Hadapi Persalinan Caesar, 5 Hal Ini Bisa Kurangi Rasa Cemas

Cari informasi yang valid di C-Ready Learning by Nutriclub, Ma!

29 Maret 2021

Hadapi Persalinan Caesar, 5 Hal Ini Bisa Kurangi Rasa Cemas
Shutterstock/Mangpink

Momen jelang persalinan, memang sering membuat Mama cemas. Namun, di sisi lain Mama juga merasa semangat demi menyambut kelahiran si Kecil, baik secara normal maupun caesar. Tapi kalau persalinan caesar, Mama harus lebih ekstra dalam perhatikan beberapa hal penting lainnya. Ikuti prosedurnya aja ya Ma dan jangan panik.

Tenang, Mama nggak sendirian kok, kali ini Popmama.com akan memberikan informasi penting mengenai persalinan caesar yang harus Mama ketahui. Simak ulasannya ya, Ma!

1. Proses pemulihan akan membutuhkan waktu yang lebih lama

1. Proses pemulihan akan membutuhkan waktu lebih lama
Shutterstock/Phattana Stock

Perlu Mama ketahui, proses pemulihan pasca persalinan caesar memang butuh waktu yang lebih lama dibandingkan dengan proses persalinan secara normal. Namun, semua proses pemulihan ini juga tergantung dengan kondisi masing-masing Mama. 

Tips dari Popmama.com, Mama harus punya waktu istirahat yang cukup, dan yang terpenting berhati-hatilah saat bergerak. Mama bisa atasi rasa nyeri dengan obat, tentunya dengan konsultasi dokter. Jaga asupan nutrisi, dan jangan lupa untuk merawat bekas luka secara berkala agar nggak infeksi.

Editors' Picks

2. Operasi caesar juga berpengaruh terhadap daya tahan tubuh si Kecil

2. Operasi caesar juga berpengaruh terhadap daya tahan tubuh si Kecil
Shutterstock/Ronnachai Palas

Di jurnal Nature, anak lahir normal mengambil sebagian besar dosis awal mikrobiota dari ibu mereka. Sedangkan anak yang lahir caesar lebih banyak terpapar mikrobiota terkait lingkungan rumah sakit.

Itu artinya, metode caesar berpotensi tidak terpapar bakteri baik di jalur lahir ibu dan hal tersebut dapat memengaruhi daya tahan tubuh. Tapi nggak perlu khawatir, melalui pemberian ASI eksklusif yang mengandung sinbiotik bisa mengembalikan kolonisasi bakteri baik untuk optimalkan daya tahan tubuh si Kecil.

3. Kesiapan Mama saat menghadapi persalinan juga penting dan jadi prioritas

3. Kesiapan Mama saat menghadapi persalinan juga penting jadi prioritas
Shutterstock/feeling lucky

Apakah Mama sudah siap menghadapi persalinan caesar? Coba ikuti beberapa tahapan berikut ini. Mama bisa cari referensi dokter berpengalaman dari keluarga, teman, ataupun riset online. Selanjutnya, persiapkan dokumen yang dibutuhkan, tetap bersikap dan berpikir positif. Terakhir, jangan pernah lupakan kekuatan berdoa ya, Ma!

Membawa cukup pakaian dan perlengkapan mandi juga penting nih, Ma. Sebelum melakukan operasi caesar, pastikan Mama berada pada kondisi kesehatan yang fit dan prima. Salah satunya dengan selalu mengonsumsi makanan yang bergizi dan tinggi serat. Berdiskusi dengan dokter juga sangat disarankan, agar proses persalinan berjalan lancar.

4. Terbatasnya informasi terkait persalinan caesar dari sumber yang valid

4. Terbatas informasi terkait persalinan caesar dari sumber valid
Shutterstock/BaLL LunLa

Meski saat ini, sudah banyak informasi yang membahas persalinan caesar, Mama juga harus teliti ya. Informasi yang Mama dapatkan belum tentu valid lho. Makanya, Mama perlu mencari informasi dengan narasumber expert di bidang obgyn, dokter spesialis anak, atau praktisi. Dengan begitu, informasi yang Mama dapatkan valid dari sumber yang terpercaya.

5. Tenang, sekarang ada C-Ready Learning by Nutriclub yang hadir sebagai solusi

5. Tenang, sekarang ada C-Ready Learning by Nutriclub hadir sebagai solusi
nutriclub.co.id

Hadir sebagai solusi mencari informasi tentang persalinan caesar yang valid, Mama bisa  kunjungi C-Ready Learning dari Nutriclub. C-Ready Learning merupakan wadah informasi melalui berbagai kelas virtual langsung dari Expert untuk membantu para Mama menjawab tantangan persalinan caesar. 

Mulai dari persiapan menghadapi caesar, dampak risiko caesar, tips pemulihan pasca caesar, hingga teknik laktasi bagi si Kecil yang lahir caesar. Keuntungan lain juga bisa Mama dapatkan, yaitu:

  • Halaman khusus bagi Mama hamil untuk belajar langsung dari expert sesuai kebutuhan. Di halaman ini Mama bisa mendapatkan akses informasi sesuai kebutuhan langsung dari para expert dari berbagai bidang diantaranya Obgyn, Dokter Spesialis Anak, serta practitioner, melalui video kelas virtual.
  • Informasi lengkap dan praktikal terkait Caesar. Memberikan edukasi melalui C-Ready Learning, Mama bisa mengakses informasi persiapan sebelum dan setelah persalinan caesar secara lengkap dan praktikal untuk bantu persiapan Mama.

  • Akses konten dengan nyaman. Di halaman ini Mama bisa mengakses konten kapan saja dan di mana saja dengan langkah mudah.

Wah, lengkap banget ya Ma! Untuk mengetahui informasi selengkapnya Mama bisa langsung akses C-Ready Learning dengan kunjungi bit.ly/C-ReadyLearning. Lalu, pilih video sesuai topik yang ingin Mama pelajari. Semangat belajar yuk Ma, agar #SiapBeriDukunganEkstra! (WEB)

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.