Termasuk Istri Salihah, Apa Saja Pahala Taat kepada Suami dalam Islam?

Sebaik-baiknya perhiasan adalah istri yang salihah

20 September 2021

Termasuk Istri Salihah, Apa Saja Pahala Taat kepada Suami dalam Islam
Freepik/tirachardz

Membina rumah tangga yang sakinah, mawaddah wa rahmah mungkin menjadi impian setiap pasangan suami istri. Tak terkecuali bagi Mama dengan pasangan, bukan?

Nah, untuk tetap selalu harmonis dan saling beriman dalam kehidupan berumah tangga, maka pasangan suami istri perlu saling menghargai satu sama lain.

Tak terkecuali, istri pun harus taat kepada suaminya. Perlu diingat bahwa istri yang salihah juga merupakan aset berharga di dunia ini lho, Ma!

Mungkin Mama berpikir "apa ganjaran atau pahala yang didapat seorang istri jika senantiasa taat kepada suaminya?"

Untuk menjawab hal tersebut, Popmama.com sudah menyiapkan penjelasannya secara detail. Semoga kita bisa terus beriman kepada Allah ya, Ma!

Editors' Picks

1. Hadis tentang istri salihah

1. Hadis tentang istri salihah
Unsplash/Harli Marten

Sebagai seorang istri, Mama juga pasti akan terus memperbaiki diri dan senantiasa berbuat baik agar dapat menjadi seorang istri yang salihah.

Dikutip dari Bincang Syariah, ternyata menjadi istri salihah juga disebutkan dalam hadis. Selain itu, Rasulullah SAW pernah berkata perhiasan paling indah adalah istri yang salihah.

“Dari Abdillah bin ‘Amr, sesungguhnya Rasulullah SAW pernah bersabda: “Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baiknya perhiasan adalah istri yang salihah.

2. Istri salihah menurut surat An-Nisa ayat 34

2. Istri salihah menurut surat An-Nisa ayat 34
Freepik/Wayhomestudio

Ar-rijalu qawwamụna 'alan-nisa’i bima faḍḍalallahu ba’ḍahum ‘alā ba’ḍiw wa bima anfaqụ min amwalihim, faṣ ṣaliḥatu qanitatun ḥafiẓatul lil gaibi bima ḥafiẓallah, wallati takhafụna nusyụzahunna fa’iẓụhunna wahjurụhunna fil maḍaji’i waḍribụhunn, fa in aṭa’nakum fa la tabgụ ‘alaihinna sabila, innallaha kana ‘aliyyang kabira.

Artinya:

“Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum perempuan, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (perempuan), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka perempuan yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka). Perempuan yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah maha tinggi lagi maha besar."

Istri yang salihah bisa menyejukkan ketika dipandang, apalagi saat menaati dan menghormati suaminya. Begitu juga, ketika suaminya menghormati sang Istri. 

Ketika bisa saling menghormati satu sama lain, maka kehidupan bahtera rumah tangga dapat terjalin harmonis. 

3. Pahala terhadap istri yang salihah

3. Pahala terhadap istri salihah
Pexels/Gabby K

Memang menjadi seorang istri yang salihah termasuk perjalanan seumur hidup yang mesti ditempuh, namun itu semua akan berbuah manis. Seorang istri akan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Dalam sebuah hadis, Allah akan memberikan pahala bagi perempuan yang bisa memiliki predikat sebagai istri salihah. Berikut arti hadisnya, yakni:

“Dari Abdurrahman bin ‘Auf, ia berkata, rasulullah SAW pernah bersabda: “Bila seorang istri menjalankan salat yang lima waktu, menjalankan puasa ramadhan, menjaga kehormatannya, serta berbakti pada suaminya, maka dikatakan kepadanya, silahkan masuk kedalam surga dari pintu surga yang mana saja.”

Setelah melihat penggalan hadis Rasulullah SAW tadi, Mama bisa melihat rahmat dan kasih sayang Allah SWT kepada kita sebagai istri yang salihah.

Berproses menjadi istri salihah memang tidak mudah, namun amalan kita selama di dunia sangat sepadan dengan yang Allah SWT berikan nantinya. 

Semoga dengan ini, Mama bisa menjadi pribadi yang lebih taat dan senantiasa beriman kepada Allah SWT.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.