7 Cara Meningkatkan Komunikasi dan Keintiman dalam Sebuah Hubungan

Mau sebuah hubungan yang berjalan dengan baik?

22 Oktober 2019

7 Cara Meningkatkan Komunikasi Keintiman dalam Sebuah Hubungan
Freepik/freepic.diller

Ketika dua mahluk bersatu dan membawa pengalaman serta harapan yang kemudian dijadikan satu untuk menjalani sebuah komitmen, itulah yang disebut sebuah hubungan suami dan istri.

Ia hadir dengan sendirinya di dalam ruang hampa. Tapi terkadang seiring dengan berjalannya waktu, sebuah hubungan akan memburuk jika tidak ada unsur komitmen di dalamnya.

Padahal itu adalah elemen penting dalam memahami satu sama lain dan menyelaraskan visi dan misi kamu.

Wah kedengarannya hubungan terkadang berujung pada sesuatu yang tidak menyenangkan ya.

Begitulah, jika kamu tidak melakukan hal-hal yang bisa meningkatkan komunikasi dan keintiman dalam hubungan suami dan istri.

Berikut ini Popmama.com sudah merangkumn tipsnya untuk kamu.

1. Komunikasi adalah kunci

1. Komunikasi adalah kunci
pixabay/birgl

Coba bayangin kalo kamu sibuk kerja, begitu juga pasangan kamu. Keduanya sibuk, tapi kalo kamu menyempatkan diri untuk neghubungin dia pasti dia juga sangat menerima perhatian kamu itu.

Jadi strategi pertama adalah coba sempatkan member waktu untuk pasangan meski hanya untuk ngobrol santai atau ngopi bareng.

2. Dengarkan pasangan kamu

2. Dengarkan pasangan kamu
Unsplash/Sharon McCutcheon

Kita sering berbicara terlalu lama tapi kadang lupa mendengarkan. Padahal komunikasi yang paling penting adalah mendengarkan terlebih dahulu.

Ketika kamu mendengarkan, kamu akan mengerti apa yang dimaksud pasangan kamu. Mendengarkan artinya melihat kontak mata, melihat gerakan, raut wajah, dan merespon dengan non-verbal perkataannya.

3. Tunjukkan apresiasi

3. Tunjukkan apresiasi
pixabay/Free-Photos

Caranya adalah melihat dengan fokus apa yang dia bicarakan. Fokus pada setiap detil gerakan tubuhnya dan hormati pilihannya.

Editors' Picks

4. Habiskan waktu berkualitas saat bersama pasangan

4. Habiskan waktu berkualitas saat bersama pasangan
Pixabay/StockSnap

Koneksi dan komunikasi akan berjalan saat kamu san pasangan kamu bersenang-senang bersama. Saat bersama, usahakan jangan ada gangguan lain dan habiskan waktu berkualitas dengan berbagi pikiran dengan pasanga kamu.

5. Bermodal kejujuran

5. Bermodal kejujuran
Unsplash/Manuel Maurisse

Komunikasi yang baik didasarkan pada kejujuran. Bicaralah apa pun yang kamu rasakan dan jangan ada yang ditutup-tutupi. Jika kamu enggak setuju dengan pasanganmu akan sesuatu, katakanlah.

6. Akui kesalahan kamu

6. Akui kesalahan kamu
Unsplash/Yolanda Sun

Bertanggung jawablah dengan semua tindakan kamu. Saat kamu salah, jadilah dewasa dan akuilah. Tidak ada salahnya lho mengaku salah.

Manusia kan penuh salah dan dosa, wajar kok ketika kamu melakukan salah satunya.

7. Menyatakan perasaan

7. Menyatakan perasaan
carrybeans.com

Bilang ‘I love you’ sekali-kali atau seringkali itu juga bisa meningkatkan intimasi kamu, lho! Dengan kamu mengatakannya secara tidak langsung ada ikatan yang membuat pasangan kamu semakin dekat denganmu. 

Kapanpun kamu tersentuh dengan perbuatannya, katakana terima kasih dan katakana bahwa kamu menyayanginya.

Itu tadi cara supaya kamu bisa meningkatkan intimasi dalam hubungan kamu. Nggak ada salahnya untuk mencobanya, bukan? Dengan begitu, pasangan kamu tahu bahwa dia dihargai keberadaannya. Kamu akan makin terlihat mesra dan hubunganmu akan langgeng terus deh. Selamat mencoba!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!