Salah Lirik di Lagu Malaikat Juga Tahu, Glenn Fredly: Relakanku Pergi

Ada sebuah kenangan dari Glenn Fredly melalui lagu "Malaikat Juga Tahu" nih, Ma!

9 April 2020

Salah Lirik Lagu Malaikat Juga Tahu, Glenn Fredly Relakanku Pergi
Instagram.com/glennfredly309

Glenn Fredly dan Dewi Lestari sempat saling menyanyikan lagu yang sama berjudul Malaikat Juga Tahu dengan sangat indah.

Di tahun 2013 lalu, kumpulan cerita pendek "Rectoverso" karya Dewi Lestari atau lebih akrab dipanggil Dee diadaptasi menjadi sebuah film. 

Lima dari sebelas cerita pendek milik Dee semakin berkembang karena diangkat ke dalam media film layar lebar. 

Dalam soundtrack film Rectoverso, Glenn tampil menyanyikan ulang lagu Malaikat Juga Tahu dengan versinya sendiri. 

Lagu ini diangkat dari cerita pendek yang sama dengan judulnya. Malaikat Juga Tahu menceritakan tentang seorang Mama yang sedang menghadapi situasi sulit ketika anaknya yang autis seorang pemuda yang dipanggil Abang serta anak bungsunya, sama-sama jatuh cinta kepada perempuan yang sama.

Dalam lagu Malaikat Juga Tahu yang dinyanyikan oleh Glenn, penghayatannya setiap lirik di lagu tersebut semakin terasa sangat mendalam. Hanya dengan kekuatan vokal dan piano, lagu Malaikat Juga Tahu versi Glenn benar-benar memiliki kualitas yang berbeda dibandingkan versi aslinya. 

Sebagai pencipta lagu, Dee mengaku sempat menyimpan rasa protes kepada Glenn karena telah salah menyanyikan lirik di lagu Malaikat Juga Tahu

Bagi seorang lirikus, Dee mengatakan bahwa itu menjadi sebuah persoalan besar karena mengubah sebuah makna. Meskipun begitu, interpretasi Glenn atas lagu Malaikat Juga Tahu seolah menjadi pembungkus yang sempurna untuk sebuah film berjudul Rectoverso.

Jika Mama ingin mengetahui isi hati dari Dewi Lestari dan fakta dibalik lagu Malaikat Juga Tahu versi milik Glenn Fredly, kali ini Popmama.com telah merangkumnya.

Editors' Picks

1. Dewi Lestari menyimpan rasa ingin protes ke Glenn Fredly 

1. Dewi Lestari menyimpan rasa ingin protes ke Glenn Fredly 
Instagram.com/deelestari

Lagu Malaikat Juga Tahu yang dinyanyikan ulang oleh Glenn Fredly membuat Dewi Lestari ingin protes karena ada perubahan lirik. 

Ada satu protes saya yang lama tersimpan untuk Kaka Glenn. Di versi lagu Malaikat Juga Tahu yang Kaka Glenn bawakan, ada lirik yang Kaka Glenn salah nyanyikan yakni “relakanku pergi” padahal seharusnya “melarangku pergi”. 

Menurut Dee, bagi seorang lirikus ketika sebuah lirik lagu diubah tentu menjadi persoalan yang besar. Hal ini dikarenakan pesan lagu pun akan bergeser, cerita jadi terdeviasi dan sebagian pendengar justru akan lebih hapal lirik yang keliru. 

"Namun, entah kenapa, protes itu seperti tak punya kesempatan untuk disampaikan. Tiap kali kita bertemu, yang diobrolkan selalu hal lain. Mungkin juga karena saya pelupa. Namun, dari titik ini, titik di mana Kaka Glenn selamanya pergi. Saya bersyukur akan sebaris lirik yang berbeda itu," kata Dee. 

Dee mengatakan bahwa kesalahan lirik yang dilakukan oleh Glenn tersebut seolah mempunya ciri khas tersendiri untuk lagu Malaikat Juga Tahu

"Menjadi memori tak terlupakan bagi saya. Menjadi penanda unik dalam relasi kita," ucap Dee. 

Lagu Malaikat Juga Tahu seolah menjadi kenangan unik yang terjadi pada Dee dan Glenn Fredly, bahkan tak akan lekang oleh waktu karena lagunya tetap abadi. 

2. Kesalahan lirik saat dinyanyikan seolah menjadi sebuah pesan 

2. Kesalahan lirik saat dinyanyikan seolah menjadi sebuah pesan 
Popmama.com/Fx Dimas

Kesalahan lirik yang dinyanyikan oleh Glenn dari “relakanku pergi”, padahal seharusnya “melarangku pergi” seolah menjadi sebuah tanda tersendiri. 

"That wrong lyric now sounds like a departing message," ucap Reza Gunawan di kolom komentar Instagram istrinya. 

Unggahan dari Dee ini cukup ramai dikomentari oleh warganet yang tentunya masih berduka atas kepergian Glenn. 

"Kirain memang disengaja liriknya beda karena lirik itu yang bikin lagu ini tambah menohok hehe," ucap @putriwidiatmoko. 

Dee pun menjelaskan di kolom komentarnya kalau saat lagu tersebut rilis memang tidak ada konfirmasi kalau itu dilakukan sengaja atau tidak. 

"Sebetulnya baris itu membuat ceritanya jadi kontradiktif, but again, it’s gonna be a treasured memory forever," ucap Dee. 

Walau sempat ingin protes, namun Glenn seolah memberikan pesan untuk Dewi Lestari dan para pecinta lagu Malaikat Juga Tahu versi miliknya. 

Saya menyimpulkan: you’re one of a kind

Bakat, olah rasa dan semangatmu berkarya akan menjadi inspirasi bagi banyak manusia Indonesia hingga bertahun-tahun ke depan. I hope you know that. Mengutip apa yang dikatakan Reza Gunawan di kolom komentar, lirik versimu menjadi terdengar sebagai salam perpisahan.

Farewell, Kaka Glenn. Rest in peace.

3. Reza Gunawan mengingatkan bahwa kematian perlu dirangkul karena telah mengajarkan tentang sebuah kehidupan

3. Reza Gunawan mengingatkan bahwa kematian perlu dirangkul karena telah mengajarkan tentang sebuah kehidupan
Instagram.com/deelestari

Kabar duka dari Glenn Fredly yang tutup usia pada hari Rabu (8/4/2020) telah membuat banyak orang ikut berduka. Tak jarang banyak di antara mereka seolah memusuhi kematian serta sebuah perpisahan. 

"Sudah begitu lama kita hidup dalam budaya memusuhi kematian, seolah kematian adalah suatu petaka yang mampu kita hindari," ucap Reza Gunawan di salah satu unggahannya. 

Menurut Reza, di masa seperti ini seharusnya kematian membantu semua orang untuk merenung. Setidaknya merenungkan kembali tentang hubungan kita sendiri dalam menyikapi setiap kematian. 

Tentang apa artinya dan tentang bagaimana bila kita dihadapkan begitu dekat di hadapan pintu kematian.

Berbagai kepercayaan membujuk kita untuk yakin tentang 1001 hal berbeda yang akan dilalui setelah kematian, namun sungguh kita tidak benar-benar tahu, atau bisa jadi kita tidak benar-benar ingat.

Yang kita bisa benar-benar tahu dan benar-benar ingat adalah hidup ini begitu singkat, sementara dan berharga. Seringkali hanya kematianlah yang mampu mengajarkan kita bagaimana caranya hidup.

Reza pun berdoa untuk semua orang yang telah berpulang dapat beristirahat dengan tenang. 

"Tidak ada yang tahu pasti ke mana perjalanan berikutnya, namun berangkatlah dengan bekal segenap doa dan kasih sayang dari kami dan mereka yang tersentuh oleh kehadiranmu, oleh karyamu dan oleh hati baikmu," ucap Reza. 

Sebelum pergi untuk selama-lamanya, Glenn sempat mengatakan tertarik dan ingin belajar mengenai meditasi kepada Reza. Hanya saja, takdir telah berkata lain. 

"Rest in love, Glenn Fredly. Hiburlah dan temani juga jiwa-jiwa lain yang telah berpulang sebelum kami semua di sana," tutupnya. 

Itulah beberapa cerita dari Dewi Lestari mengenai lagu Malaikat Juga Tahu serta penjelasan dari Reza Gunawan terkait berdamai dengan kematian. 

Sekali lagi, selamat jalan untuk Glenn Fredly! Semoga karya serta sosokmu bisa selalu menginspirasi dan teladan hidup banyak orang terutama para generasi muda di Indonesia.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.