5 Cara Menghindari Pertengkaran Rumah Tangga saat Work From Home

Bukannya tambah mesra, kenapa pasangan suami istri justru sering ribut selama karantina?

24 Januari 2021

5 Cara Menghindari Pertengkaran Rumah Tangga saat Work From Home
Freepik/yanalya

Sejak awal 2020 hingga awal 2021, Covid-19 tak kunjung pergi. Hal tersebut akhirnya menyebabkan beberapa perusahaan memberlakukan sistem WFH atau Work From Home pada karyawannya, guna memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Dengan adanya sistem WFH, mau tak mau pasangan suami istri pun akan selalu bertemu di rumah. Bukannya semakin mesra, justru pasangan suami istri diketahui semakin sering bertengkar di rumah.

Faktor penyebabnya pun berbagai macam, mulai dari bosan dengan lingkungan yang itu-itu saja hingga pekerjaan yang semakin menumpuk. Dengan semua kekesalan tersebut, mungkin saja kamu dan pasangan meluapkannya ke satu sama lain.

Padahal, di waktu seperti ini seharusnya kamu dan pasangan bisa lebih dekat sekaligus bisa mengenang masa-masa pacaran dulu.

Nah, agar kamu dan pasangan dapat terhindar dari pertengkaran saat WFH, berikut Popmama.com telah merangkum 5 tipsnya dilansir dari laman IDN Times.

1. Sebaiknya, kalian bekerja di ruangan yang berbeda

1. Sebaiknya, kalian bekerja ruangan berbeda
Freepik/free picture

Agar tak menganggu satu sama lain saat WFH, sebaiknya kamu dan pasangan memiliki ruangan kerja yang berbeda. Selain bisa memiliki privasi sendiri saat bekerja di rumah, membedakan ruangan kerja juga bertujuan agar pasangan suami istri tetap memiliki rasa rindu.

Anggap saja kalian sedang berada di kantor masing-masing saat jam bekerja. Kalian baru bisa bertemu saat makan siang di ruang makan dan anggaplah pasangan pulang ke rumah hanya untuk beristirahat.

Ingat, meski kerja di rumah, kalian tetap harus pisahkan pekerjaan dan urusan rumah tangga, ya!

Editors' Picks

2. Ciptakan kegiatan seru usai bekerja

2. Ciptakan kegiatan seru usai bekerja
Freepik/free picture

Siapa yang masih sering membebankan pekerjaan rumah tangga pada istri padahal sang Istri juga sedang WFH? Istri memasak, suami menonton tv. Istri bersih-bersih rumah, suami main PS.

Jangan begini, ya! Usahakan untuk tetap membagi tugas rumah tangga dengan adil selama WFH. Lebih baik lagi, kalian bisa melakukan aktivitas bersama setelah urusan kerja selesai, misalnya seperti ngopi cantik di teras bersama atau nonton film sambil pesan pizza.

Jangan justru asyik dengan urusan sendiri-sendiri! Ciptakan pula obrolan tentang kalian berdua, seperti goals masa depan dan lain sebagainya. 

3. Jangan malas, buat diri tetap produktif!

3. Jangan malas, buat diri tetap produktif
Freepik/prostooleh

Jika pekerjaan kantor sudah selesai dikerjakan, biasanya salah satu dari kalian akan melakukan kesalahan. Contohnya saja, hal yang seharusnya tak perlu dibahas, justru dibahas dan terkesan menghakimi pekerjaan pasangan.

Daripada membuat pasangan jadi marah, lebih baik buat kesibukan diri bersama. Hal yang paling mudah misalnya seperti menonton film berdua atau bermain games bersama.

Kalaupun pasangan masih sibuk dengan urusah pekerjaan, kamu bisa membuat rancangan kegiatan setelah pasangan selesai dengan kerjaannya. Ingat ya, jangan bahas hal sensitif atau mengkritik kinerja pasangan!

4. Bantu tugas pasangan selagi mampu

4. Bantu tugas pasangan selagi mampu
huffpost.com

Kebanyakan suami masih sering berpikir bahwa tugas mendidik dan mengajar anak sekolah adalah tugas istri. Sedangkan, pasangan juga merupakan wanita karier. Jangan pernah hitung-hitungan dengan pasangan! Bagi tugaslah, apalagi kalau kamu juga sedang senggang.

Apa kamu tega melihat anak sendiri kesulitan saat belajar? Mulailah untuk saling bantu dengan pasangan dan jangan kaku dengan peraturan yang ada sebelumnya.

Kecuali kalau memang kamu tidak menguasai bidang tertentu saat mengajari anak. Merawat anak bersama juga bisa jadi momen perekat hubungan, lho!

5. Saling introspeksi diri satu sama lain

5. Saling introspeksi diri satu sama lain
Freepik/yanalya

Saat waktu kalian lebih banyak dihabiskan bersama di rumah, maka ada baiknya jika kalian saling introspeksi diri. Salah satunya dengan membahas kehidupan seksual.

Jangan dianggap tabu, kehidupan seks merupakan masalah serius yang juga menjadi elemen penting dalam keharmonisan rumah tangga. Mungkin kamu dan pasangan bisa mencoba gaya bercinta yang baru.

Atau kamu juga bisa mulai menyampaikan keluh kesah atau keinginan yang belum kesampaian pada pasangan. Tapi, dengan cara yang tak menyalahkan dan juga tak usah malu-malu.

Toh, ini juga untuk meningkatkan keharmonisan kalian berdua, bukan?

Nah, itulah kelima cara menghindari pertengkaran rumah tangga saat WFH. Ingat, momen WFH seharusnya bisa membangkitkan kembali rasa cinta sepasang suami istri, bukannya justru membuat kalian lebih sering bertengkar.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa dipraktikan, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.