Tips Penting Sebelum Kembali Bekerja Pasca Cuti Melahirkan

Ini dia yang perlu diperhatikan!

20 Maret 2018

Tips Penting Sebelum Kembali Bekerja Pasca Cuti Melahirkan
Freepik/phduet

Setelah menghabiskan waktu kurang lebih 3 bulan untuk full-time mengurus Si Kecil di rumah, akhirnya waktunya Mama harus kembali ke rutinitas seperti semula untuk bekerja di kantor. Kini Mama harus bersiap dengan rutinitas baru, meninggalkan Si Kecil di rumah untuk kembali mengumpulkan pundi-pundi rezeki.

Pada awalnya, Mama mungkin akan mulai merasa berat hati dan dilemma. Bagaimana bisa berpisah dari bayi yang baru beberapa bulan Mama lahirkan? Berpisah satu jam saja rasanya mungkin agak sulit, bagaimana hingga 8 jam?

Apakah Si Kecil akan baik-baik saja selama Mama di kantor? Bagaimana jika Si Kecil sakit? Bagaimana dengan kebutuhan ASI perah Si Kecil nanti? Apakah cukup memenuhi kebutuhan bayi selama Mama di luar rumah?

Pikiran-pikiran tersebut mungkin tidak bisa dihindari. Namun, beberapa persiapan mungkin bisa sedikit meringankan beban Mama dan memberi motivasi agar semangat kembali bekerja.

1. Pilih pengasuh yang terpercaya

1. Pilih pengasuh terpercaya
morningsidenannies.com

Ini berlaku bagi Mama yang jauh dari orangtua dan keluarga, atau ingin menyewa pengasuh. Lakukan referensi terlebih dahulu sebelum menyewa pengasuh.

Jika Mama mendapat rekomendasi, pastikan pengasuh merupakan orang yang bisa dipercaya. Jika Mama menyewa dari agen resmi, pastikan calon pengasuh yang Mama pilih berpengalaman, memiliki track record yang baik, dan tidak pernah melakukan tindakan kriminal.

2. Persiapkan semuanya di malam hari

2. Persiapkan semua malam hari
Freepik

Bangun pagi, mengurus Si kecil, dan harus bersiap pergi ke kantor tentu merupakan hal yang merepotkan. Agar Mama tidak terburu-buru melakukannya di pagi hari, Lakukanlah semua persiapan yang akan dibawa ke kantor sejak malah hari.

Mulai dari barang-barang pribadi yang akan dibawa ke kantor, perlengkapan pumping, hingga mempersiapkan baju apa yang akan dipakai ke kantor keesokan harinya.

Ingat, kini Mama tidak punya banyak waktu untuk bisa berlama-lama menyeleksi baju yang akan dipakai seperti sebelum SI Kecil lahir.

3. Cari tahu tentang hal baru di kantor

3. Cari tahu tentang hal baru kantor
Freepik

Wajar jika Mama malah merasa asing dengan lingkungan kantor yang beberapa bulan kamu tinggalkan. Namun, tak ada salahnya jika Mama sedikit update tentang berita terbaru yang sedang berkembang di kantor.

Cobalah sesekali menghubungi salah satu rekan di kantor hanya untuk mengobrol, bisa melalui whatsApp, chat di Facebook atau IG, dan berbicara langsung melalui telepon. Mama bisa mencari tahu tentang kejadian atau gosip terbaru apa saja yang berkembang di kantor selama Mama cuti.

Dengan begitu, Mama akan merasa terhubung kembali dan tidak merasa asing saat harus kembali bekerja. Hal tersebut juga bisa membangkitkan motivasi Mama untuk kembali bertemu teman-teman di kantor.

Editors' Picks

4. Bicarakan tentang apa yang Mama butuhkan

4. Bicarakan tentang apa Mama butuhkan
Freepik/pressfoto

Salah satu pikiran yang membebani Mama adalah bagaimana proses pemompaan ASI saat berada di kantor.Jangan stres memikirkannya.

Komunikasikan pada atasan atau HRD mengenai masalah ini. Pastikan apakah di kantor Mama bisa dengan nyaman melakukan pompa ASI, tanpa mengganggu privasi Mama dan yang lainnya.

Saat ini, sudah banyak kantor yang menyediakan ruangan khusus ibu menyusui atau pumping. Jika di kantor Mama tidak ada ruangan khusus, diskusilah pada atasan bagaimana solusinya agar Mama bisa pumping dengan nyaman di kantor untuk memenuhi kebutuhan ASIP Si Kecil.

5. Jangan memaksakan kemampuan

5. Jangan memaksakan kemampuan
whattoexpect.com

Kembali bekerja setelah memiliki anak pasti akan berat dijalani pada awalnya. Kemampuan Mama dalam menyelesaikan pekerjaan mungkin akan sedikit menurun. Tetapi, jangan kecewa dengan hal ini karena cukup wajar jika stamina Mama tidak sekuat dulu seperti sebelum memiliki anak.

Jangan malu untuk memulai tugas yang lebih mudah terlebih dahulu, dan menyelesaikan tugas sebisa Mama. Tak ada salahnya juga untuk meluangkan waktu beristirahat sejenak di tengah jam kerja ketika Mama sudah sangat lelah.

Hal ini dapat membantu Mama mengumpulkan energi. Intinya, jangan memaksakan diri ya, Ma!

6. Tetap jaga kesehatan

6. Tetap jaga kesehatan
Freepik/jcomp

Kesehatan tetap yang terpenting. Minumlah cukup air, apalagi jika Mama ibu menyusui. Luangkan waktu untuk berolahraga dan hirup udara segar, setidaknya beberapa kali dalam seminggu. Jagalah asupan dengan makan makanan yang bergizi.

Itulah persiapan dan tips bagi Mama yang akan kembali bekerja pasca cuti melahirkan. Persiapkan semua barang-barang yang mungkin dibutuhkan saat kembali bekerja. Mama juga mungkin perlu mengelola emosi di minggu-minggu pertama saat bekerja. Semangat ya, Ma!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.