Tidak Semua Ibu Hamil Senang saat Orang Lain Memegang Perutnya

Memegang perut ternyata menjadi hal yang sangat privasi bagi seorang ibu hamil

11 September 2020

Tidak Semua Ibu Hamil Senang saat Orang Lain Memegang Perutnya
whatsupfagans.com

Saat hamil, perempuan tentu akan mendapatkan perhatian khusus dari lingkungan sekitarnya. Di Indonesia, salah satu cara yang sering sekali dianggap biasa dilakukan terhadap ibu hamil adala memegang perutnya.

Banyak orang yang berpikiran bahwa memegang perut ibu hamil adalah bentuk perhatian dan kasih sayang terhadap mereka. Namun, apakah ibu hamil selalu merasa senang jika dipegang perutnya?

Jawabannya adalah tidak. Beberapa dari mereka bahkan merasa risih akan perhatian tersebut. Untuk itu, simaklah tips memperlakukan ibu hamil dengan baik dan benar berikut ini.

Tidak Semua Ibu Hamil Senang saat Orang Lain Memegang Perutnya
freepik.com/ronnachaipark

Pendapat Ibu Hamil Saat Dipegang Perutnya

Memegang perut seorang ibu hamil mungkin menjadi hal yang lumrah di Indonesia, tapi tidak untuk budaya barat. Di negara barat, perilaku memegang perut ibu hamil merupakan salah satu hal yang tidak sopan. Bahkan, seorang ibu hamil asal Pennsylvania, Michelle Troutman, melaporkan tetangganya sendiri untuk sebuah kasus pelecehan. Richard J Beishline diketahui telah meraba perut Troutman tanpa izin terlebih dahulu terhadapnya.

Meskipun terdengar sepele, ternyata hukum Pennsylvania menyatakan pelecehan merupakan perilaku yang dianggap melecehkan atau mengganggu seseorang. Hukum ini berlakuk untuk semua orang, termasuk orang ibu hamil sekalipun. Sopan atau tidaknya memegang perut ibu hamil memang tidak bisa disamakan di setiap negara atau daerah. Namun, di Amerika, kebanyakan ibu hamil akan risih jika perutnya dipegang atau dielus tanpa izin terlebih dahulu.

Tips Memperlakukan Ibu hamil dengan Sopan

Jika ingin terhindar dari tuduhan pelecehan seksual, kita tentu harus memahami tips memperlakukan ibu hamil agar dapat bertindak dengan benar. Berikut ulasannya!

Editors' Picks

1. Minta izin terlebih dahulu

1. Minta izin terlebih dahulu
today.com

Memegang perut ibu hamil mungkin terlihat wajar di Indonesia. Tapi, tahukah Anda bahwa ternyata ada 7 dari 10 ibu hamil yang risih dan mengeluh saat ada orang yang memegang perutnya tanpa izin?

Jadi, saat bertemu ibu hamil, jangan langsung reflek untuk memegang perutnya. Terlebih jika kita tidak kenal dengan orang tersebut. Izinlah terlebih dahulu apakah bole atau tida memegang perutnya. Selain lebih sopan, hal ini tentu membuat mereka lebih nyaman dan tidak risih.

2. Jangan komentari perutnya

2. Jangan komentari perutnya
deccanchronicle.com

Tips memperlakukan ibu hamil yang kedua adalah hindari untuk memberikan komentar terhadap bentuk perutnya. Ini tentu merupakan hal yang tidak sopan, apalagi jika orang yang dikomentari tidak memiliki hubungan dekat. Untuk kasus ini, ada sekitar 24 persen ibu hamil yang tidak nyaman jika dikomentari ukuran dan bentuk tubuhnya.

Ibu hamil bisa saja memiliki perasaan yang lebih sensitif, termasuk jika ada yang mengomentari bentuh tubuhnya. Bagaimanapun, setiap perut perempuan yang sedang hamil tentu akan memiliki ukuran yang lebih besar dan gemuk. Rahim ibu hamil akan terus membesar jika usia kehamilannya semakin bertambah.

Hal tersebut merupakan kondisi normal, bahkan kita harus menghargai dan memberikan dukungan bukan malah mengomentari.

3. Hindari memberikan banyak nasihat

3. Hindari memberikan banyak nasihat
viralplots.com

Saat hamil atau setelah melahirkan, tentunya akan banyak nasihat yang datang dari beragai pihak. Memberi nasihat atau saran tentu memang baik untuk dilakukan. Namun, sebagian ibu hamil merasa risih dengan hal yang satu ini.

Para ibu hamil atau Mama yang baru saja melahirkan terkadang merasa tertekan dari banyaknya nasihat dan saran yang diberikan. Tak hanya itu, penelitian pun mengatakan ada 82 persen perempuan sebagai ibu hamil atau Mama yang suka tertekan dan bingung dengan berbagai nasihat yang datang.

Nah, itulah beberapa tips memperlakukan ibu hamil yang harus dipahami. Tata cara memperlakukan ibu hamil tentunya berbeda di setiap daerah atau negara. Namun, dimanapun tempatnya, sebaiknya pertimbangkan 3 tips tersebut agar ibu hamil merasa lebih nyaman.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.