Mengurangi Limbah Cara Bermanfaat Ubah Sampah Jadi Barang Berguna

Orangtua bisa mengajak anak-anak untuk membuat barang berguna ini lho, Ma

1 Maret 2021

Mengurangi Limbah Cara Bermanfaat Ubah Sampah Jadi Barang Berguna
Pexels/mali maeder

Plastik adalah salah satu kebutuhan umat manusia di dunia ini. Semua keperluaan pasti membutuhkan plastik, salah satunya membungkus makanan. Melihat penggunaan plastik yang banyak membuat sampah menumpuk.

Seperti yang Mama ketahui bahwa butuh ratusan tahun untuk menghancurkan plastik. Pemerintah pun melakukan beberapa cara agar mengurangi penggunaan plastik, yaitu sejak Juli 2020 tidak adalah toko atau restoran yang menyediakan plastik.

Untuk itu, Le Minerale bekerja sama dengan Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia (ADUPI) dan Ikatan Pemulung Indonesia (IPI) melakukan inisiasi project Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional pada Selasa (23/02/21).

Kegiatan ini dilakukan untuk mengeduksi dan mengajak masyarakat untuk mengatur penanganan sampah plastik di lingkungan dan rumah.

“langkah kecil bisa sangat berarti untuk kepentingan lingkungan. Untuk itu, kita mengajak masyakat untuk bisa mengatur sampah plastik di rumahnya,” ujar Rosa Vivien Ratnawati, SH., M.Sc Direktur Jenderal Pengelolaan Limbah, Sampah, dan B3, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI di acara Le Minerale Inisiasi Kerja Sama Multi Stakeholder Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional pada Selasa, (23/02/21).

Berikut Popmama.com telah merangkum beberapa cara yang bisa Mama lakukan untuk mengatur sampah plastik di rumah.

1. Mengumpulkan dan menjual botol plastik ke bank sampah

1. Mengumpulkan menjual botol plastik ke bank sampah
unilever.co.id

Mama bisa mengumpulkan botol plastik dan menjualnya ke pemulung atau bank sampah.

Dengan begitu Mama bisa mendapatkan uang dari hasil penjualan sampah plastik. Selain mendapatkan uang, Mama juga sudah membantu lingkungan untuk terbebas dari sampah.

Bank sampah akan melakukan pernyortiran untuk di daur ulang. Jadi, ketika orang-orang mengumpulkan sampah plastik dan memberikannya ke bank sampah maka Mama akan mendapatkan uang yang stimpal dengan berat sampah plastik yang dijual.

Tidak hanya plastik saja, Mama bisa menjual berupa kaleng, kardus, barang rongsokan, dan lainnya.

Daripada mengedapkan sampah tak jelas di rumah yang hanya membuat sarang nyamuk. Lebih baik dijual ke bank sampah.

Rumah pun akan menjadi lebih bersih sekaligus membantu lingkungan dari sampah plastik yang tercemar. Langkah kecil yang bisa Mama lakukan itu dapat berdampak besar bagi lingkungan.

Editors' Picks

2. Gunakan botol plastik untuk menyiram tanaman

2. Gunakan botol plastik menyiram tanaman
fr.wikihow.com

Cara mengolah limbah plastik menjadi lebih berguna dengan menggunakan sebagai alat menyiram tanaman. Mama perlu melubangi kecil-kecil pada botol. Setelah itu, kubur botol di samping tanaman. Jangan mengubur semua botol, namun biarkan bagian atas terbuka.

Bagian tersebut digunakan untuk mengisi air untuk menyiram tanaman. Saat Mama menyiram tanaman dengan memasukan air ke botol, air pun akan mengalir ke tanaman. Hal ini bisa lebih bermanfaat karena air dapat masuk menyentuh akar tanaman.

3. Jadikan botol sebagai rumah kaca

3. Jadikan botol sebagai rumah kaca
id.wikihow.com

Untuk Mama yang mempunyai limbah botol plastik berukuran besar, bisa digunakan sebagai rumah kaca. Caranya dengan memotong bagian bawah dan membuka tutup botol, lalu tempatkan botol untuk menutupi tanaman.

Hal ini dilakukan berguna untuk melindungi tanaman dari angin. Jadi, ketika musim angin sedang menyerang, tanaman pun akan tetap terlindungi oleh botol plastik. Lagipula untuk membuat rumah kaca konvesional butuh biaya yang besar.

Oleh karena itu, Mama bisa menggunakan botol sebagai solusi. Walaupun murah dan sederhana, hal ini bisa membantu dunia dari limbah plastik.

4. Dijadikan pot tanaman

4. Dijadikan pot tanaman
Youtube.com/JEGOSs

Mama bisa memanfaatkan botol plastik atau kaleng bekas untuk dijadikan pot bunga. Caranya dengan melubangi bagian bawah pun untuk air, lalu beri tanah yang banyak agar tanaman dapat tumbuh.

Selain memanfaatkan limbah, Mama sudah membantu bumi dari sampah-sampah. Pot yang dari kaleng bekas juga bisa Mama cat warna atau antikarat agar warnanya lebih cantik. Rumah Mama pun menjadi lebih indah karena terdapat tanaman dan pot warna-warni.

5. Diubah menjadi tas belanja

5. Diubah menjadi tas belanja
Shopee.co.id

Tidak hanya botol dan kaleng saja yang bisa dijadikan barang bermanfaat, tetapi bungkus plastik dapat berguna juga. Bungkusan plastik dapat diubah menjadi tas belanja, tempat tisu, dan lainnya. Caranya dengan mengayam sampah plastik dan menggabungannya untuk dibentuk seperti tas.

Banyak desainer lokal yang sudah membudidayakan kegiatan ini. Hasil dari limbah plastik pun bisa mendapatkan uang dan dijadikan barang berguna. Hal yang dilakukan ini bisa membantu bumi dari limbah plastik.

Itulah beberapa cara untuk memanfaatkan limbah plastik untuk dijadikan barang berguna. Dengan melakukan kegiatan ini, Mama dapat membantu meringankan bumi dari sampah plastik. Jadi, mulailah dari hal kecil terlebih dahulu ya, Ma.

Semoga informasi dapat membuat Mama bisa memikirkan bumi dan lingkungan sekitar karena banyaknya sampah plastik.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.