5 Rekomendasi Pembalut saat Nifas, Ketahui Cara Memilihnya

Meski terkesan sepele, pembalut jenis ini sangat penting lho, Ma!

15 April 2021

5 Rekomendasi Pembalut saat Nifas, Ketahui Cara Memilihnya
Freepik/Krolenochka

Pekan pertama setelah melahirkan, Mama akan mengalami postpartum bleeding alias masa nifas. Mirip seperti haid, hanya saja jumlah dan frekuensinya akan lebih banyak, Ma.

Umumnya darah yang keluar akan berwarna merah kecokelatan, dengan jumlah yang banyak. Mama pun perlu mengganti pembalut secara teratur supaya terhindari dari risiko infeksi. Demikian dikutip dari Healthline.

Selain itu, penting bagi Mama untuk selalu siap sedia stok pembalut setelah melahirkan. Berbeda dengan pembalut biasa pada umumnya, pembalut bersalin atau maternity pad dirancang khusus untuk masa nifas.

Biasanya bahan pembalut bersalin lebih lembut, berbentuk lebih panjang dan lebar, serta memiliki bantalan penyerap yang lebih tebal. Ini akan membantu menyerap darah nifas yang keluar dengan banyak.

Cara Memilih Pembalut Bersalin yang Tepat

Cara Memilih Pembalut Bersalin Tepat
Freepik

Seperti disebutkan sebelumnya, saat masa nifas jumlah darah yang keluar akan jauh lebih banyak dibandingkan saat haid. Selain itu, periode waktunya pun lebih lama daripada haid.

Nah, supaya Mama terhindari dari risiko bocor, infeksi serta rasa tidak nyaman, Mama perlu memilih pembalut bersalin yang cocok dan tepat.

Salah satu yang perlu diutamakan adalah bahan pembalut. Pilihlah pembalut yang bahannya tebal serta mampu menyerap cairan dengan cepat.

Selain itu, pertimbangkan juga memilih pembalut yang ukurannya panjang, ini bermanfaat terutama saat Mama masih harus banyak istirahat dan berbaring. Menggunakan pembalut yang panjang akan membantu Mama terhindari dari risiko bocor.

Perhatikan juga isi kemasan dan harganya, sebab pembalut bersalin akan cukup banyak Mama gunakan, terutama pada masa awal nifas. Pada periode ini jumlah darah yang keluar akan lebih banyak dibandingkan setelahnya.

Yang tak kalah penting, perhatikan juga apakah bahan pembalut cocok dengan kulit di sekitar organ intim. Ada beberapa perempuan yang kulitnya sangat sensitif, sehingga memilih pembalut pun harus benar-benar sesuai.

Apa saja rekomendasi merek pembalut bersalin atau pembalut khusus saat nifas yang bisa Mama pilih? Berikut Popmama.com siapkan rekomendasinya:

1. Dacco Mama Pembalut Bersalin

1. Dacco Mama Pembalut Bersalin
Lazada.com

Dacco Mama Pembalut Bersalin memiliki desain kemasan yang khas dengan nuansa berwarna pink, Ma. Pembalut ini juga dirancang untuk digunakan setelah melahirkan, karena memiliki teknologi Jepang ‘max absorption’ yang cepat menyerap cairan dan menjaga area organ intim tetap kering.

Sirkulasi udara tetap terjaga, sehingga Mama pun terhindari dari risiko infeksi. Perekat pada Dacco Mama Pembalut Bersalin membuat pembalut ini tidak mudah bergeser dan menghindari risiko bocor. Panjang dari pembalut bersalin ini sekitar 45 cm.

Editors' Picks

2. Dr Kang Maternity

2. Dr Kang Maternity
Shopee.com

Pilihan pembalut bersalin yang memiliki desain kemasan yang klasik dengan warna pink dan putih adalah Dr Kang Maternity Napkins-Underpad. Memiliki panjang sekitar 37,5 cm, pembalut ini mampu mencegah terjadinya kebocoran saat masa nifas.

3. Monalisa Jumbo

3. Monalisa Jumbo
Shopee.com

Meskipun memiliki desain kemasan yang klasik juga dengan warna pink dan putih, pembalut bersalin Monalisa Jumbo cukup menjadi favorit para Mama saat masa nifas. Pembalut ini memiliki ultra gel yang mampu menyerap cairan lebih cepat. Namun demikian, jangan lupa untuk selalu mengganti pembalut secara teratur saat masa nifas supaya Mama terhindari dari infeksi, ya.

4. Sofie Maternity

4. Sofie Maternity
Bukalapak.com

Kemasan Sofie Maternity bernuansa lembut dan warnanya didominasi putih serta keunguan. Namun demikian, pembalut bersalin ini diklaim mampu menyerap banyak cairan dalam waktu yang lebih cepat. Mama pun bisa tetap nyaman menggunakannya selama masa nifas.

Pembalut Sofie Mternity memiliki panjang sekitar 37 cm, dilengkapi dengan pelindung agar cairan tidak mudah bocor ke samping. Namun karena ukurannya yang tidak terlalu panjang, sebaiknya gunakan saat darah nifas yang keluar sudah tidak terlalu banyak ya, Ma.

5. Softex Maternity Pads

5. Softex Maternity Pads
Shopee.com

Salah satu pilihan pembalut bersalin yang bisa Mama pilih adalah Softex Maternity Pads. Hadir dengan desain kemasan menarik yang memiliki gambar bunga-bunga, Softex Maternity Pads tersedia dalam dua ukuran kemasan: isi 10 dan 20 pads.

Pembalut Softex Maternity memiliki panjang pad yakni 45 cm, sehingga sangat pas digunakan untuk menemani masa nifas Mama. Pembalut ini juga dibuat mampu mengikuti bentuk tubuh, sehingga sangat nyaman digunakan dan tidak membuat infeksi area organ intim setelah melahirkan.

Demikian beberapa informasi tentang cara memilih serta rekomendasi merek pembalut bersalin yang bisa Mama pilih untuk masa nifas. Mana yang menjadi merek pilihan Mama?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.