9 Hal Baik yang Bisa Kamu Lakukan demi Bikin Orang Lain Bahagia

Yuk, bahagiakan orang-orang tersayang!

29 Desember 2019

9 Hal Baik Bisa Kamu Lakukan demi Bikin Orang Lain Bahagia
Pexels/the Coach Space

Apa pentingnya mengetahui hal yang bisa kamu kendalikan dalam kehidupan ini? Hal ini penting kaitannya pada kebahagiaan orang-orang di sekitar kita. 

Jika kamu bisa berperilaku baik kepada setiap orang yang kamu temui, ini tentu akan membuat hati orang tersebut senang. Jika ia mendapat kesenangan tersendiri setelah berinteraksi atau bertemu dengan kamu, dia pun akan membagikan rasa senangnya kepada orang lainnya lagi yang ia temui setelah.

Lebih baik mana, membuat orang lain merasa senang atau kesal? Tentu kamu ingin berbagi kesenangan kepada orang lain kan. 

Untuk itu kamu perlu mengetahui, hal baik apa saja yang bisa kamu kontrol demi menyenangkan orang lain di sekitar kamu.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum 9 hal baik yang bisa kamu lakukan!

1. Ketika kamu meminta tolong pada orang lain

1. Ketika kamu meminta tolong orang lain
Pexels/Jopwell

Meminta tolong dilakukan saat kamu butuh bantuan orang lain. Pastikan itu adalah hal yang memang tidak bisa kamu lakukan. Jika masih bisa dilakukan sendiri maka cobalah lakukan sendiri.

Gunakan kalimat yang baik dan jangan lupa ucapkan kata "Tolong" setiap kali meminta bantuan pada seseorang.

Dengan melakukan hal baik ini, kamu telah berlaku sopan dan membuat orang lain merasa nyaman.

2. Meminta maaf ketika kamu berbuat salah

2. Meminta maaf ketika kamu berbuat salah
Pexels/Bruce Mars

Tidak ada yang salah dengan meminta maaf. Jika kamu berbuat salah maka minta maaflah dengan orang yang kamu kecewakan. Ini akan memperbaiki  hubungan kamu dengan orang tersebut. 

Daripada berlama-lama dan membuang waktu, lebih baik segera katakan "Maaf" jika kamu melakukan kesalahan.

3. Ketika kamu menunjukkan rasa empati pada orang lain

3. Ketika kamu menunjukkan rasa empati orang lain
Pexels/Daria Shevtsofa

Empati adalah kondisi dimana kamu bisa ikut merasakan apa yang orang lain rasakan dan menunjukkan suatu sikap kepedulian. Ini adalah keadaan mental yang membuat seseorang merasa atau mengidentifikasi dirinya dalam keadaan perasaan atau pikiran yang sama dengan orang atau kelompok lain.

Saat menujukkan empati kepada orang lain, lakukan dengan apa adanya. Tidak berlebihan dan jangan berpura-pura! Lakukan dengan tulus. 

Editors' Picks

4. Akui jika melakukan kesalahan

4. Akui jika melakukan kesalahan
Pexels/Daniel Xavier

Orang lain sulit menerima jika kamu berbuat salah kemudian kamu malah menyalahkan orang lain. Segera akui jika kamu membuat kesalahan. Ini tidak akan menyakiti kamu. Tidak perlu enggan mengakui karena apapun yang terjadi kejujuran dari pengakuanmu itu akan membuat orang lain merasa lebih nyaman.

5. Mengekspresikan dengan baik hal yang membuatmu merasa terganggu

5. Mengekspresikan baik hal membuatmu merasa terganggu
Pexels/Jonathan Borba

Orang memiliki kesukaan yang berbeda-beda, begitu pun pada hal yang tidak disukainya. Tapi akan lebih baik jika kamu mengekspresikan hal yang tidak kamu sukai secara baik-baik.

Misal, kamu merasa terganggu jika di tempat publik ada yang merokok. Asap rokok bisa membuat kamu merasa tidak nyaman.

Utarakan pada orang yang merokok secara baik-baik. Mengingatkan atau memberitahukan sesuatu yang membuat kamu terganggu dengan kalimat yang baik tentu tidak akan menyakiti siapa pun.

6. Mendengarkan orang lain yang bicara padamu

6. Mendengarkan orang lain bicara padamu
Pexels/Daniel Xavier

Individualis, ini adalah sikap yang banyak ditunjukkan orang saat ini. Nampaknya mendengarkan orang lain bicara dan menatap mukanya terasa sulit bagi sebagian orang.

Biasakan untuk mendengarkan orang lain yang bicara padamu. Tatap wajahnya, ini akan membuatnya merasa dihargai. Dengan melakukan hal yang tepat saat berkomunikasi, ini akan membuat hubungan kamu dengan orang-orang di sekitarmu jadi lebih baik. 

Ini juga bisa membantu kamu minimalisir salah paham tentang informasi yang dibicarakan.

7. Perlakukan orang sebagaimana kamu ingin diperlakukan oleh orang lain

7. Perlakukan orang sebagaimana kamu ingin diperlakukan oleh orang lain
Pexels/Bruce Mars

Kamu pasti ingin diperlakukan dengan baik kan oleh orang-orang di sekitar kamu. Terutama oleh pasangan dan keluargamu. 

Jika kamu ingin mereka semua bersikap manis, maka perlakukan orang-orang terdekat sebagaimana kamu ingin diperlakukan dengan mereka. Ini adalah hal baik yang bisa kamu lakukan agar menyenangkan orang di sekitarmu.

8. Perlakukan orang lain dengan penuh kebaikan

8. Perlakukan orang lain penuh kebaikan
Freepik/Katemangostar

Hubungan kamu dan orang-orang di sekitar akan jadi lebih menyenangkan jika kamu memperlakukan mereka dengan penuh kebaikan. 

Kamu melakukannya bukan karena mereka baik hati, tetapi karena kamu memang baik dari dalam hatimu karena salah satu hadiah terbesar yang bisa kita berikan kepada orang lain adalah kebaikan. 

Jika seseorang membutuhkan, berikan bantuan. Jangan lakukan itu hanya untuk orang yang kamu sukai dan hormati, tetapi lakukan juga untuk orang-orang yang membuat kamu merasa disusahkan, atau "gila" karena apa yang telah mereka lakukan kepada kamu.

Tetaplah berbuat baik pada siapa pun itu bahkan mereka yang tidak kamu kenal. Kebaikan sejati terletak pada tindakan memberi tanpa harapan mendapatkan sesuatu sebagai balasannya.

9. Murah senyum

9. Murah senyum
Freepik/katemangostar

Daripada memperlihatkan wajah judes, kening berkerut dan mata sinis, lebih baik kamu berikan senyumanmu pada orang-orang di sekitarmu.

Inilah kebaikan sederhana yang bisa kamu lakukan tapi berdampak besar bagi orang lain.

Itulah 9 hal baik yang bisa kamu kendalikan dari dalam diri kamu dan akan menyenangkan bagi orang-orang di sekitar kamu. Dengan mengetahui hal tersebut, kamu pasti bisa memiliki hubungan yang lebih harmonis bersama orang-orang tersayang.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.