hanco

Lewat Lagu 'Seruling di Lembah Sunyi', SBY Kenang Ani Yudhoyono

Dengan aransemen musik dari Tohpati, SBY mengenang setengah tahun berpulangnya sang Istri

1 Desember 2019

Lewat Lagu 'Seruling Lembah Sunyi', SBY Kenang Ani Yudhoyono
Instagram.com/aniyudhoyono

Tak terasa enam bulan sudah Ani Yudhoyono berpulang, apalagi kepergian beliau menggoreskan rasa kehilangan yang begitu dalam oleh keluarga besar Yudhoyono dan seluruh rakyat Indonesia. 

Tepat enam bulan kepergiaan almarhumah dan ingin merawat kenangan dari Ani Yudhoyono, Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pun mengeluarkan sebuah lagu berjudul Seruling di Lembah Sunyi. Dengan arasemen musik dari Tohpati, lagu ciptaan V. Nanda Leimena menjadi indah dan memiliki makna mendalam saat dinyanyikan oleh SBY. 

Instagram dari almarhumah pun kembali aktif dengan mengunggah sebuah video dari Seruling di Lembah Sunyi, sekaligus memperlihatkan beberapa foto pemandangan yang sempat diabadikan oleh Ani Yudhoyono.  

Seruling di Lembah Sunyi untuk Istri Tercinta

Teman-teman followers yang baik,⁣

Hari ini, 1 Desember 2019 ~ tepat setengah tahun berpulangnya istri tercinta Ani Yudhoyono. Kepergiannya meninggalkan duka dan rasa kehilangan yang amat dalam bagi saya dan keluarga. Saya tahu, para sahabat almarhumah juga merasakan kehilangan itu.⁣

Melalui lagu "Seruling di Lembah Sunyi" ini saya ingin mengenang dan mengungkapkan rasa cinta saya yang abadi kepada sang belahan jiwa, yang kini berada di keabadiannya.⁣

Sebagai bentuk kasih sayang dan penghormatan kepada Ibu Ani, sejak hari ini, saya dan keluarga mengaktifkan kembali akun instagram ini dengan nama "Ani Yudhoyono In Memoriam". Insya Allah, kami akan terus melestarikan dan menghidupkan berbagai nilai (values), pemikiran dan "legacy" almarhumah. Semoga ini semua dapat menghidupkan kenangan manis dan mengobati kerinduan kita kepada almarhumah Ani Yudhoyono.⁣

Al-Fatihah.⁣

*SBY⁣*

Begitulah penjelasan dari SBY mengenai lagu ini yang dinyanyikan khusus untuk mengenang kepergian istri tercinta. Tak hanya SBY, beberapa anggota keluarga lain pun mengenang kepergian Ani Yudhoyono selama setengah tahun ini dengan berbagai cerita. 

Untuk yang penasaran, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

1. Ani Yudhoyono hadir ke dalam mimpi Aliya Rajasa 

1. Ani Yudhoyono hadir ke dalam mimpi Aliya Rajasa 
Instagram.com/ruby_26

Melalui ceritanya di Instagram, Aliya menceritakan kalau Ani Yudhoyono hadir ke dalam mimpinya semalam. Di mimpi tersebut terlihat kalau Aliya menangis tidak ingin mertuanya pergi lagi karena dirinya begitu rindu. 

"Pelukan Memo erat sekali, suaranya jelas terdengar di kuping kiriku karena eratnya pelukan itu. Fekapan hangat yang terasa nyata sampai ke lubuk hatiku. Perlahan aku berhenti menangis, melepas pelukan dan lalu Memo menyapa anak-anak yang berkerumun di depan.  Aku pun diminta mengikutinya menyapa dengan ramah ke semua orang yg ada di depan hingga aku melihat memo berjalan pergi," cerita Aliya. 

Ketika membuka mata dan menyadari hal tersebut mimpi, air mata pun turun dan Aliya pun Alfatihah. 

Memo hari ini tepat 6 bulan kepergianmu. Rasanya hari-hari berlalu bagai mimpi, kami semua belum tersadarkan diri dari mimpi panjang ini. Sering kali aku bicara sendiri tanpa ada suara Memo lagi, tetapi kemudian Memo menyapaku dalam mimpiku, seperti Memo memperhatikan dan menyimak apa yang terjadi di keseharian kami dan meresponnya lewat mimpi.

Ya Allah kalau ini caramu menyayangi kami sekeluarga, izinkan kami menjadi keluarga yg kekal abadi cintanya di Dunia dan Akhirat. Izinkan suamiku #EdhieBaskoroYudhoyono menjadi imam yang mampu membawa kami sekeluarga ke SurgaMu, menjadikan kami sekeluarga yang beriman, bertaqwa agar kami semua berbahagia di JannahMu. 

Amin YRA dengan penuh cinta, Aliya
Gunung Geulis, 1 Desember 2019
#MemoSelaluDiHati

Editors' Picks

2. Ulang tahun Annisa Pohan kali ini pertama kali tanpa Ani Yudhoyono

2. Ulang tahun Annisa Pohan kali ini pertama kali tanpa Ani Yudhoyono
Instagram.com/annisayudhoyono

20 November selalu menjadi hari bersejarah untuk Annisa Pohan. Setiap kali bertemu dengan tanggal tersebut, maka usianya pun akan bertambah. 

Melalui Instagram pribadinya, Annisa menceritakan bahwa ulang tahunnya kali ini benar-benar berbeda karena sang Mertua sudah tak ada lagi. Bahkan Annisa pun sempat menuliskan beberapa rutinitas yang seringkali dilakukan almarhumah setiap kali dirinya berulang tahun. 

Kemarin pertama kali ulang tahun tanpa Memo, biasanya:
1. Pagi-pagi sudah ada bunga besar.
2. Video call dan ucapan doa-doa.
3. Posting Video di IG @aniyudhoyono tentang aku dan ucapan serta doa untukku.
4. Seharian forward WA ucapan dari teman-teman Memo yang masuk melalui Memo.
5. Ingetin buka grup keluarga dan ingatkan untuk balas semua ucapan.
You are amazing Memokuu. I miss everything about you. These are all the photos from last year birthday with kisses from Memo here and there

"Izinkan Memo hadir di mimpi Annisa ya Rabb, ya Rahman, ya Rahim," pinta Annisa. 

Sebagai salah satu orang yang begitu dekat, Annisa ingin bertemu dengan sang Mertua walau hanya dalam mimpi. 

3. Edhie Baskoro Yudhoyono kembali mengingat masa-masa indah bersama sang Mama

3. Edhie Baskoro Yudhoyono kembali mengingat masa-masa indah bersama sang Mama
Instagram.com/ibasyudhoyono

Tagar #MemoSelaluDiHati dan #6MonthsMemoinMemory juga sempat dibagikan oleh Edhie Baskoro Yudhoyono atau yang dikenal dengan Ibas. Melalui foto-foto kenangannya bersama sang Mama, Ibas menyimpan semua momen indah di dalam hatinya sampai kapan pun. 

No matter what happens but some memories can never be replaced. Because sweet memories are timeless and are the treasures of the heart,” tulis Ibas.

Tak hanya membagikan kenangan-kenangan lama yang masih begitu terasa abadi, Ibas pun mendoakan agar almarhumah bisa kekal di sisi sang Pencipta. 

"InsyaAllah Memo Kekal di sisi Allah SWT, tenang, tentram, tersenyum, bahagia, diterima semua amal ibadah dan kebajikannya serta menjadi penghuni Surga dengan penuh kemuliaan *al fatihah untuk Almh. Kristiani Herrawati Binti Sarwo Edhie Wibowo. We Love You Always. #FlamboyanTelahPergi #SerulingMemoDiLembahSunyi," tambahnya. 

Itulah beberapa cerita setengah tahun kepergian dari keluarga almarhumah. Semoga yang ditinggalkan bisa terus diberikan keikhlasan. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!