Dhena Devanka Buka-bukaan soal Alasan Gugat Cerai Jonathan Frizzy

Perceraian menjadi keputusan terberat yang diambil Dhena Devankan dalam kehidupan rumah tangganya

18 September 2021

Dhena Devanka Buka-bukaan soal Alasan Gugat Cerai Jonathan Frizzy
Instagram.com/ijonkfrizzy

Tidak ada pasangan yang menginginkan kehidupan rumah tangganya merasakan pahitnya momen perceraian. Setiap manusia pasti selalu berharap untuk tumbuh menua bersama pasangannya, bahkan menyaksikan anak-anak serta cucu-cucu mereka tumbuh di masa depan.

Namun, sayangnya hal tersebut tidak bisa terjadi jika Tuhan sudah berkehendak lain. Hal ini yang dirasakan oleh Dhena Devanka, istri dari Jonathan Frizzy. Beberapa bulan belakangan, namanya sedang ramai diperbincangkan publik setelah melayangkan gugatan cerai kepada suaminya.

Meski ini keputusan yang berat. Mama dari tiga anak itu mengaku sudah memikirkannya secara matang selama setahun terakhir. Melalui video yang diunggah pada kanal YouTube MAIA ALELDUL TV, Dhena mencurahkan isi hatinya kepada Maia Estianty terkait keretakan rumah tangganya dengan Jonathan Frizzy atau yang lebih akrab disapa Ijonk.

Berikut Popmama.com telah merangkum cerita yang dibagikan Dhena Devanka soal kehidupan rumah tangganya dilansir dari YouTube MAIA ALELDUL TV!

1. Merasakan ketidaknyamanan dalam rumah tangga selama tiga tahun terakhir

1. Merasakan ketidaknyamanan dalam rumah tangga selama tiga tahun terakhir
Instagram.com/dhenafrizzy

Awalnya, Dhena Devanka merasa kehidupan rumah tangganya bersama Jonathan Frizzy baik-baik saja. Bahkan, keduanya selalu meluangkan waktu untuk quality time bersama anak-anak ataupun menikmati momen berdua. Hingga semuanya berubah dalam tiga tahun terakhir.

Dalam setahun terakhir, percekcokan antara Dhena dan Ijonk mulai terjadi. Hal tersebut memang tidak diketahui anak-anak mereka. Hal ini dikarenakan keduanya sepakat bahwa perselisihan yang terjadi, cukup mereka saja yang tahu.

“Anak-anak nggak ada yang tahu, mereka tahunya yang senang-senang aja. Aku berusaha menghindari konflik di depan anak, jadi ngomongnya di belakang aja,” ucap Dhena.

Setidaknya untuk sekarang, Mama berusia 37 tahun itu mengaku bahwa gugatan cerai yang dilayangkan menjadi jalan terbaik bagi permasalahan mereka.

Editors' Picks

2. Sempat pergi ke psikolog untuk konsultasi terkait masalahnya

2. Sempat pergi ke psikolog konsultasi terkait masalahnya
Instagram.com/dhenafrizzy

Perceraian juga bisa berdampak pada psikis seseorang. Di tahun 2019, Dhena Devanka mengaku ia sempat datang ke psikolog untuk menjalani terapi demi kesembuhan mentalnya. Walau terapi hanya berlangsung selama dua bulan, namun efek rasa sakit yang dirasakannya belum kunjung mereda.

“Terkadang orang bilang jangan egois dan harus memikirkan anak-anak. Tapi gimana mau bahagiakan anak-anak kalau aku sendiri aja nggak bahagia?” ungkap Dhena.

Dhena menambahkan ini bukan berarti ia tidak pernah bahagia saat bersama Ijonk. Kehidupan rumah tangganya dulu sangat bahagia dan amat harmonis. Pasangan ini memiliki banyak kesamaan, mulai dari mimpi, hobi hingga selera makan.

“Ini alasan yang bikin aku tuh berharap bisa tumbuh menua bersama dia. Tapi ya habis itu aku nanya ke diri sendiri, kuat nggak bertahan dalam kondisi kayak gini?” ujar Dhena sambil berurai air mata.

3. Merasa lebih pantas mendapat hak asuh, Dhena janji tidak halangi Ijonk bertemu anak-anak

3. Merasa lebih pantas mendapat hak asuh, Dhena janji tidak halangi Ijonk bertemu anak-anak
Instagram.com/dhenafrizzy

Dalam sesi itu, Dhena Devanka bercerita bahwa dirinya menggugat Ijonk atas dua perkara, yaitu perceraian dan hak asuh anak. Menurut Dhena, atas konflik yang sudah terjadi dirinya merasa anak-anak lebih baik berada di tangannya.

Hal ini karena ia mempunyai waktu lebih banyak untuk anak-anak dibanding Ijonk, apalagi ia memiliki kesibukan lebih padat karena profesinya sebagai artis.

“Meski aku juga kerja, tetapi aku kerjanya masih WFH. Jadi aku bisa ngontrol anak-anak juga,” jelas Dhena.

Dhena juga membatah perkara rumor yang mengatakan bahwa dirinya tidak memperbolehkan Ijonk bertemu dengan anak-anak. Dhena menjelaskan jika suatu saat mereka sudah tidak serumah, ia tidak akan menghalangi anak-anaknya bertemu dengan sang Papa.

“Soalnya anak-anak juga masih butuh figur seorang Papa. Kita juga punya porsi masing-masing untuk ngebahagiakan anak,” ucapnya.

4. Dhena masih tidak menyangka perceraian terjadi dalam kehidupan rumah tangganya bersama Ijonk

4. Dhena masih tidak menyangka perceraian terjadi dalam kehidupan rumah tangga bersama Ijonk
Instagram.com/dhenafrizzy

Sembilan tahun menikah, tujuh tahun pacaran, 16 tahun bersama, tak pernah terpikirkan dalam benak Dhena Devanka bahwa rumah tangganya bersama Ijonk harus kandas di tahun ke-9 mereka menikah. Momen suka dan duka mereka lewati bersama, termasuk ketika merasakan susahnya memiliki anak.

“Punya anak itu nggak gampang, aku sampai harus datang ke enam atau tujuh dokter buat konsultasi. Tapi akhirnya aku dapet anak kembar setelah mutusin buat hidup sehat bareng. Makan sama olahraga pun semuanya dikontrol,” tutur Dhena.

Meski Dhena yang mengajukan gugatan cerai, ia mengaku juga merasa sangat terpukul atas kondisi ini. Menurutnya, tidak mudah untuk mengambil keputusan sebesar ini. Dirinya juga memikirkan kondisi anak-anak.

“Aku udah 16 tahun kenal. Hubungan sama keluarga pun juga baik-baik aja. Tapi mungkin karena satu dan lain hal jadinya ada perubahan sikap,” ucapnya.  

Dhena dan Ijonk juga sempat berulang kali melakukan agenda mediasi demi mempertahankan hubungan mereka. Mulai dari berdiskusi berdua, ngobrol dengan pihak luar baik keluarga, non keluarga, dan psikolog. Semuanya sudah dilakukan, namun sayang upayanya menemui jalan buntu.

5. Siap membuka pintu damai untuk Ijonk

5. Siap membuka pintu damai Ijonk
Instagram.com/dhenafrizzy

Jauh di dalam lubuk hatinya, Dhena Devanka berharap tidak ada kegaduhan seperti ini. Apalagi diwarnai aksi saling lapor terkait kekerasan dalam rumah tangga. Karena menurutnya hal tersebut bisa berdampak pada psikis anak-anak mereka.

“Aku juga nggak mau menyudutkan pihak sebelah. Aku membuka pintu damai karena aku bisa cabut laporan. Lagian siapa sih yang mau Papanya anak-anak jadi tersangka,” ujarnya.

Di akhir video saat interview bersama Maia Estianty, Dhena berharap semoga ini menjadi jalan terbaik untuk dirinya.

Kalau begitu mari kita doakan agar sidang perceraian Dhena Devanka dan Jonathan Frizzy menemukan hasil terbaik bagi keduanya ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.