Sahur dan Buka Puasa Anti Ribet, Cobain 5 Menunya Ma!

Ramadan jadi makin semangat, Ma!

13 April 2021

Sahur Buka Puasa Anti Ribet, Cobain 5 Menu Ma
Shutterstock/Makistock

Selama bulan Ramadan, Mama pasti butuh variasi menu sahur dan berbuka puasa yang akan disajikan. Selain dari segi nutrisi yang harus diperhatikan, cara mengolah dan segi rasa juga nggak boleh terlupakan.

Oleh sebab itu, penting lho Ma mempelajari berbagai inspirasi resep sahur dan berbuka yang cepat dan enak. Mama pasti langsung penasaran ‘kan apa saja menu-menu tersebut. Simak langsung yuk Ma!

1. Beef Bruschetta, menu simpel cocok untuk sahur

1. Beef Bruschetta, menu simpel cocok sahur
Platingpixels.com

Masakan khas Italia yang satu ini simpel dan bergizi Ma. Sangat cocok untuk menu sahur keluarga. Bahan-bahannya: roti baguette, peterseli, minyak goreng, bawang putih, bawang bombay, daging has dalam, merica bubuk, pala, kecap manis, santan, tomat, cabai rawit, dan bawang putih bubuk.

Cara membuatnya gampang banget lho Ma. Untuk bagian beef topping: panaskan minyak dalam wajan, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Kemudian, masukkan daging, aduk hingga berubah warna. Tambahkan merica, pala, kecap manis, santan, garam, dan aduk rata. Masak hingga kuah berkurang, masukkan tomat, aduk lalu angkat.

Untuk saus kecap pedas: campur kecap manis, cabai bubuk, dan bawang putih bubuk. Aduk rata. Lalu, cara penyajiannya, taruh satu sendok makan beef topping di atas sepotong roti, berikan saus kecap pedas sesuai selera. 

Editors' Picks

2. Untuk menu takjil, Mama bisa bikin Gyoza lho

2. menu takjil, Mama bisa bikin Gyoza
Shutterstock/Nickola_Che

Camilan ini bisa jadi alternatif takjil, selain gorengan tempe, tahu dan bakwan Ma. Makanan asal Tiongkok ini sering ditemukan di Jepang lho. Bikin yuk Ma, siapkan bahan berikut ini untuk kulitnya. Siapkan kulit pangsit siap pakai diameter 10 cm, minyak dan air. 

Untuk isian, campurkan daging ayam giling, kol, kucai, bawang putih, jahe, kecap manis, kecap asin, minyak wijen dan kaldu ayam bubuk. Dan untuk saus, campurkan air panas, kecap asin, kecap manis, minyak wijen, jahe yang diiris korek api, biji wijen putih yang disangrai dan minyak wijen.

Simak ya Ma, untuk cara pembuatannya. Ambil 1 lembar kulit pangsit, letakkan 1 sendok teh isi di tengahnya. Lipat berbentuk bulan sabit dan rekatkan dengan bantuan sedikit air. Lakukan hingga semua bahan habis. Panaskan minyak di dalam wajan datar, susun Gyoza di dalam wajan, masak hingga permukaan dasar Gyoza kecoklatan. Tambahkan air, tutup wajan, masak hingga Gyoza matang. Angkat, sajikan segera bersama saus.

3. Beef Teriyaki Don, menu untuk buka puasa Ma

3. Beef Teriyaki Don, menu buka puasa Ma
Instagram/kecapsedaapid

Menu yang satu ini berasal dari Jepang Ma. Olahan daging yang ditumis dengan bumbu teriyaki. Simpel, bergizi, dan pasti disukai anak-anak. Saat memasak hidangan ini, pastikan Mama memakai Kecap Sedaap Kedelai Hitam Special ya! Sebab, kecap ini dibuat dari kedelai hitam berkualitas, punya warna yang lebih hitam dan bisa lebih meresap sempurna ke dalam masakan. Beef teriyaki don pun jadi lebih gurih dan nikmat. Masak sekarang, yuk Ma!

Siapkan daging has dalam, minyak goreng, wortel, kapri, paprika, bawang bombay, wijen sangrai dan daun bawang. Untuk bumbunya, siapkan kecap asin, Kecap Sedaap Kedelai Hitam Special, minyak wijen, jahe, bawang putih, merica bubuk, tepung maizena, dan air.

Caranya, iris daging has dalam melintang tipis, lalu rendam dengan campuran bumbu selama lebih kurang 45 menit, sisihkan. Kemudian, panaskan minyak dalam wajan, tumis wortel, kapri, dan paprika. Tambahkan bumbu perendam daging, aduk rata sampai sayuran matang, angkat. Lalu, tumis bawang bombay hingga layu, masukan daging dan bumbu perendam. Masak daging sampai matang, lalu angkat.

Untuk cara penyajiannya, Siapkan mangkuk yang berisi nasi, tuang daging di sebelah sayuran tumis. Taburi wijen sangrai dan daun bawang iris. Beef teriyaki don ala Kecap Sedaap siap dinikmati sebagai menu berbuka puasa Mama dan keluarga!

4. Sahur simpel, menu Onigiri isi tuna, salmon atau ayam

4. Sahur simpel, menu Onigiri isi tuna, salmon atau ayam
Shutterstock/K321

Onigiri, nasi yang dikepal dengan wijen dan dibalut nori ini memang nagih banget, Ma. Buat Mama yang nggak punya waktu banyak untuk mempersiapkan sahur, menu onigiri bisa jadi solusi. Bahan dan cara membuatnya mudah banget lho Ma. Simak yuk!

Siapkan nasi pulen panas dari beras Jepang, air jeruk lemon, gula bubuk, garam, biji wijen sangrai hitam, beberapa lembar nori, dan nori bubuk. Untuk isiannya, Mama bisa pilih tuna, salmon, atau ayam. Lalu bahan protein tersebut bisa ditumis dengan bawang putih, minyak wijen, jahe, jagung manis pipil, daun bawang, garam, merica bubuk dan kecap manis. 

Setelah matang, isian sisihkan. Lalu, ambil cetakan onigiri, isi dengan nasi, lubangi bagian tengah dan masukan isian. Tutup kembali dengan nasi, tekan-tekan sampai padat. Keluarkan onigiri dari cetakan, ambil 1 lembar nori dan bungkus. Onigiri siap disajikan.

5. Menu sehat untuk buka puasa, bikin Gado-gado yuk Ma

5. Menu sehat buka puasa, bikin Gado-gado yuk Ma
Shutterstock/Hanifah Kurniati

Gado-gado, masakan khas Indonesia yang terdiri dari berbagai macam sayuran yang direbus kemudian dicampur dengan saus kacang. Biasanya menu ini disajikan dengan irisan telur rebus kerupuk. Di Indonesia, beberapa daerah memiliki versi gado-gado yang berbeda-beda ya Ma.

Namun, pada umumnya Mama bisa membuat gado-gado dengan bahan berikut ini. Siapkan kol, bayam, tauge, kentang, kacang panjang yang sudah direbus terlebih dahulu. Lalu, Mama juga bisa tambahkan tahu yang sudah diiris dadu.

Untuk bumbu kacangnya, kacang tanah, cabe, gula merah, terasi bakar, air asam jawa, garam, kecap manis dan air, lalu haluskan. Masak di atas wajan hingga mendidih dan dinginkan. Siapkan piring kemudian tata sayuran, kentang, tahu, dan telur. Kemudian tuang saus kacang di atasnya. Taburi dengan bawang goreng dan beri tambahan kerupuk. 

Semua menu di atas bisa jadi alternatif menu untuk sahur dan berbuka puasa ya. Mama dan keluarga pasti bakal suka deh! (WEB)

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.