7 Cara Membangun Koneksi dengan Orang yang Baru Dikenal

Jangan khawatir saat membangun koneksi dengan orang baru!

30 April 2021

7 Cara Membangun Koneksi Orang Baru Dikenal
Pexels/Helena Lopez

Mengenal seseorang untuk pertama kali bisa sangat mengasyikkan sekaligus menegangkan. Baik itu seseorang yang kamu temui karena kenal di media sosial atau kenalan dari seorang sahabat.

Mungkin mengenal orang baru bisa menjadi rumit, tetapi tidak harus begitu. Ada banyak hal sederhana yang dapat dilakukan untuk membantu membangun hubungan yang kuat dengan orang baru.

Mulai dari menanyakan tentang suka dan tidak suka hingga melakukan aktivitas yang menyenangkan bersama.

Beberapa tips yang sudah Popmama.com rangkum berikut bisa dicoba, jika sedang membangun koneksi entah dengan teman pasangan atau orang baru lainnya.

1. Lakukan petualangan bersama

1. Lakukan petualangan bersama
Pexels/Allan Mas

Sekadar jalan-jalan seperti eksplorasi tempat baru atau hiking dapat membantu menciptakan pengalaman bersama dengan seseorang yang baru dikenal.

Bisa juga petualangan tersebut menjadi sesuatu yang tidak direncanakan dan perlu manfaatkan sebaik-baiknya untuk saling mengenal. Pengalaman bersama ini tanpa disadari bisa dilakukan untuk membangun kedekatan. 

2. Luangkan waktu untuk ngobrol

2. Luangkan waktu ngobrol
Freepik/prostooleh

Pergi ke bioskop menjadi langkah pendekatan yang klasik, tetapi itu tidak memberi banyak kesempatan untuk mengenal seseorang lebih banyak.

Jika pergi ke bioskop, pastikan memiliki waktu yang sama di luar teater. Bisa melakukan aktivitas seperti makan malam, minum kopi atau berjalan-jalan dan pulang bersama. Cara ini bisa dilakukan untuk saling mengenal satu sama lain, apalagi momen tersebut diluangkan untuk ngobrol bersama. 

Editors' Picks

3. Jangan ragu untuk bertanya padanya

3. Jangan ragu berta padanya
Freepik/wayhomestudio

Mengajukan pertanyaan yang dimulai dengan ‘bagaimana’ atau ‘apa’ bisa membuat percakapan mengalir, sehingga bisa saling mengenal satu sama lain.

Menanyakan seseorang apa buku favoritnya atau bagaimana mereka memasuki kariernya, sehingga dapat menghasilkan jawaban menarik. Obrolan ringan seperti ini dapat membantu menjalin ikatan dengan orang yang baru dikenal.

4. Berusaha untuk tidak menghakimi

4. Berusaha tidak menghakimi
Freepik/diana.grytsku

Bersikap terbuka saat memulai hubungan baru menjadi kunci untuk membangun hubungan baik.

Pilihlah untuk mendengarkan secara terbuka dan tidak menghakimi. Selain itu, kita tidak harus setuju dengan sudut pandang orang lain, cukup terbuka untuk memahaminya. Dengan begitu, kita lebih menghargai mereka.

5. Lakukan aktivitas bersama

5. Lakukan aktivitas bersama
Unsplash/Clarisse Meyer

Melakukan aktivitas menyenangkan dengan orang baru menjadi cara yang bagus untuk membangun hubungan bersama mereka.

Saat melakukan acara berbasis aktivitas, maka otak akan menembakkan neuron selama aktivitas bersama dan menyerap keunikan pengalaman tersebut. Pengalaman indah dan menyenangkan pun akan tercipta. 

6. Pergi ke tempat ramai bersama

6. Pergi ke tempat ramai bersama
Freepik/tirachardz

Mungkin kamu akan tergoda untuk meluangkan waktu sendirian dengan orang baru yang kamu temui, tetapi itu tidak mengasyikkan untuknya.

Pergilah ke tempat yang seru agar memiliki banyak hal untuk dibicarakan dan itu bisa mencairkan suasana. Temukan tempat yang menarik dan lihat orang-orangnya serta nikmati suasananya. Ini cara yang bagus agar kalian berdua merasa nyaman.

7. Bersikaplah positif

7. Bersikaplah positif
Freepik/Senivpetro

Bersemangat tentang prospek memulai hubungan baru tentu bagus untuk dilakukan. Tersenyumlah dan bersyukurlah atas pertemuan kalian. Jangan memusingkan hal-hal kecil.

Cobalah saling berbagi sesuatu yang positif bersama, sehingga memberikan aura yang menyenangkan. 

Nah, itulah beberapa rangkuman terkait tips membangun koneksi dengan orang yang baru dikenal. Semoga bisa bermanfaat ya, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.