10 Cara Menghindari Perceraian dalam Kehidupan Berumah Tangga

Jika mau sama-sama berjuang, pernikahan ini masih bisa diselamatkan

20 Juni 2021

10 Cara Menghindari Perceraian dalam Kehidupan Berumah Tangga
Freepik/tirachardz

Membangun hubungan pernikahan yang bahagia tentunya bukan perkara mudah. Selain cinta, juga dibutuhkan pengertian dan pengorbanan yang tulus antara suami istri. 

Namun, terkadang konflik yang menerpa silih berganti mampu meruntuhkan kokohnya fondasi rumah tangga yang dibangun sejak lama. Akibatnya perceraian pun tak dapat dihindari. 

Sebaiknya Mama dan Papa tidak mengambil kesimpulan dengan gegabah. Jika sama-sama berjuang, pernikahan ini sebetulnya masih bisa diselamatkan dan perceraian dapat dihindari. 

Mengutip dari Bright Side, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa tips menghindari perceraian agar hubungan suami istri tetap harmonis dan langgeng.  

Disimak ya Ma! 

1. Jangan menyepelekan masalah kecil 

1. Jangan menyepelekan masalah kecil 
huffingtonpost.com

Tidak peduli seberapa kecil dan remehnya suatu masalah yang terjadi, sebaiknya jangan disepelekan. Masalah kecil akan berkembang menjadi besar, bahkan bisa memupuk kebencian di antara pasangan suami istri

Selain itu, saat terjadi perselisihan, kalian cenderung akan mengungkit-ungkin masalah lama yang belum terselesaikan. Oleh karenanya, sebaiknya jika ada masalah sekecil apapun harus segera diselesaikan. 

2. Diskusikan kebutuhan satu sama lain 

2. Diskusikan kebutuhan satu sama lain 
Freepik/ArthurHidden

Alangkah baiknya jika suami istri bisa mengkomunikasikan setiap kebutuhan dan keinginannya. Hal ini untuk memastikan bahwa kalian saling memahami dan tidak ada rahasia apapun yang disembunyikan. 

Penting untuk mengetahui kebutuhan diri sendiri dan suami. Diskusikan hal-hal seperti apa yang kalian butuhkan dan inginkan, serta hal yang disukai dan tak sukai. 

3. Rutin memberikan perhatian kecil

3. Rutin memberikan perhatian kecil
Freepik/katemangostar

Jangan lupakan perhatian kecil dalam hubungan pernikahan. Misalnya membuatkan kopi untuk suami setiap pagi atau memijat pundaknya saat ia lelah bekerja. Bentuk perhatian kecil itu memang tak seberapa, namun cukup untuk membuat pasangan kita tersenyum. 

Perhatian kecil dapat meningkatkan kualitas pernikahan. Namun sayang, pasangan yang sudah lama hidup bersama biasanya banyak yang sudah jarang melakukan hal ini.

Mulai sekarang, cobalah untuk kembali memberikan perhatian untuk suami

4. Menghabiskan 15 menit setiap hari dengan pasangan 

4. Menghabiskan 15 menit setiap hari pasangan 
Freepik

Menghabiskan waktu yang berkualitas bersama pasangan menjadi salah satu kunci pernikahan yang sukses dan bahagia. Bahkan hanya 15 menit sehari saja sudah cukup.

Asalkan dalam jangka waktu singkat tersebut, kalian tulus memberikannya untuk satu sama lain. Selama 15 menit, lakukan hal-hal sederhana seperti mengobrol atau memberi sentuhan fisik ringan. 

Editors' Picks

5. Memuji pasangan di depan umum

5. Memuji pasangan depan umum
Freepik

Pujilah pasangan kita di depan teman, rekan kerja atau anggota keluarga. Pujian ini merupakan bentuk penghargaan atas usaha dan jerih payahnya sebagai kepala keluarga. 

Setiap orang tentunya suka dihargai. Hal ini akan membuat mereka tersentuh. Namun, sebelumnya pastikan dulu apakah ia nyaman saat dipuji di depan banyak orang. 

6. Cintailah pasangan dengan cara yang membuat mereka nyaman 

6. Cintailah pasangan cara membuat mereka nyaman 
Freepik

Setiap orang memiliki preferensi tersendiri dalam mengungkapkan dan menerima perasaan cinta. Mama mungkin menganggap sebuket bunga mawar dan cokelat sangat romantis. Namun, suami mungkin tidak berpikir demikian. 

Cari tahu apa yang disukai suami dan hal-hal apa yang romantis baginya, sehingga Mama bisa memberikan cinta yang pantas mereka dapatkan. 

7. Jangan malas merawat diri dan menjaga penampilan 

7. Jangan malas merawat diri menjaga penampilan 
Freepik/cookie_studio

Hanya karena kalian telah hidup bersama selama bertahun-tahun, bukan berarti Mama berhenti merawat diri dan menjaga penampilan. 

Meskipun suami akan mencintai Mama apa adanya. Penting untuk menunjukkan kepadanya bahwa setiap perempuan masih ingin terlihat cantik dan menarik di mata suaminya. 

8. Nikmati waktu berkualitas saat sedang tidak bersama pasangan 

8. Nikmati waktu berkualitas saat sedang tidak bersama pasangan 
Freepik/gpointstudio

Tentunya bagus untuk melakukan berbagai kegiatan bersama yang kalian nikmati. Hal ini menunjukkan bahwa, kalian saling peduli dan nyaman saat menghabiskan waktu bersama.

Namun di sisi lain, ada baiknya untuk berpisah sejenak dari pasangan dan menikmati waktu sendiri. Lakukan hal-hal yang Mama sukai.

Temukan hobi baru dan bergaul dengan teman-teman. Untuk membangun hubungan yang sehat, tentunya diperlukan kesimbangan. 

9. Menjadi sahabat terbaik untuk satu sama lain 

9. Menjadi sahabat terbaik satu sama lain 
Freepik

Pernikahan bukan hanya sekadar hubungan asmara. Namun, persahabatan pun harus ada di dalamnya. Sebab, persahabatan adalah dasar dari pernikahan yang bahagia

Sebagai sahabat dan pasangan, kalian bisa saling menghargai dan menikmati waktu bersama. Kalian juga sangat mengenal dan memahami satu sama lain dengan baik, seperti apa saja hal-hal yang disukai, tidak disukai, kebiasaan, kepribadian, harapan serta impian masing-masing. 

10. Ungkapkan bahwa Mama sangat mencintai dan menghargainya sebagai suami 

10. Ungkapkan bahwa Mama sangat mencintai menghargai sebagai suami 
Freepik/master1305

Jangan ragu untuk mengungkapkan kalimat cinta setiap hari, apakah itu di pagi hari atau malam sebelum tidur. Hal ini dapat membuat pasangan kita bahagia dalam menjalani harinya. 

Kata-kata yang penuh kasih, sentuhan ringan serta bentuk perhatian kecil hal lain sangat penting untuk menjaga kualitas hubungan pernikahan

Nah Ma, itulah beberapa tips menghindari perceraian dalam kehidupan berumah tangga. Semoga hubungan Mama dan Papa selalu harmonis serta langgeng selalu ya! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.