TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Tanda Mama Akan Bersalin dalam Waktu Kurang Lebih 24 Jam Lagi

Segera siapkan segalanya, Ma

31 Juli 2022

5 Tanda Mama Akan Bersalin dalam Waktu Kurang Lebih 24 Jam Lagi
Freepik/DCStudio

Dokter telah menentukan HPL untuk menyambut kedatangan buah hati yang sedang Mama kandung. Namun kadang, persalinan bisa terjadi lebih cepat atau lebih lambat. 

Alhasil, menjelang atau setelah melewati HPL, hari-hari Mama jadi penuh harap-harap cemas. Kontraksi palsu bisa membuat Mama langsung mengambil tas dan ingin ke rumah sakit. 

Sebelum terlanjur ke rumah sakit dan ternyata belum ada pembukaan, Popmama.com akan merangkumkan apa saja tanda bahwa Mama akan melahirkan dalam hitungan jam lagi. 

1. Merasakan mulas seperti saat sedang haid

1. Merasakan mulas seperti saat sedang haid
Freepik/Nestea06

Di beberapa kondisi, ibu hamil bisa saja merasakan kontraksi dini dan itu rasanya memang seperti sakit perut atau mulas. Namun, mulas saat menjelang persalinan sebenarnya berbeda dari kontraksi palsu. 

Dokter kandungan Jonathan Emery, MD, mengungkapkan kalau rasa mulas saat menjelang bersalin. Menurutnya, mulai menjelang persalinan itu seperti saat haid dan itu jadi tanda awal kontraksi. Rasa mulas itu tidak terlalu menyakitkan namun tetap kentara setiap mulasnya datang. 

Rasa mulas ini mungkin datang dan pergi selama beberapa jam, atau bahkan selama beberapa hari. 

Editors' Picks

2. Tekanan di area pelvis

2. Tekanan area pelvis
Pexels/Cliff Booth

Saat bayi sudah siap untuk lahir, ia akan menuju jalan lahir. Kepalanya akan turun ke panggul dan akan menekan area vagina Mama. 

Jelang persalinan, ibu hamil akan mulai merasakan tekanan di vagina atau pelvis. Tekanan ini bisa membuat vagina nyeri dan kamu semakin sering buang air kecil. 

Namun perlu diperhatikan, beberapa ibu hamil mungkin tidak merasakan hal ini sampai ia benar-benar ada di pembukaan. untuk persalinan, demikian dilansir dari Cleveland Clinic

3. Ada flek yang bisa jadi pelepasan mucus plug

3. Ada flek bisa jadi pelepasan mucus plug
Pexels/Karolina Grabowska

Beberapa perempuan bisa melihat perubahan yang terjadi pada cairan vagina mereka. Saat mendapati ada flek, bisa jadi ini adalah pelepasan dari mucus plug. Mucus plug atau sumbat lendir sendiri adalah lendir yang terbentuk di pintu serviks untuk melindungi bayi dari bakteri jahat di luar uterus. 

Saat serviks mulai membuka untuk persiapan persalinan, maka sumbatan tersebut pun terbuka dan di saat itulah keluar flek. Jika sudah keluar sumbatan ini, bisa jadi persalinan Mama akan terjadi dalam hitungan jam atau hitungan hari saja. 

4. Perubahan pada cairan vagina

4. Perubahan cairan vagina
Pexels/cliffbooth

Saat hamil, kadang Mama merasa cairan vagina diproduksi lebih banyak dari biasanya. Sampai-sampai, Mama perlu rutin mengganti pakaian dalam untuk menjaga kelembapan dan kebersihannya. 

Namun menjelang persalinan, cairan vagina akan mengalami perubahan. Dr Emery menyebutkan, cairan vagina saat menjelang persalinan akan terasa lebih cair, lengket, dan kadang terlihat sedikit pink. 

Itu merupakan tanda sudah dekat dengan persalinan dan bisa juga tanda bahwa pembukaan kontraksi sudah dimulai. 

5. Tanda persalinan lain yang non medis

5. Tanda persalinan lain non medis
Freepik/User18526052

Masih dari dr Emery, ia melanjutkan bahwa ada beberapa tanda lain yang belum ada di dalam data jurnal medis. Namun, sudah banyak ibu hamil yang mendekati persalinan dan mengalami hal ini. 

Pertama, ibu hamil merasa kelelahan, kemudian, merasa ada sakit yang menusuk dan seperti membakar di area pelvis. Hal ini dikarenakan posisi dari sang bayi. 

Tanda lain yang mungkin dialami ibu hamil adalah merasa diare dan merasa sangat bersemangat dan merasa punya banyak tenaga. Menurut dr Emery, kondisi ini berpengaruh pada mental Mama yang ingin segera bertemu dengan buah hati. 

Jika sudah mengalami beberapa tanda di atas, segera ke rumah sakit untuk mendapat pantauan yang intensif sehingga persalinan pun bisa disiapkan dengan matang. Selamat berjuang!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk