Penting! Ini 4 Penyebab Bayi Bisa Terlahir Secara Prematur

Bayi bisa terlahir prematur karena disebabkan oleh beberapa faktor

14 Juni 2018

Penting Ini 4 Penyebab Bayi Bisa Terlahir Secara Prematur
sheknows.com

Kelahiran bayi prematur bisa diartikan sebagai kelahiran yang terjadi pada tiga minggu atau lebih sebelum waktu kelahiran bayi normal pada umumnya. Dalam kondisi normal, kelahiran biasanya terjadi setelah kandungan sudah memasuki usia 40 minggu.

Dengan kata lain, kelahiran prematur ini dapat terjadi di sekitar minggu ke-37 kehamilan atau bahkan lebih awal. Terdapat beberapa kondisi yang menjadi penyebab bayi lahir perematur.

Perlu diketahui bahwa minggu terakhir kehamilan sering dinilai sebagai momen krusial dalam proses pertumbuhan janin, terutama pada otak dan paru-parunya.

Maka dari itu, bayi yang lahir secara prematur kerap memiliki gangguan medis serius hingga perlu dirawat di rumah sakit lebih lama dari bayi yang lahir secara normal.

Secara fisik, bayi yang lahir prematur memang berbeda dari bayi yang lahir normal. Biasanya, bayi prematur bertubuh lebih kecil namun mempunyai ukuran kepala sedikit lebih besar. Sehingga akan tampak tidak proporsional.

Adapun dalam mendiagnosis penyebab bayi lahir prematur, umumnya dokter akan menanyakan beberapa gejala, menanyakan apakah ibu mempunyai keluarga dengan riwayat kehamilan prematur dan obat-obatan yang dikonsumsi selama kehamilan.

Selain itu, dokter biasanya juga akan memonitor kondisi rahim ibu agar mengetahui detak jantung bayi hingga kontraksi.

Gejala kelahiran prematur sendiri dapat dirasakan oleh sang ibu. Sekilas gejalanya terlihat sama dengan gejala-gejala kehamilan biasa, namun umumnya terjadi secara berlebihan.

Beberapa gejalanya antara lain adalah sakit pada punggung, mengalami kontraksi setiap 10 menit, mengeluarkan cairan dari vagina, kerap mengalami keputihan, mual, muntah hingga diare. Jika gejala tersebut sudah mulai terasa, sebaiknya segera periksakan kandungan ke dokter.

Penyebab Ibu Melahirkan Bayi Secara Prematur

1. Fisik Ibu tidak sehat

1. Fisik Ibu tidak sehat
Unsplash/Louis Blythe

Kondisi kesehatan ibu hamil yang kurang prima dapat berpengaruh terhadap kondisi janin pada rahim mama. Misalnya seperti ibu hamil yang mengalami pre eklamsia yakni hipertensi dalam kehamilan atau mengalami eklamsi.

Eklamsi merupakan hamil yang disertai dengan adanya kejang dan hipertensi yang tinggi. Ibu hamil dengan dua kondisi tersebut dapat mengalami kelahiran secara prematur.

2. Merokok

2. Merokok
Unsplash/Yoann Boyer

Seorang perempuan yang mempunyai kebiasaan buruk seperti merokok ternyata memiliki peluang melahirkan bayi secara prematur lebih besar. Merokok merupakan kebiasaan buruk yang harus dihindari oleh ibu hamil.

Apabila sebelum hamil sudah terbiasa merokok, maka saat hamil pun biasanya akan sulit untuk dihentikan.

Namun, hal inilah yang perlu dilawan. Gaya hidup tidak sehat bukan hanya merokok saja, ada beberapa hal lain yang juga harus dihindari seperti menggunakan obat-obatan berbahaya dan konsumsi minuman keras.

Editors' Picks

3. Riwayat kehamilan

3. Riwayat kehamilan
nepaliaustralian.com

Ibu yang pernah mengalami melahirkan secara prematur, maka rentan untuk melahirkan secara prematur kembali. Tidak hanya itu, ibu hamil yang mempunyai riwayat aborsi dan pernah mengalami keguguran ternyata cukup rentan mengalami penyebab bayi lahir prematur.

Hal ini disertai dengan alasan saat digugurkan dan rahim yang mengalami luka.

4. Psikologi

4. Psikologi
Unsplash/Cristian Newman

Kondisi psikologi tertentu yang dialami oleh ibu hamil juga dapat menjadi penyebab ibu melahirkan secara prematur. Contoh dari kondisinya adalah rasa cemas berlebihan atau depresi, yang dapat membuat ibu hamil melahirkan secara prematur.

Oleh karena itu, ibu yang sedang hamil harus pintar untuk menenangkan kondisi jiwanya. Buang pikiran cemas dan pikiran negatif yang dapat mempengaruhi kondisi kandungan. Jalani setiap proses kehamilan dengan tenang dan lakukanlah berbagai hal positif.

Penyebab bayi lahir prematur harus diketahui oleh ibu yang sedang mengandung. Lahir prematur tidak boleh disepelekan atau bahkan dianggap hal yang biasa.

Sebab bayi yang lahir secara prematur akan mempunyai banyak kelemahan, terlebih pada organ di dalam tubuhnya yang belum berkembang secara sempurna. Bahkan tidak jarang bayi prematur tidak dapat bertahan hidup lebih lama.

Itulah empat penyebab bayi lahir prematur yang perlu ibu hamil ketahui. Jika saat ini kamu belum masuk masa kehamilan, tapi sedang mempersiapkan kehamilan maka tetap harus menyimak penjelasan di atas. Terutama untuk memperbaikin gaya hidup sebagai calon Mama.

Topic: