Anies Baswedan Meresmikan RS Ukrida Menjadi Rujukan Pasien Covid-19

RS Ukrida menjadi rumah sakit pertama di Indonesia dengan bentuk kolaborasi tripartit

12 Januari 2021

Anies Baswedan Meresmikan RS Ukrida Menjadi Rujukan Pasien Covid-19
Instagram/aniesbaswedan

Pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Indonesia semakin meningkat. Salah satu yang pemerintah lakukan untuk menangani pasien Covid-19 ini, yaitu menambah rumah sakit rujukan agar semakin terkendali.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Rumah Sakit Ukrida di Kebon Jeruk, Jakarta sebagai lokasi rujukan bagi pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Peresmian ini sesuai dengan Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 14 tahun 2021 mengenai Perubahan Ketiga atas Keputusan Gubernur Nomor 378 tahun 2020 tentang Rumah Sakit Rujukan Penanggulangan Covid-19.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum terkait rumah sakit rujukan pasien Covid-19.

Editors' Picks

1. Rumah sakit rujukan Covid-19 di DKI Jakarta

1. Rumah sakit rujukan Covid-19 DKI Jakarta
Facebook.com/Rumah Sakit Ukrida

Perlu Mama ketahui bahwa sampai saat ini sudah ada 101 rumah sakit rujukan untuk pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19.

RS Ukrida yang baru diresmikan oleh Anies ini menjadi rumah sakit pertama di Indonesia dalam bentuk kolaborasi tripartit untuk menangani pasien Covid-19. Rumah sakit ini merupakan gabungan dari Ukrida, PT Pertamina Bina Medika, dan Pemprov DKI.

Anies berharap dengan adanya penambahan rumah sakit rujukan, maka kasus pasien Covid-19 akan mengalami penurunan.

2. Fasilitas kesehatan akan kalah dengan kecepatan penyebaran virus corona

2. Fasilitas kesehatan akan kalah kecepatan penyebaran virus corona
Freepik/davit85

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menjelaskan bahwa penyebaran virus ini lebih cepat dibandingkan dengan tersedianya fasilitas kesehatan.

Namun, perlu Mama ketahui bahwa di RS Ukrida sudah siap menangani pasien Covid-19 dengan kapasitas tempat tidur sebanyak 240. Rumah sakit ini juga memiliki peralatan untuk pasien, seperti mesin HD, Cath Lab, Radiologi Konversional, dan CT-Scan.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memberitahukan bahwa tenaga medis akan dipersiapkan dalam dua tahap. Tahap pertama sudah ada 274 tenaga medis dari RS Ukrida dan Pertamina Bina Medika (PBM) IHC, serta 168 orang dari PPSDM. Pada tahapan kedua akan mempersiapkan tenaga medis sebanyak 459 orang.

3. Masyarakat diimbau tetap menerapkan protokol kesehatan

3. Masyarakat diimbau tetap menerapkan protokol kesehatan
Freepik/tonefotografia

Pemerintah tetap mengimbau masyarakat untuk selalu displin mematuhi protokol kesehatan. Ketaatan dan kedisiplinan masyarakat akan menjaga penyebaran Covid-19 merupakan suatu hal yang sangat penting dalam membantu pemerintah.

Meskipun fasilitas kesehatan sudah ada dan dikabarkan vaksin segera dilakukan, tetap protokol kesehatan menjadi sesuatu yang penting diterapkan dalam keluarga maupun lingkungan sekitar.

Itulah beberapa informasi mengenai RS Ukrida yang saat ini sudah diresmikan menjadi rumah sakit rujukan Covid-19. Yuk bantu pemerintah untuk memutus penyebaran virus ini. Tetap jaga kesehatan dan selalu menerapkan protokol kesehatan dimana pun ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.