Menurut NASA, 10 Tanaman Ini Dapat Membersihkan Udara

Bukan hanya sebagai dekorasi rumah, tapi juga dapat meningkatkan kualitas udara

6 Oktober 2021

Menurut NASA, 10 Tanaman Ini Dapat Membersihkan Udara
Pixabay/Skitterphoto

Kebersihan udara zaman sekarang tentu tidak sama dengan zaman dulu. Semakin banyaknya kendaraan membuat udara sekitar semakin kotor dan terpolusi. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini, yakni dengan menanam tanaman yang dapat membersihkan udara ruangan di rumah.

Mungkin terdengar seperti berita bohong buat Mama, namun nyatanya ada sejumlah tanaman yang memang mampu bertugas untuk menyerap zat-zat berbahaya yang ada di udara, lho. Hal ini telah dibuktikan melalui sebuah percobaan oleh Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA).

Dari uji coba tersebut, ditemukan sejumlah tanaman yang bukan hanya mampu menyerap karbon dioksida dan menyerap oksigen, tetapi juga menghilangkan zat pengotor udara lainnya.

Nah, Popmama.com telah merangkum daftar 10 tanaman yang dapat membersihkan udara ruangan menurut NASA. 

Simak sampai habis yuk, Ma!

1. Lidah Mertua

1. Lidah Mertua
Pixabay/cool2compute

Salah satu tanaman yang dapat membersihkan udara ruangan, yakni lidah mertua. Memiliki nama ilmiah Sanseviera trifasciata, Mama mungkin sudah tahu kalau tanaman hias yang satu ini memang mampu mendetoksifikasi udara ruangan.

Uji coba NASA menyebutkan bahwa lidah mertua akan mengeluarkan oksigen di malam hari serta membantu menghilangkan zat, seperti benzema, formaldehida, atau toluena. Itu sebabnya Mama diperbolehkan menaruh lidah mertua di ruang tamu hingga kamar tidur.

Di samping itu, tanaman ini juga tahan terhadap sinar matahari. Namun, jangan lupa untuk menyiramnya setiap minggu. 

2. Lili Perdamaian

2. Lili Perdamaian
Pixabay/Gadini

Memiliki Spatiphyllum alias lili perdamaian di rumah tentu dapat mempercantik ruangan. Namun bukan hanya sebagai dekorasi semata, bunga ini juga dapat mengurangi polusi udara. Bahkan, jenis lili ini termasuk ke dalam tiga tanaman terbaik yang membersih udara ruangan oleh NASA.

Tanaman ini wajib banget Mama tanam di rumah karena lili perdamaian mampu menurunkan kadar amonia, formaldehida, hingga benzena. Tidak hanya itu, cara perawatannya juga tidak terlalu ribet, yakni hanya perlu dijauhkan dari sinar matahari langsung dan tidak diharuskan menyiramnya secara teratur.

Hanya saja, letakkan bunga tersebut jauh dari jangkauan kucing, anjing, ataupun anak-anak ya, Ma. Soalnya, lili perdamaian dapat menimbulkan reaksi terbakar pada kulit dan bersifat racun bagi hewan peliharaan.

3. Bunga Krisan

3. Bunga Krisan
Pixabay/begonvilliev

Selain dijadikan sebagai teh herbal, Chrysanthemum morifolium atau bunga krisan boleh menjadi pilihan tanaman yang membersihkan udara ruangan nih, Ma.

Uji coba yang dilakukan NASA menunjukkan kalau tanaman jenis ini dapat menghilangkan sejumlah zat racun, mulai dari ammonia hingga benzena.

Bunga krisan juga hadir dalam berbagai varian warna. Jadi, Mama tinggal menempatkannya ke satu vas tanaman di area dapur atau ruang keluarga. Tempatkan di area yang terang karena bunga ini suka cahaya matahari.

Pastikan hewan peliharaan di rumah tidak akan bisa meraih tanaman tersebut, meningat bunga krisan memang beracun bagi mereka.

4. Dracaena reflexa

4. Dracaena reflexa
Instagram.com/isabellae21

Berasal dari area Samudra Hindia, Dracaena reflexa atau juga dikenal sebagai nyanyian dari India, cukup ampuh dalam meningkatkan kadar kebersihan udara ruangan.

Sebab menurut NASA, tanaman jenis ini dapat menghilangkan trikloroetilen dan xylene yang berbahaya bagi kesehatan paru-paru.

Semisal Mama ingin menjadikannya sebagai hiasan sekaligus pembersih udara ruangan. Hindari menempatkannya di ruangan dengan langit-langit yang pendek. Sebab, tanaman ini mampu tumbuh hingga lebih dari dua meter.

Maka dari itu, Mama bisa meletakkan Dracaena reflexa di area balkon atau mungkin teras rumah. Dengan cara ini pula, tanaman tersebut bisa terkena paparan sinar matahari.

Editors' Picks

5. Gerbera jamesonii

5. Gerbera jamesonii
Pixabay/corinaselberg

Disebut juga sebagai Barberton Daisy, bunga yang satu ini sangat cocok ketika Mama ingin tanaman yang dapat mempercantik sekaligus membersihkan udara. Pasalnya, Barberton Daisy memiliki kemampuan untuk menghilangkan kadar zat kimia seperti benzena dan trikloroetilen.

Tanaman ini juga dapat melepaskan oksigen tinggi di malam hari. Bukan hanya itu saja keistimewaannya, bunga jenis ini dapat membantu penderita kelainan pernapasan dan sleep apnea, lho.

Kalau Mama tertarik menanamnya, pastikan untuk menyiramnya secara teratur untuk menjaga kelembapan tanahnya. Pastikan untuk menempatkan pot Barberton Daisy di area yang cukup terpapar sinar matahari, ya.

6. Sri Rezeki

6. Sri Rezeki
Instagram.com/plantsworldnursery

Kalau Mama sudah punya tanaman Sri Rezeki di rumah, coba deh taruh di ruang keluarga. Sebab, tanaman yang populer di Tiongkok juga termasuk ke dalam tanaman yang membersihkan udara ruangan, lho.

Zat polutan, seperti benzena dan formaldehida, akan diserapnya sembari mengeluarkan oksigen ke udara.

Sri Rezeki atau Aglaonema juga tidak mudah dalam hal perawatannya kok, Ma. Tanaman ini tidak perlu sering-sering disiram, namun pastikan tanahnya dalam keadaan lembap. Selain itu, tanaman tersebut juga bisa bertahan di ruangan gelap.

7. Sirih Gading

7. Sirih Gading
Instagram.com/simonekentley

Buat Mama pencinta tanaman wajib banget mempunyai Sirih Gading, atau juga dikenal sebagai Devil's Ivy. Hal ini karena ia menyuguhkan banyak manfaat, salah satunya sebagai tanaman yang membersihkan ruangan.

Sebagai contoh, benda-benda di rumah, seperti plastik atau alat-alat elektronik, tentu meninggalkan zat-zat kimia. Untuk mengatasinya, Mama boleh menaruh Sirih Gading di ruangan yang diinginkan, nih.

Selain dapat mendetoksifikasi udara sekitar, tanaman ini juga dapat membuat ruangan terlihat segar karena aksen warna hijau yang ia tampilkan.

8. Sri Gading

8. Sri Gading
Instagram.com/greenerybyrams

Kalau sebelumnya ada Sirih Gading, kali ini ada Sri Gading. Yang dimaksud di sini, yakni Dracaena fragrans karena menurut NASA, tanaman tersebut dapat membersihkan udara ruangan dari xylene, formaldehida, ataupun benzena.

Perawatan tanaman ini tidak terlalu ribet pula. Mama hanya perlu memastikan agar kelembapan tanahnya terjaga dengan memberikannya cukup air.

Selain itu, Sri Gading juga tahan di tempat yang remang-remang sehingga cocok ditempatkan di sudut ruang keluarga. Namun, tanaman ini bersifat racun dan usahakan untuk menaruhnya jauh dari jangkauan anak-anak.

9. Philodendron cordatum

9. Philodendron cordatum
Instagram.com/livingtogether.store

Dari uji coba yang dilakukan NASA, ada tiga jenis tanaman Philodendron yang mampu meningkatkan kualitas udara sekitar. Salah satunya adalah Philodendron cordatum atau Philodendron Berdaun Hati. Secara khusus, tanaman ini dapat menyerap zat formaldehida.

Untuk merawatnya, sebenarnya tidak terlalu rumit, tapi ada beberapa hal yang perlu Mama perhatikan. Tanaman Philodendron memang dapat hidup di tempat yang remang-remang, namun ia tetap harus terkena cahaya matahari.

Philodendron juga tak memerlukan banyak air. Mama hanya cukup menyiramnya beberapa kali saja dalam seminggu.

Satu hal lagi, jauhkan juga tanaman ini dari anak dan hewan peliharaan ya, Ma. Sebab walau efektif dalam membersihkan udara, namun Philodendron bersifat racun.

10. Karet Merah

10. Karet Merah
Instagram.com/onlyplantfans_

Tanaman yang bisa membersihkan udara ruangan, yakni Ficus robusta. Kalau di Indonesia, tanaman ini populer dengan julukan Karet Merah, Ma.

Kalau dilihat sekilas, Karet Merah tidak terkesan spesial. Daunnya sekadar hijau, beda sekali dengan bunga Krisan yang penuh warna. Kendati demikian, daun lebarnya ampuh meningkatkan kualitas udara ruangan. Tidak hanya itu, Karet Merah juga mampu menghilangkan bakteri dan spora lumut yang beterbangan di udara.

Kalau Mama tertarik menanamnya, namun tidak punya pengalaman dalam mengurus tanaman, tenang karena Karet Merah bukan termasuk tanaman yang manja. Tanaman ini tetap dapat tumbuh di ruangan gelap dan kondisi kering sekalipun. Jadi, memang cocok deh dijadikan tanaman di dalam rumah.

Itulah tadi 10 tanaman yang dapat membersihkan udara ruangan menurut NASA. Bagaimana, Ma? Apakah ada dari daftar tanaman tadi yang ingin Mama tanam di rumah?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.