Ide Hiasan Dinding Rumah yang Dekoratif dan Estetis

Membangun suasana ruangan yang lebih estetis dengan menggunakan hiasan dinding

6 April 2021

Ide Hiasan Dinding Rumah Dekoratif Estetis
Pixabay/keresi72

Dalam mendekorasi suatu ruangan di dalam rumah, bagian yang paling menonjol adalah dinding. Sebab, dinding merupakan media yang paling luas di dalam ruangan. Sehingga, untuk memberikan suasana tertentu pada ruangan maka dinding memiliki peran yang sangat besar.

Jika biasanya dinding hanya dicat polos dengan warna putih atau warna-warna yang lebih atraktif, maka Mama perlu memberikan hiasan dinding agar lebih terlihat estetis. Bahkan, beberapa hiasan tidak hanya sekadar menghias ruangan saja tapi juga bisa memiliki fungsi lebih.

Agar dinding menjadi lebih dekoratif, Mama perlu menambahkan elemen-elemen tertentu yang bisa dijadikan hiasan dinding rumah yang lebih dekoratif. Popmama.com punya beberapa ide hiasan dinding rumah yang dekoratif dan estetis.

1. Tanaman hias untuk membuat suasana lebih sejuk

1. Tanaman hias membuat suasana lebih sejuk
Freepik/wirestock

Tanaman hias bisa dijadikan pilihan hiasan dinding yang akan membuat suasana ruangan menjadi lebih sejuk. Kesan natural dan dekat dengan alam membuat ruangan akan terasa lebih nyaman. Apalagi jika Mama dan keluarga adalah pecinta alam dan menyukai aktivitas di alam. Tanaman hias bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mendekorasi dinding rumah.

2. Lukisan mural untuk menciptakan suasana tujuan ruang

2. Lukisan mural menciptakan suasana tujuan ruang
catesthill.com
Rumah yang minimalis juga bisa terasa luas, Ma!

Bagi pecinta seni lukis, mungkin lukisan mural bisa menjadi salah satu pilihan hiasan dinding rumah. Tidak hanya sekadar lukisan di dalam bingkai, mural diaplikasikan langsung ke permukaan dinding sehingga gambar yang buat berukuran lebih besar serta memberikan efek yang lebih nyata. Lukisan mural sering digunakan untuk membuat hiasan dinding pada kamar atau ruang bermain anak.

Editors' Picks

3. Pajangan kata-kata bijak agar lebih semangat

3. Pajangan kata-kata bijak agar lebih semangat
Pixabay/xsonicchaos

Jika Mama lebih menyikai hiasan dinding rumah yang lebih sederhana, mungkin bisa menggunakan pajangan kata-kata bijak. Biasanya pajangan ini hanya bermain pada ukuran dan jenis huruf untuk menyampaikan pesan yang ditulis. Hiasan dinding ini juga bisa membangun semangat saat sedang berada di dalam ruangan.

4. Bingkai foto dengan berbagai ukuran

4. Bingkai foto berbagai ukuran
Pixabay/JamesDeMers

Memajang momen-momen berharga yang diabadikan ke dalam bingkai foto juga bisa menjadi pilihan untuk hiasan dinding rumah. Beberapa orang senang mengingat momen-momen berharga bersama orang-orang yang dikasihinya. Dengan mengabadikannya ke dalam foto dan ukuran frame yang berbeda akan menjadi hiasan dinding rumah yang dekoratif dan terlihat estetis.

5. Kerajinan tangan macrame yang estetis

5. Kerajinan tangan macrame estetis
belivindesign.com

Kerajinan tangan macrame juga sering dijadikan hiasan dinding. Seni kerajinan yang dipercaya sudah ada sejak abad ke-13 ini kini sering dijual sebagai barang hias atau dekorasi. Kerajinan tangan ini berupa simpul-simpul tali yang membentuk motif tertentu sehingga memiliki nilai seni yang diminati banyak orang.

6. String light untuk memberi suasana romantis di malam hari

6. String light memberi suasana romantis malam hari
Pixabay/Ash_barr

Untuk menciptakan suasana ruangan yang romantis, Mama bisa menggunakan string light sebagai hiasan dinding di dalam ruangan. Saat malam tiba, gemerlap lampu-lampu itu akan membuat ruangan dipenuhi cahaya hangat yang membuat suasana menjadi lebih romantis. String light ini bisa digantung begitu saja atau diatur menjadi bentuk tertentu.

7. Susunan rak-rak dinding yang juga fungsional

7. Susunan rak-rak dinding juga fungsional
Pixabay/KathrinPie

Membuat susunan rak-rak dinding juga bisa menjadi salah satu pilihan hiasan dinding yang lebih fungsional. Sebab, tidak hanya membuat dinding menjadi lebih dekoratif tapi juga bisa digunakan untuk fungsi-fungsi tertentu, seperti menaruh buku, pot tanaman, atau meletakkan kunci mobil misalnya.

Mendekorasi ruangan tidak selalu harus dengan menggunakan lemari, kursi, sofa, meja, dan sebagainya. Dengan memberikan hiasan dinding yang sederhana saja suasana ruangan bisa menjadi lebih hidup. Bahkan, hiasan dinding juga bisa memiliki nilai yang lebih fungsional dibandingkan hanya sekadar hiasan saja.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.