Zaskia Sungkar Baru Melahirkan 2 Bulan, Irwansyah Ingin Anak Lagi

Gimana ya respon Zaskia?

17 Juni 2021

Zaskia Sungkar Baru Melahirkan 2 Bulan, Irwansyah Ingin Anak Lagi
Instagram.com/zaskiasungkar15

Setelah menanti kehadiran buah hati selama hampir 10 tahun lamanya, kini pasangan Zaskia Sungkar dan Irwansyah tengah menikmati momen-momen menjadi orangtua baru.

Putra pertama dari Mama Kia dan Papa Irwan, Ukkasya Muhammad Syahki atau akrab disapa Ukkasya saat ini sudah memasuki usia dua bulan nih, Ma.

Meski usianya baru dua bulan, namun dalam video vlog terbaru yang diunggah di kanal Youtube milik The Sungkars Family, Irwan terlihat bersemangat untuk menambah momongan dan memberikan adik untuk baby Ukkasya.

"Sebenarnya kita mau nge-cek, kira-kira kalau program buat adiknya Ukkasya itu..." ucap Papa Irwan yang terhenti karena reaksi terkejut dari Mama Kia.

Kaget dengan pinta suaminya, lantas bagaimana kata dokter menanggapi rencana kehamilan kedua Zaskia Sungkar dan Irwansyah di usia baby Ukkasya yang baru dua bulan?

Berikut Popmama.com telah merangkum informasi selengkapnya.

Editors' Picks

1. Zaskia kaget dengan ucapan Irwansyah

1. Zaskia kaget ucapan Irwansyah
Youtube.com/The Sungkars Family

Melalui video vlog yang diunggah keduanya, pasangan selebriti ini tengah melakukan perjalanan menuju rumah sakit tempat Zaskia akan melakukan kontrol terkait kondisinya pasca melahirkan.

Namun yang mengejutkan, Irwansyah menyebutkan bahwa mereka akan melakukan program hamil kedua untuk memberikan adik kepada baby Ukkasya.

Mengetahui hal tersebut, sontak saja istri dari Irwansyah itu langsung terkejut dan memotong ucapan suaminya. Zakia membantah, "Mau nge-cek, kalau post surgery-nya (operasi caesar) itu baik-baik aja."

2. Meminta sang Istri bertanya kepada dokter

2. Meminta sang Istri berta kepada dokter
Youtube.com/The Sungkars Family

Saat akan melakukan kontrol pasca melahirkan, Irwan yang harus menunggu di mobil bersama sang Anak pun meminta istrinya untuk menanyakan perihal rencana program hamil anak kedua mereka kepada dokter.

Setelah melakukan pemeriksaan, Zaskia bertanya kepada dokter kapan ia dan sang Suami dapat melakukan porgam hamil untuk anak kedua mereka.

Dalam video yang diperlihatkan, dokter yang menangani Zaskia pun dengan mantap menjawab, "satu tahun lagi."

Kemudian Zaskia menjelaskan kembali kepada suaminya bahwa mereka baru bisa melakukan program hamil lagi satu tahun mendatang. 

"Jadi setahun itu transfernya, mulai program, mulai OPU itu 6 bulan. Berarti itu 4 bulan lagi (dari umur baby Ukkasya)," ujar Zakia menjelaskan kepada sang Suami.

3. Bolehkah hamil lagi saat bayi masih kecil?

3. Bolehkah hamil lagi saat bayi masih kecil
Freepik/rawpixel.com

Sama seperti yang dialami pasangan Zaskia Sungkar dan Irwansyah, banyak pasangan yang ingin segera menambah momongan setelah beberapa bulan melahirkan.

Namun, apakah hal tersebut diperbolehkan?

Seperti yang dijelaskan oleh dokter yang menangani Zaskia, setelah melahirkan dan ingin melakukan prgram hamil untuk anak selanjutnya, umumnya bisa dilakukan dengan jarak satu tahun setelah melahirkan. Apalagi bagi Mama yang sebelumnya melahirkan dengan persalinan caesar.

Hal ini untuk mempersiapkan kembali tubuh calon Mama, serta memberikan jarak agar usia kehamilan dan bayi yang baru dilahirkan tidak terlalu dekat.

Dilansir dari Daily Mail, sebuah studi baru dari CDC tahun 2011 menunjukkan bahwa interval antar kehamilan yang pendek (kurang dari 18 bulan; terutama dalam waktu satu tahun) bisa memengaruhi risiko komplikasi pada janin yang dikandung.

Adapun disebutkan risiko komplikasinya antara lain akan melahirkan bayi prematur, berat badan lahir rendah, serta usia kehamilan kecil yang bisa meningkatkan risiko memiliki anak dengan cacat lahir atau masalah perilaku saat masa pertumbuhannya.

Dari paparan tersebut, sebaiknya Mama yang ingin melakukan program hamil setelah melahirkan perlu mempertimbangkan waktu yang tepat dan memerhatikan kondisi kesehatan terlebih dahulu. Hal ini guna menghindari terjadinya komplikasi janin pada bayi yang akan dikandung nanti.

Itulah informasi terkait Zaskia Sungkar dan Irwansyah yang ingin punya anak lagi.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.