6 Amalan Ringan Berpahala Besar dalam Pernikahan

Praktikan amalannya agar mendapatkan berkah dan pahala

26 Januari 2024

6 Amalan Ringan Berpahala Besar dalam Pernikahan
Unsplash/Harli Marten

Membangun hubungan dalam rumah tangga memang bukan perkara mudah. Kadang kala ada banyak peristiwa yang berpotensi memecah hubungan harmonis tersebut. Itu sebabnya setiap pasangan perlu dibekali dengan ilmu, sehingga bisa mengarungi bahtera rumah tangga bersama orang tersayang hingga ajal memisahkan. 

Dalam Islam, ada beberapa amalan dalam pernikahan yang bisa dipraktikan oleh setiap suami istri, yang diyakini bisa mendatangkan pahala serta keberkahan. Dengan mempraktikan amalan-amalan tersebut, bukan tidak mungkin dapat membuat hubungan rumah tangga semakin erat. 

Berikut Popmama.com telah merangkum amalan ringan berpahala dalam rumah tangga dari berbagai sumber.

1. Ibadah kepada Allah Ta'ala

1. Ibadah kepada Allah Ta'ala
Pexels/Mikhail Nilov

Ada banyak amalan yang bisa dilakukan pasangan suami istri saat sedang berada di rumah, di antaranya beribadah kepada Allah Ta'ala.

Tentu beribadah memang merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Akan tetapi ada ibadah yang bersifat wajib dan sunah. Namun, akan lebih baik jika melaksanakannya dua-duanya. 

Beberapa amalan yang bisa dilakukan oleh sepasang suami istri seperti melaksanakan ibadah wajib dan sunah di rumah, memperbanyak zikir serta membaca Al-Qur'an. 

2. Berbuat baik kepada tetangga

2. Berbuat baik kepada tetangga
Freepik

Nabi Muhammad SAW mengajarkan kepada umatnya bahwa ketika sedang membuat masakan untuk memperbanyak kuahnya. Tujuannya agar dapat diberikan kepada tetangga yang mencium bau masakan tersebut. 

Dalam ajaran Islam, saling berbagi dan menghormati tetangga adalah bagian dari amal ibadah yang tak bisa dianggap sepele. Sebab bagi Rasulullah, hal tersebut memiliki pahala yang besar. Sebagaimana hadis riwayat Abdullan bin Amr ra, bahwa Nabi SAW bersabda:

"Sebaik-baiknya sahabat di sisi Allah adalah merka yang paling baik kepada sahabatnya dan sebaik-baik tetangga di sisi Allah adalah meraka yang paling baik kepada tetangganya," - (HR at-Tirmidzi)

Editors' Pick

3. Doa agar rumah tangga bahagia

3. Doa agar rumah tangga bahagia
Pexels/Mikhail Nilov

Dalam ajaran Islam, ada banyak cara untuk membangun rumah tangga yang sakinah (rukun), mawadah (cinta), dan warahmah (kasih sayang). Salah satunya yang dapat diamalkan ialah Al-Quran surat Al Furqan Ayat 74.

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Robbanna hab lanaa min azwaajinaa wadzurriyyaatinaa qurrota a'yun, waajalnaa lilmuttaqiina imaama

Artinya:

"Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami, pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami sebagai imam bagi orang-orang yang bertakwa."

4. Doa agar rumah tangga dipermudah dalam segala urusan

4. Doa agar rumah tangga dipermudah dalam segala urusan
Pexels/Gustavo Fring

Setiap pasangan suami istri pasti memiliki banyak cita-cita dan rencana. Demi mewujudkan keinginan tersebut bersama pasangan, tentu usaha saja nampaknya belum cukup.

Suami istri juga perlu untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT agar segala urusan rumah tangga dipermudah. Adapun doanya tertuang dalam Surat Al Kahfi Ayat 10:

رَبَّنَآ ءَاتِنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

Robbanaaa aatinaa mil ladungka rohmataw wa hayyi lanaa min amrinaa rosyadaa

Artinya:

"Wahai Tuhan kami, karuniakanlah kami rahmat dari sisi-Mu dan berilah kemudahan-kemudahan serta pimpinan kepada kami untuk keselamatan agama kami."

5. Doa agar keluarga bahagia dunia dan akhirat

5. Doa agar keluarga bahagia dunia akhirat
Pexels/Ryutaro Tsukata

Kaum Muslimin diajarkan untuk memanjatkan doa agar seluruh anggota keluarganya mendapat kebahagiaan dunia dan akhirat, serta dijauhkan dari api neraka. Adapun doa tersebut tertuang dalam Al Quran Surat Al Baqarah Ayat 201.

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Arab latin: Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhiroti hasanah waqina 'adzabannar

Artinya: "Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta lindungilah kami dari azab api neraka." (QS Al Baqarah: 201)

6. Amalan sebagai seorang ibu

6. Amalan sebagai seorang ibu
Freepik/Freepik

Menjadi seorang ibu tidaklah mudah, tapi dengan kesabaran dan ketelatenan akan menghadirkan pahala yang begitu besar di sisi Allah SWT sebab hal tersebut bagian daripada ibadah. Termasuk di antaranya mengajarkan anak membaca Al Quran dan mempelajari hal-hal lainnya. 

Ibu memang merupakan sosok yang sangat mulia, sebagaomana diriwayatkan dari Miqdam bin Ma'di Yakrib radhiallahu'ahu, bahwa Rasulullah SAW bersabda: 

"Sesungguhnya Allah berwasiat 3x kepada kalian untuk berbuat baik kepada ibu kalian, sesungguhnya Allah berwasiat kepada kalian untuk berbuat baik kepada ayah kalian, sesungguhnya Allah berwasiat kepada kalian untuk berbuat baik kepada kerabat yang paling jauh kemudian yang dekat," (HR. Ibnu Majah)

Itulah rangkuman 6 amalan ringan berpahala dalam rumah tangga. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk mama, ya. 

Baca juga:

The Latest