai agar dapat meningkatkan mood Mama, ya! 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.