Manfaat Buah Bit untuk Ibu Menyusui, Bisa Meningkatkan Produksi ASI

Salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi selama periode menyusui adalah buah bit

9 November 2021

Manfaat Buah Bit Ibu Menyusui, Bisa Meningkatkan Produksi ASI
Pexels/eva-elijas

Selama memberikan ASI kepada si Kecil, Mama harus memerhatikan makanan yang Mama konsumsi. Hal ini berguna untuk kesehatan mama maupun kesehatan si Kecil. Mengonsumsi buah dan sayuran menjadi kewajiban untuk Mama.

Salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi selama periode menyusui adalah buah Bit. Buah bit merupakan buah jenis umbi-umbian yang memiliki banyak khasiat. Buah ini sering dimanfaatkan untuk berbagai pengobatan alami.

Berikut Popmama.com telah merangkum manfaat buah bit untuk ibu menyusui. Yuk kita simak bersama! 

1. Meningkatkan produksi ASI

1. Meningkatkan produksi ASI
Pexels/polina-tankilevitch

Manfaat buah bit untuk ibu menyusui yang pertama adalah dapat meningkatkan produksi ASI lho. Tidak ada larangan khusus bagi Mama yang baru melahirkan untuk mengonsumsi buah bit, jika Mama memang tidak memiliki alergi terhadap buah ini.

Karena, justru saat periode menyusui si Kecil, buah ini diketahui baik untuk meningkatkan produksi ASI.

Editors' Picks

2. Mengatasi anemia

2. Mengatasi anemia
Pexels/andrea-piacquadio

Biasanya, sehabis melahirkan, Mama mungkin akan mengalami anemia pasca melahirkan. Buah bit yang memiliki banyak kandungan vitamin dapat mengembalikan jumlah heomgoblin di dalam tubuh Mama. 

Sehingga buah bit bisa menjadi salah satu buah yang baik untuk Mama konsumsi. Salah satu cara mengonsumsinya adalah dengan membuat jus buah bit.

3. Mengembalikan stamina pasca melahirkan

3. Mengembalikan stamina pasca melahirkan
Pexels/polina-tankilevitch

Buah bit memiliki salah satu kandungan yaitu, nitrat. Nitrat berkhasiat untuk kebugaran tubuh mama. Mengonsumsi buah bit berkhasiat untuk meningkatkan kemampuan mitokondria dalam menjalankan tugasnya sehingga dapat memproduksi energi dari sel-sel dalam tubuh.

Dengan begitu, performa fisik mama saat memberikan ASI pun akan meningkat.

4. Kaya akan folat

4. Kaya akan folat
Pexels/eva-elijas

Buah bit kaya akan folat yang penting untuk dikonsumsi bahkan saat masa kehamilan. Folat dapat membantu mencegah cacat tabung saraf pada janin dan menurunkan risiko bayi terlahir prematur.

Namun, konsumsi bit saat hamil tidak boleh terlalu banyak.

5. Membantu perkembangan bayi

5. Membantu perkembangan bayi
Pexels/tatiana-syrikova

Buah bit dapat membantu kesehatan bayi karena memiliki banyak manfaat dari kandungan yang ada di dalamnya. Kandungan vitamin dan mineral dalam buah bit cukup banyak.

Salah satu kandungan mineral dalam buah bit adalah kalsium yang berperan dalam membangun pertumbuhan tulang bayi. Sejak hamil hingga menyusui, kebutuhan kalsium mama meningkat karena harus mendukung perkembangan tulang bayi.

Itulah informasi mengenai manfaat buah bit untuk ibu menyusui. Semoga informasi di atas dapat lebih meyakinkan Mama yang ragu untuk mengonsumsi buah bit ya. Selalu jaga kesehatan, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.