Biar Rumahmu Hoki, Ini 5 Elemen Feng Shui yang Harus Ada pada Hunian!

Pastikan rumahmu memiliki kelima elemen feng shui berikut ini, ya!

30 September 2020

Biar Rumahmu Hoki, Ini 5 Elemen Feng Shui Harus Ada Hunian
Freepik/free picture

Dari dulu hingga saat ini, sebagian besar orang masih percaya bahwa ilmu feng shui dapat mendatangkan keberuntungan. Apakah kamu juga memercayaiya? Pada dasarnya, feng shui bisa diterapkan di dalam berbagai aspek, termasuk rumah atau tempat tinggal.

Nah, luas dan dalamnya ilmu feng shui tersebut tentu membuatmu tidak bisa memahaminya hanya dalam sekejap. Bahkan, jika diperlukan kamu bisa berkonsultasi langsung kepada ahli atau pakar feng shui.

Namun, terdapat beberapa hal umum mengenai feng shui rumah yang harus kamu ketahui.  Ada aturan-aturan tertentu yang dipercaya bisa membawa hoki pada hunianmu, salah satunya adalah elemen feng shui.

Setidaknya, ada lima elemen feng shui yang bisa kamu terapkan di rumah. Penasaran apa saja? Berikut Popmama.com telang merangkum kelima ulasan lengkapnya!

1. Elemen feng shui kayu mendatangkan kesehatan

1. Elemen feng shui kayu mendatangkan kesehatan
allergybuyersclub.com

Elemen feng shui pertama yang wajib kamu letakkan di dalam rumah adalah kayu. Sesuai dengan namanya, elemen feng shui ini sangat erat kaitannya dengan benda-benda berbau alami yang terbuat dari material kayu.

Menurut feng shui, elemen kayu ini dapat mendatangkan kesehatan yang baik untuk penghuni rumahnya. Oleh karena itu, kamu bisa menghias rumah dengan aneka dekorasi yang terbuat dari kayu, seperti ranting pohon, pahatan patung kayu, atau tanaman hias.

Selain dekorasi, kamu juga bisa menggunakan furnitur kayu untuk menghadirkan elemen feng shui ini. Namun, ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan, yaitu posisinya.

Sebaiknya, kamu meletakkan elemen feng shui kayu tersebut di area tenggara, timur, dan selatan rumah. Hal ini dipercaya dapat memperlancar aliran keberuntungan feng shui yang akan kamu dapat.

Editors' Picks

2. Elemen feng shui air mengalirkan rezeki

2. Elemen feng shui air mengalirkan rezeki
Ebay.com

Air merupakan elemen feng shui yang dapat mengalirkan beragam rezeki bagi penghuni rumah, seperti kesejahteraan dan kekayaan.

Nah, untuk menghadirkan elemen feng shui ini, kamu bisa meletakkan hal-hal yang berkaitan dengan air, misalnya air mancur minimalis, kolam ikan, hiasan pancuran air, dan sebagainya.

Elemen feng shui air ini paling tepat jika diletakkan di bagian timur, utara, barat, dan barat laut. Namun, jangan meletakkan elemen feng shui ini di dalam kamar tidur, karena kamar merupakan ruangan yang tertutup sehingga dipercaya bahwa rezeki yang mengalirnya pun akan ikut tertutup.

3. Elemen feng shui logam memupuk ketangguhan dan kemandirian

3. Elemen feng shui logam memupuk ketangguhan kemandirian
Freepik/free picture

Ketangguhan, kemandirian, dan konsentrasi penuh. Itulah hal yang akan kamu peroleh jika menghadirkan elemen feng shui logam di dalam rumah.

Hal ini bisa kamu lakukan dengan meletakkan aneka furnitur atau dekorasi yang terbuat dari bahan logam, seperti pajangan, vas bunga, hingga bingkai foto logam. Sementara, posisi yang paling tepat untuk elemen feng shui ini adalah di area utara, barat, dan barat laut rumah.

4. Elemen feng shui tanah menjaga stabilitas hidup dan keuangan

4. Elemen feng shui tanah menjaga stabilitas hidup keuangan
Pixabay/ sarajuggernaut

Nah, elemen feng shui yang satu ini dipercaya dapat menjaga stabilitas hidup dan keuanganmu, lho! Tidak perlu repot untuk menghadirkan elemen feng shui ini, meletakkan aneka dekorasi bebatuan atau kristal di dalam rumah saja sudah cukup.

Akan tetapi, selain dekorasi, kamu juga bisa menggunakan dinding batu alam sebagai elemen feng shui tanah ini. Jangan lupa, tetap perhatikan posisinya, ya!

Arah yang terbaik untuk meletakkan elemen feng shui logam ini adalah di bagian timur laut, barat laut, barat, barat daya, dan pusat rumah.

5. Elemen feng shui api memberikan energi yang tinggi

5. Elemen feng shui api memberikan energi tinggi
Freepik/awesomecontent

Menurut feng shui, elemen api dapat memberikan tingkat energi yang tinggi. Tak hanya itu, elemen feng shui api ini juga dipercaya mampu memicu ekspresi kreativitas penghuni rumah, lho!

Oleh karena itu, elemen feng shui ini sangat bagus bagi kamu yang sering merasa kekurangan semangat atau gairah. Cara untuk menghadirkan elemen feng shui ini sangat mudah.

Kamu hanya perlu meletakkan lilin di dalam rumah, baik itu lilin aromaterapi ataupun lilin meja makan yang biasa digunakan untuk mengusir lalat. Letakkan elemen feng shui ini di bagian selatan dan barat daya rumahmu. 

Itulah kelima elemen feng shui yang harus ada di rumah agar mendatangkan keberuntungan bagi kamu dan keluarga. Selamat mencoba dan rasakan sensasi 'baru' di rumahmu!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.