TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Pilihan Obat yang Aman Dikonsumsi Ibu Menyusui saat Sakit

Penting bagi Mama untuk mendapatkan saran dari dokter atau apoteker.

31 Maret 2022

5 Pilihan Obat Aman Dikonsumsi Ibu Menyusui saat Sakit
Freepik/xb100

Jika Mama sedang tidak sehat, mungkin bertanya-tanya apakah yang harus dilakukan. Kabar baiknya adalah ketika sakit saat menyusui, Mama tidak sepenuhnya menghentikan ASI untuk si Kecil. Ini karena sifat pelindung ASI berupa elemen antibakteri dan antivirus.

Selain itu, sebagian besar obat-obatan tidak membahayakan bayi. Sejumlah kecil obat yang diminum tidak selalu melewati ASI ke bayi. Meski demikian, Mama perlu mengetahui jenis obat khusus yang bisa membantu meredakan berbagai kondisi.

Nah, berikut Popmama.com berikan 5 obat yang aman dan dapat dikonsumsi ibu menyusui. Yuk, cek ulasannya!

1. Antihistamin tidak membuat Mama mengantuk

1. Antihistamin tidak membuat Mama mengantuk
Pexels/Karolina Grabowska

Biasanya sangat jarang seorang ibu harus berhenti menyusui karena kondisi tubuhnya yang sedang tidak sehat. Hanya ada beberapa penyakit yang sangat serius dan mungkin mengharuskan dirinya berhenti menyusui.

Pasalnya, sebagian besar obat-obatan bisa dikonsumsi saat menyusui. Salah satunya Mama dapat mempertimbangkan jenis obat Antihistamin. Terutama jika alami gejala flu yang disebabkan reaksi alergi.

Bahwa Antihistamin tidak membuat seseorang mengantuk. Bahkan jumlah minimal diekskresikan dalam ASI dan tidak akan menimbulkan efek buruk pada bayi yang menyusui. Maka Antihistamin termasuk kategori obat yang aman.

Editors' Picks

2. Dekongestan tidak mengurangi suplai ASI

2. Dekongestan tidak mengurangi suplai ASI
Freepik/lifeforstock

Apakah Mama sedang alami gejala hidung tersumbat di kala flu?

Tentu kondisi tersebut perlu segera ditangani, Ma. Bahwa sebagian besar obat aman dikonsumsi saat menyusui. Salah satu pengobatan alternatif yang bisa Mama lakukan, yakni menggunakan obat Dekongestan.

Tapi sebaiknya meminum tablet atau kapsul Dekongestan dengan pengawasan dokter. Selain itu, semprotan hidung Dekongestan yang mengandung xylometazoline maupun oxymetazoline terbilang efektif dalam meredakan hidung tersumbat. Dimana jenis obat tersebut tidak mengurangi suplai ASI. 

3. Ibuprofen tanpa dampak negatif pada ibu dan bayi

3. Ibuprofen tanpa dampak negatif ibu bayi
Pexels/cottonbro

Kondisi kesehatan yang menurun dan ketidaknyamanan saat alami sakit kepala, ini adalah hal biasa selama menyusui. Bagi Mama yang ingin minum obat untuk membantu meringankan gejalanya, Ibuprofen terbilang cukup aman dikonsumsi.

Dimana Ibuprofen sendiri telah terbukti aman untuk ibu dan bayi selama menyusui. Terutama ketika Mama sedang menahan rasa nyeri karena sakit gigi maupun nyeri punggung di masa menyusui.

Dikutip dari Healthline, ibu menyusui dapat menggunakan Ibuprofen hingga dosis maksimum harian tanpa dampak negatif pada mereka atau bayi. Tapi agar aman, bicarakan dengan dokter bayi atau apoteker tentang dosisnya sebelum meminumnya.

4. Omeprazole masuk ke dalam ASI dalam jumlah kecil

4. Omeprazole masuk ke dalam ASI dalam jumlah kecil
Freepik/drobotdean

Ma, kelas obat tertentu tidak dapat menimbulkan masalah. Apabila Mama sedang sakit maag atau penyakit asam lambung saat menyusui, obat yang paling umum untuk dikonsumsi secara aman adalah Omeprazole. Dengan mengonsumsinya, ini bisa membantu mengatasi gejala terkait.

Bahkan Omeprazole yang masuk ke dalam ASI dalam jumlah kecil, obat tersebut tidak akan banyak menyerap ke dalam tubuh bayi. Selain itu, dosis Omeprazol sebanyak 20 mg setiap hari menghasilkan tingkat yang rendah dalam ASI dan tidak menyebabkan efek samping pada bayi yang disusui.

Dirilis dari Mothertobaby.org, obat Omeprazole memasuki ASI pada tingkat rendah dan dipecah oleh asam lambung. Pada orang yang sedang menyusui dan mengonsumsi 20 mg Omeprazole per hari, ini dianggap tidak berbahaya. 

5. Paracetamol tidak ada efek berbahaya

5. Paracetamol tidak ada efek berbahaya
Pexels/Artem Podrez

Jika Mama menyusui dengan kondisi sedang pilek, maka tidak perlu khawatir. Virus seperti flu biasa tidak dapat masuk ke dalam ASI. Namun Mama tetap dianjurkan untuk beristirahat dan meminum obat Paracetamol.

Sementara Paracetamol adalah obat penghilang rasa sakit yang umum digunakan untuk mengobati sakit dan nyeri. Bahkan juga sering digunakan untuk mengurangi suhu tinggi di kala ibu menyusui dalam keadaan demam. Terutama meredakan flu, sakit kepala dan sakit gigi.

Jenis obat tersebut juga terbukti cukup aman dan cocok digunakan oleh ibu menyusui hingga dosis maksimal, yaitu dua tablet empat kali sehari. Artinya, obat yang mengandung Paracetamol tidak ada efek berbahaya pada bayi.

Itulah kelima pilihan obat yang aman dikonsumsi oleh ibu menyusui. Sebaiknya tetap konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk