Tips Mengatasi Tantangan saat Bangun Relasi Sehat dengan Pasangan

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi tantangan saat bangun relasi sehat, lho

10 Januari 2024

Tips Mengatasi Tantangan saat Bangun Relasi Sehat Pasangan
Freepik/teksomolika

Bagi mereka yang sudah menikah, tentu menginginkan hubungan suami istri yang memiliki relasi sehat. Perlu kamu ketahui, relasi yang sehat, termasuk dalam pernikahan, tidak serta merta ada. Dalam hal ini, kamu dan pasangan perlu mengusahakan relasi yang sehat.

Dalam acara Menjadi Manusia Talks pada Sabtu (23/12/2023), Disya Arinda yang merupakan Clinical Psychologist and Trauma Specialist menjelaskan bahwa mutual respect, trust, acceptance, honesty, dan communication menjadi karakteristik dari relasi sehat.

Selain itu, menurut Disya, komitmen juga menjadi hal yang penting dari relasi sehat di pernikahan. Kata Disya, bentuk komitmen di sini adalah benar-benar dari perilaku atau sikap yang memang bertujuan untuk mempertahankan hubungan.

Akan tetapi, dalam membangun relasi yang sehat dengan pasangan tentu bukanlah hal yang mudah seperti membalikkan telapak tangan. Bisa saja ada tantangan yang datang di saat kamu dan pasangan tengah membangun relasi sehat.

Kali ini Popmama.com telah menyiapkan rangkuman tips mengatasi tantangan saat bangun relasi sehat dengan pasangan dari Disya Arinda.

Simak beberapa tipsnya berikut ini, yuk!

1. Kamu perlu mendiskusikan sesuatu bersama pasangan saat ada tantangan

1. Kamu perlu mendiskusikan sesuatu bersama pasangan saat ada tantangan
Freepik

Saat dijumpai, Disya Arinda tidak menampik bahwa akan ada banyak tantangan pada saat menciptakan relasi yang sehat di pernikahan. Meski demikian, Disya mengingatkan bahwa pada saat ada tantangan, pasangan perlu melakukan diskusi bersama.

"Artinya ketika ada tantangan, kita perlu untuk mendiskusikan ke pasangan. Kita melihatnya itu karena kita adalah satu tim, bukan me versus you. Jadi, kalau misalnya ada masalah, itu bukan siapa yang paling benar. Kalau bisa dihindari yang seperti itu," katanya.

2. Kamu dan pasangan perlu menyelesaikan permasalahan sebagai satu tim

2. Kamu pasangan perlu menyelesaikan permasalahan sebagai satu tim
Freepik/tirachardz

Disya menegaskan bahwa dalam menciptakan relasi yang sehat, kamu dan pasangan juga perlu menyelesaikan masalah yang ada sebagai satu tim. Dia mengingatkan, sebaiknya hindari untuk mencari siapa yang paling benar.

"Karena sebenarnya kalau kita ada masalah, penyelesaian itu adalah kita itu satu tim. Jadi, kita versus masalah ini, bukan saya versus suami saya atau saya versus istri saya," katanya.

"Sebenarnya di relasi yang sehat, ketika ada masalah atau ada tantangan itu kita diskusikan berdua. Kira-kira point of view masing-masing seperti apa, dan bagaimana kita bareng-bareng menjalaninya, menyelesaikan masalah ini tanpa harus menyudutkan satu sama lain," sambungnya.

3. Kamu dan pasangan juga perlu menyatukan tujuan dalam ikatan pernikahan

3. Kamu pasangan juga perlu menyatukan tujuan dalam ikatan pernikahan
Freepik/cookie_studio

Selain berdiskusi dan bekerja sama sebagai satu partner, Disya menjelaskan bahwa untuk mengatasi tantangan yang ada saat menciptakan relasi sehat dalam pernikahan, pasangan juga perlu menyatukan tujuan mereka tentang pernikahan.

"Nggak kalah penting adalah satukan tujuan sih dari pernikahan itu karena gini, kalau misalnya ada tantangan, mau belok-belok ke mana pun kalau tujuannya sama, values-nya sama, itu bakal nyampe juga," kata Disya.

"Tapi kalau misalnya pasangan ini tuh memaksa untuk jalan bareng, tapi nggak ada tujuan yang sama, nggak ada tujuan yang jelas, mau ke kanan, mau ke kiri itu hanya akan menjadi konflik. Karena kita nggak tahu mau ke mana, yang satu penginnya begini, yang satu penginnya begitu," sambungnya.

Kondisi itu tak bisa dibiarkan dalam jangka panjang, pasalnya Disya menjelaskan masalah yang datang bisa semakin besar dan menantang. Oleh karena itu, jika pasangan tidak memiliki tujuan yang sama, hal itu bisa membuat mereka kalah dengan masalah yang ada.

"Pada akhirnya masalah mungkin akan semakin kompleks, semakin besar, semakin menantang gitu ya, tapi tujuannya nggak ada. Itu jadi yang bikin kita lose biasanya," pungkasnya.

Jadi, itulah deretan tips mengatasi tantangan saat bangun relasi sehat dengan pasangan yang telah dibagikan oleh Disya Arinda. Rangkuman tips ini bisa menjadi informasi berharga untuk mengatasi tantangan saat membangun relasi sehat dengan pasangan.

Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma.

Baca juga:

The Latest