7 Interior Dapur yang Diprediksi Populer di Tahun 2022

Warna bumi diprediksi menjadi salah satu tren desain interior dapur yang populer di tahun 2022

7 Desember 2021

7 Interior Dapur Diprediksi Populer Tahun 2022
Unsplash/Beccatapert

Selama pandemi Covid-19, Mama menghabiskan lebih banyak waktu di rumah dibanding bekerja di kantor atau berkumpul bersama teman. Mama pun mulai mencari kesibukan atau hobi selama berkegiatan di rumah, mulai dari mengoleksi tanaman hias hingga memasak. 

Bagi Mama yang menjadikan memasak sebagai hobi baru, maka dapur menjadi area favorit di rumah. Oleh karena itu, Mama perlu menyulap dapur menjadi area yang menyenangkan dengan mengaplikasikan beberapa ide desain interior. 

Untuk tahun 2022, warna bumi diprediksi akan menjadi tren desain interior dapur. Berikut Popmama.com rangkum beberapa tren interior dapur yang diperkirakan bakal populer di tahun 2022 dilansir dari House Beautiful. 

Yuk Ma, disimak!

1. Warna bumi

1. Warna bumi
Unsplash/Sidekix

Warna bumi atau dikenal dengan sebutan earth tone atau earth colors diperkirakan akan menjadi salah satu tren desain interior dapur yang paling banyak digunakan. Sesuai dengan namanya, earth tone berasal dari elemen yang ada di bumi seperti batu, hutan, laut, dan tanah. 

Warna-warna yang termasuk dalam warna bumi di antaranya abu-abu yang diambil dari warna bebatuan, warna hijau diambil dari warna pohon, dan warna biru yang diambil dari warna laut atau langit.

Warna bumi umumnya akan dipadukan dengan sesama warna bumi untuk menampilkan kesan elegan dan simpel. 

Penggunaan earth tone di dapur akan membuat penghuni rumah merasa nyaman ketika memasak serta mengingat pentingnya menjaga kelestarian alam. 

2. Gaya retro

2. Gaya retro
Unsplash/Roamincolor

Apabila Mama ingin mencoba desain interior baru di dapur, maka tak ada salahnya untuk mencoba desain interior gaya retro 70-an atau 80-an. Gaya retro diprediksi bakal populer kembali di tahun 2022 karena bisa memberikan perasaan hangat dan menyenangkan. 

Elemen-elemen desain interior gaya retro yang bakal populer, yaitu pola polkadot hingga penggunaan wallpaper dengan motif bunga atau garis. Desain interior gaya retro dipercaya bisa membuat penghuni rumah merasa senang berada di dapur. 

Editors' Picks

3. Material organik

3. Material organik
Unsplash/Rarchitecture_melbourne

Seiring populernya penggunaan warna bumi sebagai interior dapur, maka penggunaan material organik juga diprediksi bakal naik daun di tahun 2022. 

Material organik dipercaya dapat menciptakan ruang yang terasa alami, namun tetap menonjolkan sentuhan modern. Elemen dari material organik yang sering ditonjolkan, yakni penggunaan furnitur kayu atau lantai bambu sebagai pengganti karpet. 

4. Cahaya alami

4. Cahaya alami
Unsplash/Watermarkdesigns

Dapur dengan pencahayaan alami juga diprediksi semakin populer di tahun 2022. Oleh karena itu, beberapa keluarga memilih membongkar dapur di rumahnya agar memiliki jendela besar di sepanjang meja dapur. 

Jendela besar di dapur dipercaya bisa menciptakan suasana alami karena membiarkan sinar matahari masuk ke dalam ruangan. Sinar matahari akan jatuh mengenai beberapa material di dapur seperti kayu, marmer, atau ubin berlapis kaca sehingga ruangan terlihat lebih luas dan menenangkan. 

5. Minimalis

5. Minimalis
Unsplash/Runejohs

Desain minimalis dipercaya tetap ada di tahun 2022. Desain interior minimalis menonjolkan kesederhanaan dengan estetika yang rapi. Desain ini biasanya digunakan untuk ruangan sempit yang disulap menjadi dapur. 

Beberapa furnitur yang bisa digunakan untuk desain interior minimalis, yakni meja makan mini bar atau kitchen set letter L. Sementara itu, warna cat dinding yang paling banyak digunakan untuk desain minimalis adalah putih, krem, atau abu-abu. 

6. Ramah hewan peliharaan

6. Ramah hewan peliharaan
Unsplash/Rarchitecture_melbourne

Selama pandemi Covid-19, lebih banyak orang yang mengadopsi hewan peliharaan. Oleh karena itu, mereka perlu membongkar dapur agar lebih ramah pada hewan peliharaan. 

Dapur akan memiliki tempat penyimpanan khusus untuk peralatan masak agar tidak dapat dijangkau oleh hewan peliharaan.

Mama perlu memperhatikan kebersihan bawah meja dapur atau bawah wastafel yang bakal sering didatangi oleh hewan peliharaan. Hindari juga meletakkan benda-benda tajam di area yang sering dijangkau oleh hewan peliharaan. 

7. Tanaman di dapur

7. Tanaman dapur
Unsplash/Mackiec

Apabila Mama seorang vegetarian, maka tak ada salahnya untuk meletakkan tanaman di dapur. Tanaman bisa memberikan aksen hijau dan menciptakan suasana yang asri di dapur. 

Suasana asri dipercaya bisa meningkatkan mood saat memasak di dapur. Namun, Mama perlu memperhatikan arah cahaya jika ingin meletakkan tanaman di dapur. Pastikan tanaman mendapatkan cahaya matahari secara langsung untuk memudahkan proses fotosintesis tanaman. 

Nah Ma, itulah tujuh desain interior dapur yang diprediksi bakal populer di tahun 2022. Di antara tujuh desain interior di atas, mana desain favorit Mama?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.