6 Pengharum Ruangan Alami dari Bahan-Bahan Dapur

Memanfaatkan bahan-bahan di dapur sebagai pengharum ruangan alami

10 Maret 2021

6 Pengharum Ruangan Alami dari Bahan-Bahan Dapur
Freepik

Memiliki ruangan yang harum akan menambah kenyamanan berada di dalam ruangan tersebut. Tidak hanya menambah kenyamanan, aroma harum juga dapat meningkatkan produktivitas dalam melakukan berbagai macam pekerjaan di ruangan tersebut.

Akan tetapi, ada beberapa orang yang cukup sensitif dengan pengharum ruangan sintetis. Mereka yang memiliki riwayat alergi dan asma biasanya tidak dapat menghirup senyawa dari pengharum ruangan sintetis. Bahkan, beberapa kasus bahkan dapat mengalami perubahan fungsi paru-paru akibat menghirup senyawa pengharum ruangan tersebut. Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika mengganti pengharum ruangan sintetis dengan bahan-bahan yang alami.

Popmama.com punya beberapa pilihan pengharum ruangan alami yang berasal dari bahan-bahan dapur. Tidak hanya harum tapi juga aman untuk kesehatan karena semua berasal dari bahan-bahan yang alami.

1. Daun pandan sering digunakan sebagai pengharum di pelaminan

1. Daun pandan sering digunakan sebagai pengharum pelaminan
Pixabay/sarangib

Jika Mama menghadiri acara pernikahan, biasanya akan ada aroma khas yang digunakan di area pelaminan. Aroma tersebut berasal dari tanaman hias di bagian bawah pelaminan. Tanaman hias tersebut menggunakan potongan daun pandan untuk dijadikan rumput buatan. Potongan daun pandang tersebut yang menimbulkan aroma yang khas pada pelaminan.

Seperti yang kita ketahui bahwa daun pandan memiliki aroma yang harum sehingga sering digunakan dalam berbagai macam masakan. Aroma harum pandan ini bisa juga dijadikan pengharum ruangan alami yang aman.

Cukup dengan menyiapkan beberapa lembar daun pandan. Lalu, iris tipis-tipis untuk mengeluarkan aromanya. Kemudian letakkan di area ruangan manapun. Bisa di sudut ruangan, rak, meja, atau tangga.

2. Batang serai memiliki aroma yang bisa memberikan efek relaksasi

2. Batang serai memiliki aroma bisa memberikan efek relaksasi
Pixabay/sti300p

Bahan dapur yang satu ini sering digunakan ke dalam berbagai masakan Indonesia dan juga dijadikan minuman herbal yang menyehatkan, yaitu serai. Serai memiliki aroma khas yang ternyata juga bisa digunakan sebagai pengharum ruangan alami. Aroma dari batang serai ternyata memiliki manfaat efek relaksasi. Jadi, tidak hanya ruangan menjadi harum tapi juga mampu membuat orang yang menghirupnya menjadi rileks.

Agar aroma batang serai keluar, potong-potong terlebih dahulu. Kemudian gunakan mangkuk atau piring kecil sebagai wadah. Lalu letakkan potongan batang serai di ruangan.

Editors' Picks

3. Kayu manis bisa menciptakan suasana toko roti dengan aroma manisnya

3. Kayu manis bisa menciptakan suasana toko roti aroma manisnya
Commons.wikimedia.org

Kayu manis yang biasanya dijadikan bahan masakan juga bisa menjadi pengharum ruangan alami. Sesuai namanya, kayu manis memberikan efek aroma manis jika digunakan sebagai pengharum ruangan alami. Jangan heran kalau ruangan menjadi seolah-olah toko kue karena aromanya yang sering digunakan sebagai bahan roti dan kue.

4. Akar wangi sering digunakan sebagai perawatan tradisional untuk tubuh

4. Akar wangi sering digunakan sebagai perawatan tradisional tubuh
pixabay/kathleenport

Akar wangi merupakan salah satu tanaman herbal yang sering digunakan sebagai minuman jamu untuk meredakan sendi. Akar wangi sendiri juga sering digunakan sebagai salah satu bahan dalam perawatan tubuh secara tradisional. Biasanya, akar wangi digunakan pada saat mandi untuk memberikan aroma wangi pada tubuh.

Sesuai namanya, akar wangi ini sangat wangi. Wanginya pun sering dimanfaatkan sebagai pengharum ruangan alami. Cukup dengan meletakkan akar ini di dalam ruangan, akar wangi akan membuat aroma ruangan menjadi lebih harum. 

5. Kulit jeruk dan lemon memiliki aroma citrus yang sangat kuat

5. Kulit jeruk lemon memiliki aroma citrus sangat kuat
Freepik/frimufilms

Kalau Mama mengupas kulit jeruk pasti aromanya menyebar ke seluruh bagian ruangan. Sulit sembunyi kalau sedang makan buah yang satu ini. Aromanya sangat kuat untuk bisa tercium oleh banyak orang.

Buah jeruk dan lemon memiliki aroma citrus yang sangat kuat. Jangan heran kalau kedua buah ini sering digunakan untuk mencuci tangan.

Daripada dibuang, kulit jeruk dan lemon bisa digunakan sebagai pengharum ruangan alami. Simpan di dalam wadah terbuka dan letakkan di ruangan yang diinginkan. Ganti kulit jeruk ini setiap 1 sampai 2 hari untuk menjaga kesegaran aroma ruangan.

6. Kopi mampu menghilangkan aroma tidak sedap

6. Kopi mampu menghilangkan aroma tidak sedap
Freepik

Bagi Mama pecinta kopi, pasti punya persediaan kopi di rumah. Kopi dalam bentuk biji atau bubuk bisa Mama gunakan sebagai pengharum ruangan alami.

Kopi memiliki sifat penghilang bau. Sehingga, jika Mama meletakkan kopi di dalam suatu ruangan maka aroma tidak sedap akan hilang dan tergantikan dengan harumnya aroma kopi.

Menciptakan suasana ruangan yang nyaman dan menyenangkan cukup dengan menambahkan pengharum ruangan alami dari bahan-bahan dapur. Selain lebih hemat, pengharum ruangan alami ini juga lebih aman untuk pernapasan dan kesehatan secara umum.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.