5 Kunci Dekorasi Kamar Tidur yang Bisa Bikin Mama Tidur Nyenyak

Pastikan kondisi kamar tidur Mama menunjang kenyamanan untuk tidur nyenyak

7 Desember 2019

5 Kunci Dekorasi Kamar Tidur Bisa Bikin Mama Tidur Nyenyak
sleepsuga.com

Beranjak dewasa, pikiran kita tentu akan semakin penuh dengan beragam isu atau permasalahan terkait tugas dan tanggung jawab.

Hal ini tentu saja dapat menjadi pemicu untuk sulit tidur di malam hari.

Akan tetapi, tahukah Mama? Dekorasi kamar tidur yang sesuai dapat menjadi solusi yang memecahkan permasalahan tersebut.

Dilansir dari berbagai sumber, ada 5 kunci dekorasi kamar tidur yang bisa bikin Mama tidur nyenyak.

1. Dominasi warna kalem yang seimbang

1. Dominasi warna kalem seimbang
decoholic.org

Di atas segalanya, Mama wajib mengetahui bahwa pemilihan warna pada kamar tidur memang memberi dampak terhadap kondisi psikologi seseorang seperti dilansir dari Science Daily.

Itu kenapa, pemilihan warna yang ditonjolkan pada dinding haruslah menjadi perhatian utama.

Dalam hal ini, warna yang sangat cerah tidak direkomendasikan karena diketahui menyebabkan emosi negatif serta mengganggu kenyamanan mata.

Sebaiknya, Mama memilih warna-warna yang bersifat calm atau warm seperti hijau, cokelat ala musim gugur atau biru muda yang disebut memberi pengaruh positif.

Namun, pastikan bahwa Mama tetap memadu padangkan warna dengan seimbang dan selaras dengan warna-warna yang ditonjolkan pada pemilihan furnitur dan lainnya.

2. Pengaturan cahaya pada ruangan

2. Pengaturan cahaya ruangan
kaharri.com

Menyambung penjelasan di atas mengenai fakta bahwa warna terang dalam kadar berlebihan memberi dampak negatif untuk kenyamanan tidur, Mama haruslah mengetahui bahwa hal tersebut turut berlaku pada takaran cahaya yang ada di dalam ruangan.

Sebagaimana disebutkan oleh seorang pakar Brandon Peters, M.D. dari Universitas Minnesota Medical Centar kepada The Spruce, jumlah cahaya yang berlebihan pada kamar tidur dapat membuat seseorang merasa kesulitan untuk tidur.

Dalam perihal itu, Mmaa dianjurkan untuk memastikan bahwa takaran cahaya yang mendominasi kamar cukup termasuk di malam hari.

Mama dapat memanfaatkan lampu modern berwarna kuning yang dapat diatur untuk malam hari.

Editors' Picks

3. Kipas angin dan tirai tebal untuk suhu hangat

3. Kipas angin tirai tebal suhu hangat
homestratosphere.com

Bukan hanya cahaya atau warna saja yang memberi pengaruh pada kenyamanan tidur Mama di kamar tidur.

Sebaliknya, suhu udara di dalam ruangan turut berperan penting terkait hal tersebut sehingga Mama dianjurkan untuk memerhatikannya.

Seorang pakar Ralph Downey III, PhD yang merupakan kepala Sleep Medicine di Universitas Loma Linda menjelaskan melalui The Spruce bahwa temperature udara yang baik untuk kondisi tidur seseorang adalah suhu yang hangat, tidak terlalu dingin maupun panas.

Dalam rangka menciptakannya, Mama dianjurkan menggunakan kipas di langit-langit kamar tidur ketimbang alat pendingin ruangan.

Selain itu, gunkanlah tirai tebal pada jendela di mana ia mencegah udarah dingin masuk melalui celah-celah jendela kamar tidur.

4. Penggunaan kasur berkualitas tinggi

4. Penggunaan kasur berkualitas tinggi
thespruce.com

Bagaimana mungkin kita melupakan faktor paling penting yang menjadi kunci dibalik tidur yang nyaman untuk setiap individu.

Benar sekali! Tempat tidur atau yang juga disebut dengan kasur merupakan objek yang berkaitan erat dengan aktivitas tidur Mama.

Untuk itu, seorang pakar design dan dekorasi asal Kanada bernama Sara Abate Rezvanifar menggagaskan penggunaan matras berkualitas tinggi yang ditandai dengan busa alami yang berkontur lembut untuk meredakan titik-titik tekanan, seperti dilansir dari Huffpost.

Ia meyakini bahwa rekomendasinya tersebut akan membantu Mama menghabiskan waktu lebih banyak untuk tidur nyenyak di malam hari, atau sekedar berisitirahat di waktu santai.

5. Keadaan kamar haruslah rapi

5. Keadaan kamar haruslah rapi
furnitureteams.com

Kenyamanan tentu saja dihasilkan dari kondisi ruangan yang tida mengganggu di mana hal ini ditandai dari tata ruang yang tidak berantakan.

Dengan kata lain, Mama diminta untuk memastikan letak furnitur terorganisir dengan rapi.

Tentu, hal tersebut haruslah diselaraskan dengan kebersihan yang wajib dijaga sebagaimana yang digagaskan oleh seorang pakar Dr. Emerson Wickwire dari Universitas Maryland School of Medicine seperti dilansir dari laman huffingtonpost.com.

Dalam penjelasannya, ia mengatakan bahwa kondisi kamar yang berantakan dan tidak bersih akan membuat kita semakin sulit tidur.

Pasalnya, kondisi tersebut memengaruhi kondisi mental dan otak seseorang secara negatif dan berdampak pada kondisi tidur.

Maka dari itu, sebagai solusi, Mama ditekankan untuk menjaga kebersihan dengan memastikan tidak ada debu maupun kotoran yang bisa menjadi pemicu sulit tidur atau insomnia. Well, kebersihan itu juga merupakan ibadah, bukan?

Jadi, tunggu apa lagi? Mari kita mulai mengikuti tips dekorasi kamar tidur supaya Mama bisa tidur nyaman malam ini.

Selamat berisitirahat dengan nyaman, Ma!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!