Bagaimana Sikap Orangtua Ketika Anak Mulai Menyukai Lawan Jenis?

Jangan langsung marah, begini cara menghadapi jika anak mama mulai merasa jatuh hati

29 Juni 2019

Bagaimana Sikap Orangtua Ketika Anak Mulai Menyukai Lawan Jenis
Pixabay/Nastya_gepp

Suka terhadap lawan jenis merupakan bagian dari perkembangan mental dan masa pubertas anak. Namun, tak dapat dimungkiri bahwa pergaulan saat ini sering kali membuat orang tua khawatir akan perkembangan dan pertumbuhan si anak karena itu akan berdampak pada masa depannya kelak.

Jadi, sikap orang tua harus seperti apa ketika anak mulai menyukai lawan jenis?

Ma, yuk simak tips menghadapi jika anak mulai menyukai lawan jenis dari Popmama.com berikut ini:

1. Komunikasi dua arah yang baik antara orangtua dan anak

1. Komunikasi dua arah baik antara orangtua anak
Pixabay/Nastya_gepp

Langkah awal yang harus kamu lakukan ketika anak mulai suka dengan lawan jenis adalah dengan menjalin komunikasi dua arah antara orangtua dan anak. Ini akan sangat membantu membangun kepercayaan dan kedekatan dengan sang anak.

Dengan begitu, anak akan lebih terbuka dalam mencurahkan dan mengekspresikan perasaannya. Dari sini, kamu juga dapat memberikan gambaran hubungan yang tidak menyalahi aturan norma agama dan sosial.

2. Pantau media sosial anak

2. Pantau media sosial anak
Pixabay/FirmBee

Ketika anak mulai menyukai lawan jenis, cobalah perhatikan media sosial apa saja yang anak kamu gunakan dan lihat bagaimana kecenderungan postingan-nya.

Manfaatkan media sosial sebagai sarana untuk semakin akrab dengan anak serta bantu dia untuk mengenal batasan privasi. Dari media sosialnya pun kamu dapat mengenal bagaimana teman-temannya serta seperti apa pergaulan anak mama.

Editors' Picks

3. Hargai perasaannya

3. Hargai perasaannya
Unsplash/Hannah Busing

Janganlah merasa kecewa apalagi menunjukkan kekecewaan kamu saat anak mulai suka dengan lawan jenis. Sebab itu hanya akan membuatnya merasa sangat sedih.

Ingatlah, walau bagaimanapun perasaan anak adalah yang terpenting. Hargai perasaannya dengan memberikan motivasi yang positif. Dukungan dari orangtua akan membuatnya senang dan menghadirkan rasa tanggung jawab anak untuk tidak mengecewakan orangtua.

4. Buat kesepakatan dengan anak

4. Buat kesepakatan anak
Pixabay/Nastya_gepp

Membuat kesepakatan pada anak merupakan salah satu cara yang tepat untuk menghadapi anak mulai menyukai lawan jenis. Misalnya dengan membuat perjanjian jangan sampai ini mengganggu nilai pelajarannya di sekolah.

Cara ini dipercaya akan menggiring opini anak kalau pacaran itu juga bisa dimanfaatkan sebagai motivasi untuk belajar di sekolah.

5. Bersikap bijak

5. Bersikap bijak
Pixabay/1041483

Jadilah orangtua yang bijak ketika anak menyukai lawan jenis. Berikan kebijakan padanya dengan tidak melarangnya pacaran. Larangan yang keras dikhawatirkan hanya akan mendorongnya menjadi anak pembangkang dan suka melawan.

Wajib bagi kedua orangtua untuk memiliki sikap dan pandangan terhadap apa yang dilakukan oleh anaknya. Berikan juga dia pemahaman yang dalam supaya tidak melanggar batasan-batasan di kemudian hari.

Hal yang harus diingat oleh orangtua adalah wajar dan sah-sah saja kalau anak mulai menyukai lawan jenis. Biarkan dia tumbuh sebagaimana mestinya. Jangan dikekang namun juga harus tetap diawasi.

Pada dasarnya, anak dapat membedakan hal yang baik dan tidak jika orangtua sering memberikan contoh serta edukasi di rumah.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;