7 Inspirasi Memilih Gorden Minimalis yang Cocok dengan Konsep Hunian

Gorden memiliki dampak yang cukup signifikan terhadap dekorasi interior sebuah ruangan

7 Maret 2021

7 Inspirasi Memilih Gorden Minimalis Cocok Konsep Hunian
Freepik/alexandercho

Menciptakan suasana ruangan sangat ditentukan oleh banyak sentuhan elemen detail. Tidak bisa dipungkiri jika detail-detail aksesori ruangan sangat berpengaruh pada suasana yang ingin diciptakan. Bahkan, detail yang dianggap sepele pun bisa memberikan perubahan yang signifikan terhadap konsep desain interior, salah satunya gorden.

Ruangan minimalis yang memiliki jendela pasti juga memerlukan gorden. Apalagi gorden sering kali identik dengan kesan tertentu pada suatu desain interior ruangan. Dengan konsep ruangan yang minimalis, ada hal yang harus diperhatikan saat memilih gorden minimalis agar konsep ruangan minimalis bisa berpadu dengan sempurna.

Popmama.com punya beberapa inspirasi dalam memilih gorden minimalis untuk hunian yang sederhana dan hangat. Mama bisa mengikuti beberapa tips ini untuk ruangan di rumah.

1. Memilih gorden minimalis dengan jenis warna yang tidak mencolok

1. Memilih gorden minimalis jenis warna tidak mencolok
Freepik/topntp26

Dalam pemilihan warna untuk gorden minimalis, pilihlah warna-warna yang tidak mencolok. Mama bisa memilih warna monokrom, pastel, atau earthy tone. Warna yang tidak terlalu mencolok akan memberikan kesan yang sederhana dan sesuai dengan konsep minimalis.

Mama tetapi bisa memilih gorden minimalis dengan mengombinasikan warna. Tetapi, perlu diperhatikan juga kombinasi warna yang tetapi sesuai dengan konsep hunian minimalis.

2. Jika ingin menggunakan motif, pilih motif dengan unsur garis atau kotak

2. Jika ingin menggunakan motif, pilih motif unsur garis atau kotak

Mama juga tetap bisa menggunakan motif pada gorden minimalis yang ingin digunakan. Tetapi, pilihlah motif yang tidak terlalu kompleks. Memilih motif garis atau kotak akan menjadi pilihan yang lebih baik. Motif ini juga bisa memberikan kesan hunian yang lebih luas atau tinggi.

Editors' Picks

3. Gunakan gorden blackout untuk menjaga privasi

3. Gunakan gorden blackout menjaga privasi
Freepik/alexanderch

Perhatikan juga pemilihan bahan yang akan digunakan pada gorden minimalis. Untuk menjaga privasi Mama dan keluarga di dalam rumah, pilih gorden blackout untuk memastikan tidak ada bayangan atau cahaya yang tembus dan terlihat dari luar. Tapi perlu diperhatikan juga jika gorden blackout biasanya cukup berat dan tekstur bahan yang sedikit mengilap.

4. Gorden dengan tipe roller blind kayu membantu menjaga konsep minimalis

4. Gorden tipe roller blind kayu membantu menjaga konsep minimalis
Pinterest/ Blinds2go

Gorden minimalis tidak harus menggunakan kain. Mama juga bisa menggunakan tirai roller blind sekat dengan motif kayu untuk memberikan kesan yang lebih hangat pada ruangan minimalis. Banyak yang menggunakan roller blind sekat ini karena lebih praktis untuk menyesuaikan tingkat kecerahan yang diinginkan saat tirai dibuka. 

5. Roller blind kain juga bisa menjadi pilihan dengan pemilihan warna yang sederhana

5. Roller blind kain juga bisa menjadi pilihan pemilihan warna sederhana
Pinterest/dominomagazine

Tirai roller blind tidak hanya yang berbentuk sekat tetapi juga ada yang berupa kain lipat. Jika memilih untuk menggunakan kain lipat, pastikan warna yang digunakan tidak mudah kotor sebab untuk membersihkan tirai tipe ini tidak mudah. Tetapi ada juga roller blind kain yang bahannya anti air sehingga lebih mudah membersihkannya.

6. Gunakan batang rel besi tanpa ukiran untuk menampilkan kesan yang sederhana

6. Gunakan batang rel besi tanpa ukiran menampilkan kesan sederhana
Freepik/alexandercho

Batang rel digunakan untuk mengaitkan gorden yang akan dipasang. Ada banyak variasi motif batang rel yang bisa Mama pilih. Untuk konsep hunian minimalis, pilihlah batang rel besi yang tidak memiliki ukiran. Batang rel yang polos akan lebih cocok dengan gorden minimalis.

7. Memanfaatkan plafon untuk memasang rel akan membuat kesan ruangan yang lebih tinggi

7. Memanfaatkan plafon memasang rel akan membuat kesan ruangan lebih tinggi
Freepik/lifeforstock

Jika Mama ingin membuat kesan ruangan menjadi lebih luas dan tinggi, manfaatkan plafon sebagai tempat untuk memasang rel gorden. Gorden minimalis yang akan digunakan akan membuat kesan ruangan menjadi lebih tinggi sehingga terlihat ruangan yang lebih luas dari aslinya.

Memilih gorden minimalis sangat penting untuk menyempurnakan konsep desain interior yang sudah ditetapkan. Pemilihan gorden memiliki dampak yang cukup signifikan terhadap suasana ruangan yang ingin diciptakan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.