6 Permainan 17 Agustusan Ini Seru Untuk Dimainkan Bersama Keluarga

Ternyata ada banyak permainan 17 Agustusan yang seru untuk dimainkan bersama keluarga

16 Agustus 2018

6 Permainan 17 Agustusan Ini Seru Dimainkan Bersama Keluarga
ppisouthampton.org/Annisa Aulia Handika

Mempringati momen kemerdekaan tanpa adanya sebuah perlobaan rasaanya memang akan terasa ada yang kurang.

Bagaimana tidak Ma, hampir seluruh penjuru daerah di Indonesia menyambut momen 17 Agustus dengan memasang pernak-pernik kemerdekaan dan juga menggelar berbagai macam perlombaan yang menarik.

Bendara merah putih juga berkibar dimana-mana. Ini semakin menyemarakkan perayaan HUT RI. 

Mama yang berencana mengadakan lomba 17-an dengan keluarga? Berikut Popmama.com sebutkan beberapa permainan yang bisa menjadi pilihan:

1. Balap karung

1. Balap karung
illawarramercury.com.au/

Lomba balap karung rasanya harus Mama masukkan ke dalam permainan yang Mama gelar di perayaan 17 Agustus nanti. Sebab, lomba ini terbilang bisa diikuti oleh anak-anak dan juga dewasa. Mainan ini tampaknya akan membuat suasana lomba 17-an bersama keluarga menjadi ramai dan penuh dengan tawa. 

2. Makan kerupuk

2. Makan kerupuk
fabulousubud.com

Ini merupakan lomba 17 Agustus yang begitu melegendaris Ma. Ya, hampir setiap tempat turut memasukkan lomba makan kerupuk ke dalam daftar perlombaan yang digelar dalam menyambut hari kemerdekaan.

Lomba makan kerupuk juga menjadi salah satu permainan yang menarik perhatian si Kecil lho Ma.

3. Tarik tambang

3. Tarik tambang
IDN Times/jadiberita

Jika Mama merencanakan adanya kumpul keluarga besar di hari kemerdekaan, yuk adakan lomba tarik tambang. Mama hanya perlu menyiapkan tali tambang yang panjang dan gelar permainan kecil-kecilan antara keluarga di halaman belakang ataupun halaman depan.

Dari tahun ke tahun, memang tarik tambang ini menjadi permainan yang paling khas untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia. Lomba tarik tambang akan membuat acara 17-an menjadi lebih riuh dan ramai. 

Editors' Picks

4. Memasukkan pensil ke dalam botol

4. Memasukkan pensil ke dalam botol
englishtips4u.com

Permainan ini terbilang cukup sederhana Ma. Mama hanya perlu menyiapkan pensil, benang kasur, dan botol beling bekas sebagai wadah untuk memasukkan pensil.

Lomba yang cukup digemari anak-anak ini memang cukup sederhana, namun memasukkan pensil ke dalam botol bekas dengan posisi layaknya sedang squat bukanlah hal yang mudah. Siap-siap tenaga sedikit berkuras ya Ma.

5. Menempel bagian- bagian wajah

5. Menempel bagian- bagian wajah
en.jclischool.com

Ini juga bisa menjadi permainan seru untuk keluarga Ma. Mama bisa membuat bentuk wajah di papan atau kertas yang ukurannya agak besar dan buat potongan-potongan mata, hidung, alis, mulut untuk ditempelkan.

Tutup mata para pemain dan permainan seru menempelkan bagian-bagian wajah ini akan membuat peringatan 17 Agustusan menjadi lebih seru.

6. Tebak kata

6. Tebak kata
Popmama.com/Novy Agrina

Bagi Mama yang ingin menggelar lomba kecil-kecilan di dalam ruangan permainan tebak kata bisa menjadi pilihan. Pasangkan satu orang dewasa dengan satu anak agar permainan lebih seru.

Biarkan si anak mengarahkan kata apa yang harus ditebak sehingga lomba tebak kata akan semakin seru.

Jangan memilih kata-kata yang susah ya Ma agar anak tidak kebingungan dalam mengarahkannya sehingga lomba tetap dapat berjalan dengan seru.

Itu dia Ma 6 permainan 17 Agustusan yang seru untuk dimainkan bersama keluarga nanti. Kira-kira, permainan mana yang akan Mama pilih dan menjadi favorit keluarga?

Baca juga: 7 Film Ini Bisa Jadi Inspirasi Bagi Pasangan Suami Istri!