7 Tips Menata Apartemen untuk Pengantin Baru

Dijamin makin betah di rumah deh sebagai pengantin baru

30 Juli 2018

7 Tips Menata Apartemen Pengantin Baru
Pexels/du van trung

Setelah menikah, maka kehidupan mandiri seakan telah menunggu diambang pintu. Tak ada lagi bantuan dari orangtua yang bisa kamu dapatkan kapanpun dan pada saat apapun.

Life after marriage, begitu orang menyebutnya. Pada fase kehidupan ini, kamu dan pasangan perlu mendukung satu sama lain agar nantinya kalian dapat menyongsong kehidupan rumah tangga dengan lebih mudah.

Langkah awal yang dilalui kebanyakan pasangan yang baru menikah adalah keluar dari rumah untuk menjalani kehidupannya bersama pasangan yang sudah dipilih dan pastinya kamu cintai.

Meskipun terdengar mudah dan sangat menyenangkan bisa menghabiskan waktu berdua saja bersama pasangan, namun nantinya kamu pasti akan merindukan masa-masa dirumah bersama orangtua.

Nah berbicara mengenai rumah bagi pasangan yang baru menikah, kali ini Popmama.com akan memberikan 7 tips mudah menata apartemen untuk pasangan baru.

Mengingat begitu banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum pindah, maka simak baik-baik tipsnya ya. Jangan sampai kelewatan.

1. Gunakan furnitur multifungsi

1. Gunakan furnitur multifungsi
Pinterest.com/partisi ruangan

Seperti yang kita ketahui bahwa ukuran apartemen tidaklah sebesar rumah. Apartemen memang di desain lebih simpel, sehingga tidak memungkinkan kamu untuk menyimpan begitu banyak furnitur disana.

Well, jangan keburu bingung!

Kamu dapat menyiasatinya dengan penggunaan furniture multifungsi. Kamu bisa membeli sekat ruangan yang memiliki lubang-lubang, sehingga kamu dapat memanfaatkanlubang tersebut untuk meletakkan koleksi foto ataupun tanaman hias untuk sirkulasi yang lebih baik.

Bukan hanya sekat ruangan saja, kamu juga harus pandai-pandai mengakali furnitur multifungsi lainnya sehingga apartemen mu dapat terlihat lebih luas.

2. Simetris dan simple

2. Simetris simple
Pinterest.com/dinning table

Pemilihan motif pada mebel juga akan berpengaruh pada interior ruangan lho!

Untuk ruangan di apartemen yang tidak terlalu luas, kamu bisa menggunakan motif simetris dan simpel agar terlihat lebih clean dan tidak berlebihan.

Kamu bisa mengaplikasikannya pada dinning table di apartemenmu. Jangan terlalu gunakan banyak ukiran pada meja ataupun motif pada taplak meja makan ya.

Gunakanalah meja dan kursi yang simetris dan minimalis. Nah, untuk membuatnya lebih hidup, kamu dapat menambahkan bunga segar sebagai hiasan. Mainkan warna bunganya ya!

Manis bukan?

Editors' Picks

3. Play with color block

3. Play with color block
Pinterest.com/interior

Selanjutnya adalah color block. Pengaplikasian warna yang tepat dapat membuat ruangan di apartemenmu menjadi lebih luas dan pastinya segar.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum memutuskan untuk memilih warna cat tembok apartemen adalah menenutukan warna favorit kalian berdua.

Jika sudah memutuskan warna apa yang akan dipilih, maka untuk memperindah warna tembok, kamu dapat memadukannya dengan warna yang satu tingkat lebih tinggi atau lebih rendah dari warna yang kalian pilih.

Misalnya warna biru yang menjadi pilihannya, maka untuk memadukannya, kamu bisa menggunakan warna biru tua ataupun biru muda.

Pasti akan terlihat lebih hidup deh!

4. Temukan poin utama dalam apartemen

4. Temukan poin utama dalam apartemen
Pinterest.com/home decor accessories

Ini yang sangat penting untuk diperhatikan, menemukan poin utama pada interior apartemen.

Mengingat ukurannya yang tidak begitu besar, maka untuk membuatnya lebih nyaman, ada baiknya jika kamu menentukan poin utama pada apartemen.

Kamu bisa mengaplikasikannya pada ruangan apapun, bahkan pada ruangan favorit mu dengan pasangan, seperti ruang bersantai.

Jika sudah menentukannya, kamu bisa all out melakukan dekorasi yang sesuai dengan karakter kalian, dengan begitu pasti kalian berdua jadi nggak ingin keluar rumah, kan?

5. DIY saja yuk!

5. DIY saja yuk
Pinterest.com/upcyle repurposing around your home

Play your imagination!

Mumpung masih banyak cuti setelah menikah, gunakan waktu mu untuk berkreatifitas. Kamu bisa menggunakan barang-barang dari rumah lama untuk di rombak ulang menjadi hiasan yang indah di apartemen baru kamu.

Kehabisan akal? Buka saja Pinterest, disana kamu bisa menemukan banyak ide untuk melakukan DIY pada barang-barang lama.

Kamu bisa memanfaatkan kamera bekas yang sudah tidak terpakai menjadi lampu meja yang unik dan pastinya cuma kamu yang memilikinya.

6. Maksimalkan pencahayaan

6. Maksimalkan pencahayaan
Unsplash/alina grubnyak

Pencahayaan juga termasuk hal yang perlu diperhitungkan sebelum kamu sibuk memindahkan berbagai macam mebel di apartemen barumu.

Pastikan bahwa furnitur besar seperti lemari, tidak menutupi masuknya cahaya di ruangan. Cahaya sangatlah penting untuk kesehatan kamu dan pasangan lho.

Selain itu, dengan memaksimalkan cahaya pada ruangan, kamu juga dapat menghemat energi, jadi nggak perlu lagi menyalakan lampu.

7. Pemilihan warna yang tepat

7. Pemilihan warna tepat
Pinterest.com/wystroj

Last but not least, pemilihan warna yang tepat itu penting. Berbeda dengan color blocking, poin ketujuh ini akan membahas mengenai pemilihan warna yang cocok untuk ruangan sempit seperti apartemen.

Warna biru muda, putih, pastel, dan abu-abu merupakan pilihan warna yang tepat untuk ruangan yang tidak terlalu luas.

Hindari wallpaper yang terlalu banyak motif ataupun warna cover pada sofa. Jika kamu terlalu banyak menggunakan motif, maka ruangan mu juga akan terlihat lebih sempit dan padat.

Jadi, say no to pattern ya!

Nah, itulah ketujuh tips menata apartemen bagi pasangan yang baru menikah. Kegiatan menata ruangan bersama pasangan juga dapat meningkatkan bonding lho!

Dengan menatanya sendiri, kalian juga dapat memahami apa yang kalian inginkan tanpa ada campur tangan orang lain.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.