7 Bantuan yang Bisa Ditawarkan bagi Teman yang Baru Melahirkan

Ringankan hari-hari Mama baru dengan beberapa cara mudah ini

26 Januari 2021

7 Bantuan Bisa Ditawarkan bagi Teman Baru Melahirkan
Freepik/Rawpixel-com

Perlu diakui, melewati proses melahirkan dan menjalani hidup sebagai Mama baru bukanlah hal mudah. Alangkah menyenangkannya jika ada teman peduli dengan kondisi Mama baru. 

Menjadi teman yang suportif adalah hal yang sangat penting bagi Mama baru. 

Jika ada teman Mama yang baru melahirkan, cobalah menawarkan beberapa bantuan yang bisa meringankan tugas mereka sebagai ibu baru. 

Apa saja bantuannya? Berikut Popmama.com rangkumkan seperti yang ditengok dari Motherly

1. Berikan waktu untuk tidur

1. Berikan waktu tidur
Freepik

Berencana mengunjungi teman yang baru melahirkan? Mama bisa mengurus si bayi sementara sang Mama diberikan waktu utntuk tidur. 

Sang ibu baru pasti akan sangat merasa terbantu dengan sikap sederhana ini. 

Sekaligus, beritahu mereka untuk tak perlu repot menyediakan beragam makanan untuk Mama. Biarkan Mama mengurus diri sendiri selama mereka tidur. 

Hal ini bisa dilakukan jika Mama cukup dekat dengan sang teman. Karena jika tidak, tentu akan jadi hal yang canggung. 

2. Beri hadiah pijat ibu dan bayi

2. Beri hadiah pijat ibu bayi
Freepik

Hampir setiap orang yang datang menengok lahiran akan memberikan hadiah untuk si Kecil. Jarang yang mengapresiasi perjuangan sang ibu. 

Jika ingin sesuatu yang benar-benar bisa membantu Mama baru, berikanlah sesuatu yang bisa digunakan baik untuk Mama dan si Kecil. Salah satunya pijat untuk ibu dan bayi. 

Mama bisa memberikan voucher yang bisa digunakan kapan saja. Tentu teman Mama akan sangat senang!

Editors' Picks

3. Berikan waktu untuk kencan bersama suaminya

3. Berikan waktu kencan bersama suaminya
Freepik/Freepic.diller

Satu lagi yang bisa Mama lakukan untuk teman dekat yang baru saja melahirkan adalah menawarkan bantuan untuk menjaga anaknya. 

Sementara itu, biarkan ia dan suaminya pergi ke luar untuk sekadar kencan sebentar. Bisa makan siang bersama, atau nonton bioskop bersama. 

Bantuan ini sangatlah penting untuk Mama baru karena ia kewalahan menyesuaikan diri menjadi ibu baru. Memberikan bantuan ini bisa membuat mereka lebih segar dan siap menjadi ibu yang lebih baik untuk si Kecil. 

4. Kirim makanan

4. Kirim makanan
Freepik

Bantuan lain yang tak akan gagal adalah mengirimkan makanan pada ibu baru. Bagi ibu yang baru memiliki bayi, makan adalah sesuatu yang sulit. 

Terlebih jika bayinya sulit ditinggal dan selalu ingin digendong. Tak jarang dari mereka yang kelaparan dan bingung kapan waktu masak atau makannya. 

Mengirim kananan di waktu siang atau malam hari akan sangat membantu. Mama takkan sadar betapa bersyukurnya mereka mendapat perhatian dan bantuan seperti itu. 

Untuk hasil yang maksimal, jangan lupa tanyakan makanan apa yang jadi favorit mereka, ya.

5. Habiskan waktu bersama sang Mama

5. Habiskan waktu bersama sang Mama
Freepik

Sadarkah, banyak orang yang datang mengunjungi ibu yang baru melahirkan dan sangat fokus pada bayinya. Sedangkan ibunya tak sering diperhatikan. 

Jika sahabat Mama yang baru melahirkan, tak ada salahnya untuk menghabiskan waktu bersamanya. Siapkan waktu seharian dan mainlah di rumahnya dari pagi sampai sore. 

Mama bisa mengajaknya ngobrol tentang apa saja, membawakan makanan kesukaannya, membantunya mengurus anak, dan membiarkannya memiliki waktu istirahat yang lebih dari biasanya. 

6. Kirim kartu ucapan 

6. Kirim kartu ucapan 
Freepik

Banyak hal menakutkan dan membingungkan saat menjadi Mama baru. Jika bisa datang dan hadir untuk dirinya, Mama bisa memberikan kartu ucapan yang berisi kalimat motivasi. 

Kirimkan kartu yang berisi kalimat motivasi bahwa ia adalah Mama yang hebat, luar biasa, dan sudah melakukan yang terbaik.

Mungkin ini terdengar klise. Namun nyatanya, kalimat ini sangat membantu Mama baru yang sedang bingung mencari mana yang benar dan salah dalam perihal pengasuhan anak. 

7. Bantu mengurus hewan peliharaannya

7. Bantu mengurus hewan peliharaannya
mypetsies.com

Cara lain memberikan bantuan bagi Mama yang baru melahirkan adalah dengan menawarkan bantuan untuk mengurus hewan peliharaan. 

Mungkin Mama bisa membantu membawa kucing-kucingnya ke salon hewan. Atau, mengajak anjingnya berjalan berkeliling. 

Hal sederhana ini bisa sangat membantu Mama yang sedang kerepotan mengurus bayi. Apalagi, belum banyak orang yang menawarkan bantuan seperti ini. Ia akan sangat senang dengan tawaran bantuan Mama. 

Banyak cara mudah dan sederhana untuk membantu para Mama baru melewati masa setelah melahirkan ini. Bantuan sederhana bisa membuat pertemanan Mama makin kuat dan hangat. 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.