7 Tips Recovery Cepat Setelah Operasi Caesar

Ingin cepat pulih pasca operasi caesar? Ikuti tips berikut ya, Ma!

11 September 2019

7 Tips Recovery Cepat Setelah Operasi Caesar
livestrong.com

Pemulihan pasca operasi caesar adalah bagian terberat yang harus dialami perempuan. Mungkin, pada saat melahirkan kita tidak akan merasakan sakit apapun, tapi setelahnya Mama akan merasakan nyeri terutama di bagian jahitan.

Tapi tenang saja Ma, Mama bisa recovery dengan cepat setelah operasi caesar dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Belajar berjalan!

1. Belajar berjalan
livescience.com

Meskipun dokter akan menyarankan Mama untuk beristirahat dan tidak banyak bergerak setelah melakukan operasi caesar, tapi akan lebih baik jika Mama belajar untuk bergerak dan berjalan sesegera yang Mama bisa.

Meski mungkin akan terasa nyeri hebat di bagian jahitan, tapi Mama tetap harus belajar untuk bergerak, karena pada akhirnya Mama harus menyusui Si Kecil juga.

Mintalah bantuan pada suami atau orang yang menjaga Mama, untuk membantu Mama berdiri dan berjalan. Jangan terlalu dipaksakan, istirahat jika sudah mulai merasa sangat sakit dan lelah.

2. Jangan mengangkat barang berat

2. Jangan mengangkat barang berat
saludmovil.com

Pastikan Mama tidak mengangkat barang berat selama recovery. Hal terberat yang harus Mama angkat hanyalah Si Kecil.

Minta bantuan orang lain jika Mama membutuhkan sesuatu terutama dalam hal mengangkat sesuatu. Karena mengangkat barang berat dapat memicu pendarahan atau membuka jahitan di perut Mama sehingga luka lebih sulit kering.

3. Pastikan luka jahitan selalu kering

3. Pastikan luka jahitan selalu kering
thebump.com

Setelah dokter memperbolehkan Mama untuk mandi, lakukanlah. Pasti Mama merasa ingin segar kembali setelah beberapa hari mungkin tidak diijinkan untuk mandi.

Namun, pastikan setelah mandi luka jahitan Mama keringkan dengan handuk lembut.

Jika luka tersebut tidak dikeringkan dan dibiarkan basah, akan membuat infeksi dan membuat penyembuhan semakin lama.

Editors' Picks

4. Gunakan celana dalam khusus dan loose dress

4. Gunakan celana dalam khusus loose dress
people.com

Celana dalam khusus untuk yang telah menjalani operasi caesar dapat menjaga luka jahitan supaya tidak terkena gesekan baju.

Jika tidak memilikinya, gunakan celana dalam high waist yang tinggi sampai perut. Jangan gunakan celana dalam yang berada di bawah pusar, karena dapat menekan bagian jahitan.

Selain itu, untuk mempermudah Mama saat buang air kecil atau beraktivitas secara leluasa, akan lebih baik jika Mama menggunakan loose dress pasca melahirkan.

Loose dress tidak akan menekan bagian perut dan tentu Mama akan merasa lebih nyaman. Pastikan terdapat kancing depan atau bukaan khusus menyusui agar menyusui Si Kecil jadi lebih mudah ya.

5. Minum banyak air

5. Minum banyak air
globalwomenconnected.com

Minumlah banyak air supaya Mama tetap terhidrasi dengan baik. Selain air dapat mengantarkan makanan dengan cepat untuk dicerna oleh tubuh, air juga dapat menekan gas yang ada di perut untuk keluar.

Selain itu, untuk beberapa orang yang habis menjalani operasi caesar, akan mengalami pembengkakan khususnya di bagian kaki. Hal ini diakibatkan karena efek antibiotik yang diberikan saat proses caesar.

Jadi ternyata pembengkakan pada kaki tidak terjadi hanya pada saat hamil saja, Ma.

Nah, dengan meminum banyak air, dapat mengurangi resiko pembengkakan tersebut.

Baca Juga: Kebutuhan Minum Air yang Harus Diperhatikan Ibu Hamil

6. Gunakan belly wrap

6. Gunakan belly wrap
cdn.shopify.com

Belly wrap saat ini banyak dijual di mana-mana. Baik online shop maupun toko khusus ibu dan anak. Dengan menggunakan belly wrap, selain menjaga supaya jahitan tetap aman tidak tergesek oleh baju, juga dapat membuat perut Mama lebih cepat untuk kembali seperti semula. Cari bahan yang nyaman supaya Mama dapat bebas bergerak tanpa terasa sesak.

7. Istirahat yang cukup

7. Istirahat cukup
spreishop.com

Meski mungkin sulit beristirahat setelah melahirkan, karena selalu harus standby di dekat Si Kecil untuk menjaga dan menyusuinya, tapi jika ada kesempatan untuk beristirahat, beristirahatlah.

Minta bantuan suami atau keluarga lainnya untuk membantu menjaga Si Kecil selama Mama beristirahat. Meski beristirahat selama satu jam rasanya sangat sebentar, tapi bagi seorang Mama baru, hal itu sudah lebih dari cukup.

Jadi gunakan waktu sebaik mungkin untuk beristirahat ya, Ma. Supaya badan Mama tetap fit, tidak kelelahan, dan tidak stress sehingga dapat menyusui Si Kecil dengan lancar.

Recovery yang terjadi pada setiap orang berbeda-beda. Tergantung ketahanan daya tubuh, dan kemampuan tubuh seseorang dalam menyembuhkan luka. Ada yang cepat dan ada yang tidak. Meskipun begitu, dengan mengikuti saran di atas, diharapkan Mama akan pulih lebih cepat.

Banyak makan makanan yang mengandung protein, serat, dan antioksidan juga untuk mempercepat penyembuhan luka.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;