7 Kebiasaan yang Perlu Diterapkan agar Rumah Tetap Bersih Setiap Hari

Lakukan cara ini agar rumah tetap bersih dan rapi.

29 April 2021

7 Kebiasaan Perlu Diterapkan agar Rumah Tetap Bersih Setiap Hari
Unsplash/Kara Eads

Jika Mama bekerja sekaligus mengurus rumah, mungkin akan sulit mengatur waktu bersih-bersih rumah, atau bahkan ketika pulang kerja sudah merasa lelah melakukan hal tersebut.

Namun sekarang Mama tidak perlu khawatir, karena ada beberapa kebiasaan yang bisa dilakukan untuk menjaga rumah tetap rapi dan bersih setiap saat.

Perlu diketahui bahwa memunculkan habbit ini menjadi hal penting dalam mengatur kebersihan rumah, dan jangan lupa untuk libatkan Papa maupun anak.

Inilah kebiasaan sederhana yang perlu dilakukan di rumah dalam hal bersih-bersih, Popmama.com sudah merangkumnya dari Boldsky.

1. Selalu mulai dengan merapikan tempat tidur

1. Selalu mulai merapikan tempat tidur
Pexels/ketut-subiyanto

Merapikan tempat tidur bukanlah membuang-buang waktu. Ini sama pentingnya dengan membersihkan lantai dengan penyedot debu.

Kamar tidur adalah tempat untuk bersantai dan pada akhirnya, jika menemukan kamar tidur yang kotor, tidak akan terasa enak sama sekali bukan?

2. Mencuci tidak sekaligus

2. Mencuci tidak sekaligus
Pixabay/Hans

Pisahkan seluruh cucian menjadi beberapa bagian dan mulai lakukan ini secara terpisah. Jika mencoba mencuci semua pakaian bersama-sama, mungkin akan mulai merasa lelah, dan banyak waktu juga akan terbuang percuma. Melakukannya sesuai beban lebih mudah dan nyaman.

Curi waktu seperti mulai mencuci setiap hari namun di waktu subuh, menuntut sedikit demi sedikit juga cara yang pas untuk dilakukan.

Editors' Picks

3. Tetapkan mana yang prioritas

3. Tetapkan mana prioritas
Freepik/benzolx

Mama harus ingat bahwa memprioritaskan adalah hal penting. Mama harus berhati-hati untuk mencatat semua hal yang ingin diselesaikan berdasarkan prioritas, dan kemudian mulai menetapkan prioritas berdasarkan tugas yang ingin dilakukan terlebih dahulu.

Ini tidak hanya akan membantu Mama untuk tetap fokus tetapi juga membuat segalanya lebih mudah.

4. Melibatkan anggota keluarga

4. Melibatkan anggota keluarga
Pexels/elly-fairytale

Terlibat dengan seluruh anggota keluarga adalah komponen penting, karena rumah itu milik anggota keluarga juga bukan?

Inilah mengapa penting untuk mengajari mereka kebiasaan membersihkan juga. Melakukan semua tugas sendirian bisa jadi sangat sibuk, tetapi jika keluarga mulai terlibat, itu akan sangat membantu lho.

5. Bersih-bersih pada malam hari

5. Bersih-bersih malam hari
Dok. Origita

Mama harus melakukan pembersihan rutin setiap malam. Biarkan anak-anak membersihkan kamar mereka dan mengatur semuanya dalam urutan yang benar.

Bersihkan semua yang ada di dapur, bisa juga meminta Papa membersihkan ruangan TV setelah beres nonton acara bersama, ketika semua beres bisa langsung pergi tidur deh.

6. Tempatkan alat pembersih di tempat yang mudah diingat

6. Tempatkan alat pembersih tempat mudah diingat
Pixabay/MabelAmber

Pasti kesal ketika ingin mengepel rumah, menyapu, atau bahkan mengelap kaca namun peralatan kebersihan serta cairan pembersih lupa ditaruh dimana.

Lakukan dengan menaruh di tempat yang semua anggota keluarga bisa jangkau, sehingga tidak susah-susah mencari kembali.

7. Bersihkan sebelum pergi keluar rumah

7. Bersihkan sebelum pergi keluar rumah
Dok. Origita

Ketika hendak pergi, biasakan untuk membereskan apapun sebelum berangkat. Piring kotor bekas makan, karpet penuh dengan remah cemilan atau lainnya.

Itu akan membantu saat pulag nanti, dan lebih nyaman meninggalkan rumah dengan keadaan rapid an bersih.

Wah, sangat membantu sekali bukan Ma kebiasaan diatas tadi untuk menciptakan rumah tetap rapi dan bersih?

Ajarkan juga Papa dan anak dirumah untuk melakukannya bersama, karena home sweet home tidak bisa dibebankan pada stau orang, melainkan seluruh anggota keluarga terlibat didalamnya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.