Sst, Ini 4 Manfaat Bercinta Sebelum Menstruasi

Bisa mengurangi gejala PMS, Ma!

2 November 2020

Sst, Ini 4 Manfaat Bercinta Sebelum Menstruasi
Freepik

Seringnya, menjelang menstruasi adalah waktu yang tidak menyenangkan. Badan rasanya tidak enak dan perut pun sudah kram. Namun ternyata, ada beberapa manfaat bercinta sebelum mens. 

Menuju menstruasi, biasanya ada banyak keluhan yang dirasakan. Mulai dari sakit kepala, badan tidak enak, hingga sering badmood

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi keluhan tersebut adalah dengan bercinta. Nah, selain itu, masih ada banyak manfaat lain seperti yang disusun Popmama.com.

1. Mengurangi mood swing

1. Mengurangi mood swing
Freepik/lookstudio

Saat PMS, perempuan sering merasa kembung, sakit kepala, nyeri payudara dan suasana hati yang sering berubah. Mungkin terasa tidak tertarik untuk berhubungan seksual. 

Namun sebenarnya, ini bisa jadi jalan mudah mengurangi keluhan tersebut. Saat bercinta, kecemasan dan ketegangan bisa berkurang, sehingga respon tubuh terhadap stres pun bisa menurun. 

Saat terangsang dan orgasme, tubuh mengeluarkan hormon oksitosin tercipta dan membuat perasaan lebih ringan dan bahagia. 

Jika kamu sedang merasa sering kesal dan mudah emosi karena PMS, jangan ragu untuk mencoba bercinta. 

Editors' Picks

2. Mengurangi sakit kepala

2. Mengurangi sakit kepala
Freepik/tirachardz

Beberapa hari sebelum mens, biasanya perubahan hormon terjadi. Salah satu efeknya adalah sakit kepala. Hal ini tentu sangat mengganggu. 

Kadang, minum obat pereda nyeri pun tidak ada pengaruhnya. 

Salah satu cara menyenangkan yang bisa dicoba adalah bercinta dengan pasangan. Ketika bercinta dengan nikmat, tubuh melepaskan berbagai hormon seperti dopamine, endorfin, dan serotonin. 

Hal ini bisa menginduksi kenikmatan dan mengurangi rasa sakit kepala. 

3. Merasakan sesi bercinta yang lebih menggairahkan

3. Merasakan sesi bercinta lebih menggairahkan
Freepik/cookie_studio

Bagi sebagian perempuan, waktu sebelum menstruasi adalah saat ia merasa sering terangsang. 

Menurut Jennie Campbell Leslie, seorang ahli kandungan di Oregon Health and Science University di Portland, libido perempuan akan mencapai titik tertinggi selama masa subur dan selama ovulasi. Meski sebagian perempuan merasa tidak minat bercinta saat PMS, tidak begitu dengan sebagian perempuan lainnya. 

Jika kamu bercinta saat sedang mudah terangsang, maka sesi bercinta bisa lebih luar biasa dari biasanya. 

Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapat sesi bercinta yang luar biasa, ya!

4. Memperkecil kemungkinan hamil 

4. Memperkecil kemungkinan hamil 
freepik.com/maksymiv_yura

Jika kamu punya waktu mens yang teratur, maka bercinta sebelum menstruasi bisa jadi kontrasepsi alami untuk menunda punya momongan. 

Ini dikarenakan, pada masa sebelum mens merupakan waktu tidak subur sehingga kecil kemungkinannya untuk hamil. Jika kamu ternyata lupa menggunakan kondom atau terlewat minum pil dan berhubungan seksual dengan pasangan sebelum mens, mungkin tak perlu terlalu khawatir. 

Namun hal ini akan berbeda jika kamu punya waktu mens yang tidak teratur. Yang kamu anggap aman, bisa saja ternyata masih masa subur sehingga kemungkinan hamil masih tinggi. 

Jadi, pastikan terlebih dahulu, ya!

Itulah beberapa manfaat jika bercinta sebelum mens. Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.