5 Cara Berbaikan Kembali dengan Suami setelah Bertengkar

Biasanya pasangan suami istri jadi merasa canggung satu sama lain setelah bertengkar

6 Mei 2021

5 Cara Berbaikan Kembali Suami setelah Bertengkar
Freepik/pressfoto

Terkadang perbedaan pendapat atau kesalahpahaman yang sepele bisa memicu perkelahian besar dalam rumah tangga. Hal ini sebetulnya normal. Sebuah pertengkaran dipercaya dapat menguatkan hubungan antara suami istri

Namun, biasanya setelah bertengkar, pasangan suami istri akan merasa canggung satu sama lain. Tak jarang banyak juga yang bingung memikirkan cara yang tepat untuk berbaikan kembali. Pasalnya, butuh pengertian dan kesabaran untuk mendekati pasangan setelah terjadi pertengkaran yang hebat. 

Nah, jika Mama ingin tahu bagaimana cara berbaikan kembali dengan suami setelah bertengkar. Dilansir dari Times of India, kali ini Popmama.com telah merangkum tipsnya. 

Disimak ya, Ma! 

1  Melihat dari sudut pandang pasangan kita 

1  Melihat dari sudut pandang pasangan kita 
Freepik/svetlanasokolova

Setelah bertengkar hebat, cobalah meluangkan waktu Mama untuk berpikir dan memahami mengapa suami bisa marah. Apakah Mama melakukan kesalahan yang bisa membuatnya marah? 

Cobalah memahami dan melihat dari sudut pandang pasangan. Dengan begitu, Mama akan menemukan akar penyebab dari masalah yang sedang terjadi dan bisa diselesaikan bersama.

Editors' Picks

2. Mulailah mengucapkan kata maaf terlebih dahulu

2. Mulailah mengucapkan kata maaf terlebih dahulu
Freepik

Minta maaf terlebih dahulu tak akan membuat Mama dipandang rendah atau diremehkan kok. Meminta maaf dapat membantu menenangkan situasi dengan cepat. Kalau Mama meminta maaf dengan tulus, pasti suami akan luluh dan minta maaf juga pada Mama.

Oleh karenanya, jangan ragu atau gengsi untuk mengucap kata maaf terlepas dari siapapun yang salah di antara kalian.

3. Jangan mengungkit pertengkaran lagi 

3. Jangan mengungkit pertengkaran lagi 
Pexels/olly

Setelah meminta maaf dan ketegangan mulai menurun di antara kalian. Jangan pernah mengungkit pertengkaran yang baru saja terjadi ya, Ma. Contohnya saja menuduh atau menyalahkan sikap suami karena dapat memicu pertengkaran kembali.

Kalau begini, bisa-bisa kalian saling menyulut emosi dan hubungan menjadi renggang. Sebaiknya, mulailah membicarakan hal-hal yang positif saja dan merencanakan apa yang akan kalian lakukan selanjutnya. 

4. Jangan ragu untuk mengungkapkan kata cinta 

4. Jangan ragu mengungkapkan kata cinta 
Freepik/cookie_studio

Agar hubungan kalian tidak merenggang setelah bertengkar. Sebaiknya Mama menunjukkan rasa cinta untuk suami dengan lebih sering dari biasanya. 

Hal ini akan membuatnya merasa spesial dan berharga. Tak perlu bingung, ungkapkan rasa cinta Mama dengan memberikan bentuk-bentuk perhatian kecil. Contohnya saja memasak makan malam kesukaan suami atau memijit pundaknya setelah ia lelah bekerja. 

Caranya memang sederhana, namun bisa bermakna. 

5. Habiskan lebih banyak waktu bersama pasangan 

5. Habiskan lebih banyak waktu bersama pasangan 
Freepik

Jika Mama dan suami baru saja bertengkar hebat, cobalah kesampingkan dulu hal-hal lain dan fokus pada satu sama lain. Penting untuk meluangkan waktu dan menikmati kebersamaan di antara kalian berdua. 

Lakukan hal-hal yang membutuhkan banyak interaksi dan membuat kalian sibuk. Misalnya saja mengerjakan tugas rumah tangga, memasak bersama atau olahraga. 

Nah Ma, itulah beberapa cara untuk berbaikan kembali setelah bertengkar. Semoga beberapa cara di atas bisa membantu hubungan Mama dan Papa semakin harmonis ya. 

Baca Juga

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.