Alasan Sebagian Ibu Hamil Memilih Operasi Caesar

Begini alasannya, Ma!

29 Maret 2020

Alasan Sebagian Ibu Hamil Memilih Operasi Caesar
Monetnicole.com

Memasuki usia kehamilan yang semakin mendekati waktu persalinan tentu membuat sebagian ibu hamil merasa senang sekaligus cemas.

Alih-alih memilih persalinan secara normal, ternyata sebagian ibu hamil banyak memilih operasi persalinan caesar.

Operasi cesar biasanya dipilih dokter sebagai prosedur persalinan jika ibu hamil tidak dapat menjalani persalinan normal. Umumnya dokter menyarankan operasi caesar jika persalinan normal dirasa membahayakan ibu hamil atau ketika bayi dalam posisi sungsang.

Meski karena faktor yang sudah disebutkan, masih ada juga sebagian ibu hamil yang sengaja memilih operasi caesar untuk proses persalinan dengan beragam alasan.

Berikut alasan ibu hamil memilih persalinan caesar. Mama seperti ini juga kah?

1. Trauma pada persalinan sebelumnya

1. Trauma persalinan sebelumnya
Scarymommy.com

Setiap ibu hamil tentunya memiliki situasi persalinan yang berbeda. Ada ibu hamil yang merasa trauma akan persalinan normal, hal ini yang membuat sebagian lebih memilih operasi caesar di persalinan selanjutnya.

Editors' Picks

2. Takut jika persalinan normal tidak berjalan lancar

2. Takut jika persalinan normal tidak berjalan lancar
Monetnicole.com

Banyak ibu hamil merasa cemas dan takut ketika menjelang persalinan. 

Biasanya ibu hamil memilih operasi caesar karena rasa takut terhadap sakitnya persalinan normal, atau khawatir jika ada hal yang tidak berjalan sesuai dengan yang sudah direncanakan.

Banyak ibu hamil merasa cemas dan takut akan kehilangan bayinya apabila menjalani persalinan normal.

Rasa takut inilah yang membuat ibu hamil banyak memilih opsi persalinan caesar.

3. Meminimalkan komplikasi dan rasa sakit

3. Meminimalkan komplikasi rasa sakit
birthbecomesher.com

Beberapa ibu hamil percaya bahwa operasi caesar mengurangi risiko komplikasi persalinan normal seperti robeknya perineum karena keluarnya bayi, disfungsi seksual, hingga tidak bisa menahan buang air kecil. Ini juga menjadi alasan lain sebagian ibu hamil memilih proses persalinan caesar.

4. Merasa nyaman karena waktu yang sudah pasti

4. Merasa nyaman karena waktu sudah pasti
Freepik/Rawpixel.com

Alasan lain sebagian ibu hamil memilih persalinan caesar karena banyak dari mereka merasa lebih nyaman mendapat waktu persalinan yang sudah terjadwalkan.

Mereka merasa lebih tenang karena dapat mengontrol waktu kelahiran bayi daripada cemas menanti persalinan normal.

Alasan ini juga membuat para ibu hamil yang bekerja dapat lebih mudah mengatur waktu cuti hamil dan menjadwalkan kedatangan teman dan keluarga yang akan membantu mereka usai persalinan.

Kekurangan dan Kelebihan Menjalani Persalinan Caesar

Kekurangan Kelebihan Menjalani Persalinan Caesar
Freepik/freestockcenter

Dari sebagian alasan yang sudah disebutkan di atas, persalinan operasi caesar sendiri tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut kelebihan dan kekurang dari persalinan operasi caesar.

Kelebihan operasi caesar:

  • Menjalani persalinan caesar ternyata dapat mengurangi risiko bayi kekurangan oksigen dan cedera saat melewat i jalan lahir.
  • Mengurangi risiko inkontinensia pada ibu hamil. Ibu hamil yang menjalani operasi caesar ternyata lebih tidak berisiko mengalami inkontinensia urine atau ketidakmampuan mengontrol buang air kecil.
  • Rasa sakit yang tidak berlebih. Dengan persalinan caesar tentunya ibu hamil tidak merasakan sakit saat bayinya lahir, hal ini karena ibu hamil telah diberikan obat bius sebelumnya.

Kekurangan operasi caesar:

  • Masa pemulihan lebih lama dari persalinan normal, yaitu harus istirahat di rumah sakit minimal 3 hari.
  • Risiko komplikasi seperti infeksi, pembekuan darah, kerusakan organ, reaksi alergi, atau kehilangan banyak darah dalam operasi.
  • Tidak ditanggung asuransi jika ibu hamil memilih persalinan caesar tanpa alasan medis, berbeda jika ini dilakukan dengan prosedur yang sudah dianjurkan oleh dokter sebelumnya.
  • Jika dilakukan secara berulang akan lebih berisiko pada kehamilan selanjutnya. Komplikasi serius mungkin akan terjadi jika operasi caesar dilakukan secara berulang.

Nah itu dia alasan serta kelebihan dan kekurangan persalinan caesar. Mama lebih pilih persalinan normal atau caesar nih? Yuk, ceritakan pengalaman dan pendapat Mama di kolom komentar.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.