Tangis Donita Pecah Saat Ungkap 5 Hal yang Membuatnya Mantap Berhijab!

Tak disangka, mimpi dari sang Anak lah yang menjadi salah satu alasan Donita untuk berhijab

13 Mei 2019

Tangis Donita Pecah Saat Ungkap 5 Hal Membuat Mantap Berhijab
Instagram.com/donitabhubiy

Aktris sekaligus istri dari presenter Adi Nugroho, Donita kini tengah mengejutkan publik dengan penampilan barunya. Pasalnya, di awal Ramadan 2019 ini, Donita memutuskan untuk menutup diri dengan hijab.

Salah satu sosok yang membuatnya mantap berhijab adalah anak pertamanya, Svarga.

Tak hanya sang Anak, ternyata masih ada lagi sosok lain dan tahapan lain yang perlu Donita lewati hingga akhirnya ia resmi memutuskan untuk berhijab.

Siapa saja mereka dan apa saja tahapan yang harus Donita lewati hingga membuatnya berderai air mata?

Melansir dari akun YouTube Adi Donita Svarga Channel, berikut Popmama.com telah merangkum 5 faktanya.

1. Sempat diberikan pencerahan oleh teman dekatnya

1. Sempat diberikan pencerahan oleh teman dekatnya
Instagram.com/donitabhubiy

Sosok pertama yang sempat membuatnya berpikir untuk berhijab adalah teman dekatnya sendiri.

Saat itu temannya sama sekali tidak mengajarkan ataupun mengguruinya, ia hanya bercerita mengenai pengalamannya saat memutuskan untuk berhijab.

Dari situlah hati Donita mulai terbuka mengenai kewajiban perempuan untuk menutup aurat.

"Jadi waktu itu dia cerita pengalaman dia waktu berhijab. Awalnya karena dia ngambil mata kuliah yang banyak laki-lakinya. Saat itu, dia merasa canggung kalau harus ngerjain tugas bareng sama laki-laki terus, sampai pulang malam pun sama laki-laki. Akhirnya dia cari tahu bagaimana cara untuk melindungi dirinya tanpa dipandang negatif, dan satu-satunya cara adalah dengan mengenakan hijab," tuturnya pada video.

"Selain itu dia juga menjelaskan bahwa kalau perempuan nggak pakai hijab, dosanya bukan untuk dirinya sendiri saja, tapi Papa, suami, anak dan saudara laki-lakinya pun turut menanggung dosa tersebut," tambahnya lagi.

2. Tanpa memaksa dan menggurui, sang Suami memintanya untuk berhijab 

2. Tanpa memaksa menggurui, sang Suami meminta berhijab 
Instagram.com/donitabhubiy

Selain dari teman dekatnya tersebut, Donita juga mengaku bahwa sang Suami, Adi Nugroho sempat mewajibkanya untuk berhijab, namun saat itu ia masih belum siap.

"Aku tidak memaksa kamu untuk memakai hijab, tapi aku sudah mewajibkan. Karena kalau aku nggak mewajibkan, aku yang dosa," ujar Donita saat diperingati oleh sang Suami.

Meskipun saat itu hati Donita belum terketuk untuk berhijrah, namun sang Suami tetap sabar dan tetap menuntun Donita ke arah yang benar tanpa harus mengguruinya.

"Suami aku memang nggak pernah maksa aku, karena dia tahu kalau semakin aku dipaksa aku semakin nggak mau. Jadi dia siasati dengan ngasih aku tontonan pelan-pelan 'Aku habis nonton Ustadz Zakir Naik nih, kalau ada waktu tonton ya' terus dia kasih link-nya ke aku. Dia sabar banget, mulai dari yang aku cuekin sampai akhirnya aku tonton," kenang Donita pada video tersebut.

Editors' Picks

3. Mulai untuk mencari hidayah sendiri

3. Mulai mencari hidayah sendiri
Instagram.com/donitabhubiy

Setelah banyak mendapatkan pencerahan dari teman dan sang Suami, ditambah dengan video-video ceramah yang ia tonton, akhirnya Donita pun mulai mencari-cari hidayahnya sendiri.

Di saat-saat seperti itu, Donita juga sempat berpikir bahwa ia masih belum cocok untuk mengenakan hijab meski jauh di dalam lubuk hatinya ia sudah ingin berhijrah.

"Saat itu aku berpikir, aku cocok nggak ya, aku sudah mampu belum menjaga lisan, menjaga perliku, dan menjaga sikap yang bisa mencerminkan perempuan muslim yang baik," ungkapnya.

"Sebenarnya, rencana untuk berhijab sih udah dari usia 30 tahun, pas hari ulang tahunku yang ke-30," tambahnya lagi.

4. Mendapat teguran dari sang Anak

4. Mendapat teguran dari sang Anak
Instagram.com/donitabhubiy

Inilah saat-saat di mana hidayah sudah semakin dekat padanya. Dalam video tersebut, Donita mengungkapkan keanehan yang ia rasakan saat sang Anak berani menegurnya ketika Donita ingin keluar dengan mengenakan rok pendek.

"Satu waktu anak aku Svarga, negur aku waktu aku lagi mau pergi. Aku kan pakai rok di atas lutut gitu, terus dia cuma bilang gini, 'Mama Mama kamu nih, masuk kamar sana! Kamu nggak sopan, dia bilang'," ungkap istri Adi Nugroho tersebut.

"Iya kamu nggak sopan, pakai celana dong," ujar Donita menirukan ucapan sang Anak.

Donita pun menuruti permintaan anaknya dengan mengganti bawahannya menjadi celana, namun lagi-lagi sang Anak menegurnya karena tak berhijab.

"Aku keluar dari kamar, terus pas mau pergi gitu dia ngomong kaya gini 'Mama kok kamu nggak pakai kerudung sih, bukannya perempuan itu harus pakai kerudung ya?'," kenang Donita.

5. Bermimpi aneh mengenai anaknya

5. Bermimpi aneh mengenai anaknya
Instagram.com/donitabhubiy

Setelah mendapatkan teguran pertama dari sang Anak, tak lama setelah itu Donita pun kembali mendapatkan teguran yang kedua. Namun kali ini tegurannya berupa mimpi.

Dalam video tersebut, Donita bercerita bahwa ia ditegur oleh sang Anak saat tidak mengenakan hijab hingga ia berurai air mata.

"Dalam mimpi itu dia bilang 'Mama kamu pakai kerudung dong, kalau kamu nggak pakai kerudung aku gimana?' terus aku nanya sama dia, gimana apanya nak? 'nanti kalau kamu nggak pakai kerudung aku dipukulin lho, nanti aku kesakitan, aku sakit lho, nanti aku gimana'," pungkasnya.

Setelah bermimpi, Donita pun terbangun dan segera memeluk sang Anak sambil berderai air mata. Akhirnya, mulai saat itulah, Donita pun mantap berhijab.

Nah, itulah 3 fakta mengenai tahapan yang Donita lalui hingga akhirnya ia mantap berhijab.

Sekali lagi selamat dan semoga istikamah!

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;