TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Pertimbangan sebelum Membeli Apartemen menurut Feng Shui

Memilih apartemen tidak bisa dilakukan secara sembarangan loh, Ma

26 September 2022

5 Pertimbangan sebelum Membeli Apartemen menurut Feng Shui
Unsplash/Chuttersnap

Sama seperti rumah, apartemen menjadi incaran kaum milenial khususnya yang tinggal di perkotaan. Lahan yang semakin sempit membuat para milenial memilih apartemen untuk dijadikan tempat hunian. 

Memilih apartemen pun tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa pertimbangan yang harus dipikirkan terlebih dahulu sebelum membeli apartemen menurut Feng Shui. 

Feng Shui selama ini dikenal sebagai filosofi asal China yang digunakan untuk menentukan dekorasi atau tata letak ruang di rumah dan apartemen. Tujuannya agar pemilik rumah atau apartemen mendapatkan energi positif. Feng Shui memiliki lima elemen penting, yakni kayu, logam, api, udara, dan air. 

Dengan menyeimbangkan lima elemen tersebut di rumah atau apartemen, maka penghuni apartemen bisa merasa nyaman, tenang, dan bahagia berada di dalamnya. 

Lantas, hal apa saja yang perlu diperhatikan sebelum membeli apartemen? Yuk, simak ulasannya yang telah dirangkum Popmama.com kali ini!

1. Perhatikan pintu masuk apartemen

1. Perhatikan pintu masuk apartemen
Unsplash/Lukevz

Hal yang pertama yang perlu diperhatikan, yakni pintu masuk apartemen. Pastikan pintu utama atau gerbang utama apartemen bersih dan terang. Sebab, melalui pintu tersebut, energi baik akan masuk dan diserap oleh pemilik apartemen. 

Lokasi apartemen juga perlu diperhatikan. Pilihlah lokasi apartemen yang aman dan bersahabat. Jika pintu utama memiliki kualitas energi yang kuat akan saling berkesinambungan dengan lokasi yang bersahabat. 

Editors' Picks

2. Pilih kondominium di tingat yang tinggi

2. Pilih kondominium tingat tinggi
Unsplash/Paralitik

Berdasarkan Feng Shui, Mama sebaiknya memilih kondominium di lantai atau tingkat yang lebih tinggi. Semakin tinggi lantai atau semakin sedikit kondominium di atas hunianmu, maka energi yang terserap menjadi lebih ringan. 

Lokasi yang tinggi juga membuat Mama mendapatkan pencahayaan yang bagus serta pemandangan yang lebih baik. Selain itu, energi chi juga lebih mudah masuk ke hunianmu. 

3. Hindari memilih kondominium dekat lift

3. Hindari memilih kondominium dekat lift
Unsplash/Jeremybezanger

Selanjutnya, Feng Shui merekomendasikan Mama untuk menghindari kondominium yang berada dekat tangga atau berhadapan langsung dengan lift. Sebab, tangga dan lift merupakan jalur keluar masuk penghuni apartemen lainnya. 

Kesibukan di tangga atau lift bisa membuat Mama terganggu, sehingga dapat memengaruhi energi baik di hunianmu. 

4. Denah unit apartemen

4. Denah unit apartemen
Unsplash/Jarson

Setelah memperhatikan lokasi gedung apartemen, langkah selanjutnya adalah memperhatikan denah unit apartemen yang akan dibeli. Hindari memilih hunian apartemen yang menempatkan pintu utama menghadap tembok atau pintu yang berhadapan langsung dengan dapur. 

Pastikan pintu utama unit apartemen mengalirkan energi chi dengan baik. Jika pintu utama menghadap tembok, Mama sebaiknya mengubah posisinya atau memberi sekat.

5. Perhatikan posisi pintu kamar mandi unit apartemen 

5. Perhatikan posisi pintu kamar mandi unit apartemen 
Unsplash/Ralphkayden

Menurut Feng Shui, pintu utama unit apartemen tidak boleh sejajar dengan pintu kamar mandi. Sebab, aliran energi akan terserap oleh kamar mandi, sehingga penghuni apartemen tidak mendapatkan energi baik. 

Usahakan pintu kamar mandi tidak berada di tengah apartemen. Selain itu, pintu kamar mandi juga tidak boleh berhadapan langsung dengan pintu kamar mandi. 

Hal terpenting yang perlu dipertimbangkan saat membeli apartemen, yakni lokasi gedung dan denah unit apartemen yang akan dibeli. Mama perlu memperhatikan setiap detail tata ruang dari unit apartemen yang akan dibeli. Tujuannya demi mendapatkan hunian yang mendatangkan energi baik. 

Nah, itulah beberapa pertimbangan sebelum membeli apartemen menurut Feng Shui. Semoga informasinya bisa bermanfaa ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk