Yuk, Lakukan 5 Jenis Olahraga Tangan Ini untuk Pasca Persalinan!

Dengan berolahraga, maka akan membantu memulihkan kekuatan otot Mama

7 Desember 2021

Yuk, Lakukan 5 Jenis Olahraga Tangan Ini Pasca Persalinan
Pexels/Elina Fairytale

Apakah Mama senang berolahraga?

Dengan rutin melakukannya, maka akan membantu memulihkan kekuatan otot dan mengencangkan tubuh Mama. Bahkan meningkatkan tingkat energi dan mencegah depresi setelah melahirkan.

Nah, tidak ada salahnya mengetahui 5 jenis olahraga tangan yang bisa Mama lakukan pasca persalinan berikut ini. Yuk, cek ulasannya dari Popmama.com!

1. Arm circles dapat dilakukan hampir di mana saja

Arm circles adalah jenis olahraga tangan setelah persalinan yang bisa Mama lakukan. Latihan sederhana ini dapat dilakukan hampir di mana saja, baik dalam kondisi duduk atau berdiri.

Manfaat dari arm circle pun akan melatih beberapa otot di bahu dan lengan sambil membakar kalori Mama. Bahkan mengurangi penumpukkan lemak di lengan.

Dilansir dari Livestrong, arm circle sebagai aktivitas yang dapat dilakukan dalam interval lima menit sebanyak dua kali sehari. Tapi sebaiknya gunakan ruang yang cukup untuk merentangkan lengan sepenuhnya ke samping. 

Editors' Picks

2. Chair dips cukup efektif dalam pemulihan otot trisep

Olahraga seperti chair dips, latihan ini dapat Maka lakukan untuk memperkuat persendian setelah melahirkan. Selain itu, chair dips terbilang cukup efektif dalam pemulihan otot trisep setelah cedera atau sakit.

Diwartakan dari Healthline, chair dips juga disebut tricep dips. Ini karena melatih otot trisep di bagian belakang lengan atas. Bahkan chair dips termasuk gerakan sehari-hari yang melibatkan siku dan lengan bawah.

Chair dips pun bisa sebagai alternatif terbaik saat latihan yang bertujuan membangun kekuatan dan meningkatkan keterampilan fisik.

3. Plank workout membantu memperbaiki postur

Jika mengalami sakit punggung, olahraga tangan seperti plank dapat membantu memperbaiki postur Mama. Bahkan melakukan plank, ini diperkirakan tidak mempengaruhi kuantitas atau kualitas ASI.

Selain itu, plank workout juga bermanfaat untuk melatih otot inti. Dengan keselarasan penuh, stabilitas dan ketegangan akan melatih seluruh tubuh Mama.

Apabila Mama melakukan latihan plank secara rutin, jenis olahraga tersebut bisa memperkuat punggung dan dada. Termasuk bahu, leher dan perut Mama.

4. Scisorss exercise bisa melatih otot inti

Setelah beberapa hari melahirkan, mulailah dengan gerakan sederhana dari scisorss exercise. Olahraga tangan yang terbilang berdampak rendah ini bisa melatih otot inti, glutes dan paha depan Mama.

Anthony Crouchelli, pelatih dan ahli tinju yang berbasis di New York City memaparkan kepada Wellandgood bahwa latihan scisorss adalah gerakan inti yang berfokus menargetkan perut melintang dan mengangkat kedua kaki. Lalu menyilangkan satu sama lain dalam gerakan seperti gunting tanpa membiarkannya jatuh.

Dengan melakukan scisorss exercise, maka juga berfungsi sebagai gerakan penguatan tubuh bagian bawah. Pasalnya, gerakan scisorss melibatkan otot utama maupun kumpulan otot fleksor pinggul di bagian depan pinggul.

5. Latihan push up dapat membangun kekuatan tubuh

Jika Mama mengalami kehamilan dan persalinan normal tanpa komplikasi, biasanya cukup aman memulai latihan tangan seperti push up setelah merasa siap. 

Menjalani program olahraga push up sendiri bermanfaat untuk membangun kekuatan tubuh bagian atas. Ini termasuk melatih trisep, otot dada dan bahu Mama.

Ketika dilakukan dengan gerakan yang tepat, push up juga dapat memperkuat punggung bawah dan otot perut. Apapagi push up adalah latihan yang cepat dan efektif dalam peregangan otot untuk kesehatan dan vitalitas Mama.

Itulah 5 olahraga tangan untuk pasca persalinan. Yuk, tidak ada salahnya memulai rutin berolahraga setiap hari!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.